Bahasa Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Hasyim Asy’ari (Haidar)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Hasyim Asy’ari (Haidar)

Halo intipers. Perkenalkan saya Abdur Rahman Haidar. Saya mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari Jombang, jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2017. Pengalaman dalam organisasi, saya pernah menjadi ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Ketua Pusat Layanan Bahasa Asing (KOSMA PIBA) Universitas Hasyim Asy’ari, Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Forum Unhasy Menulis, serta sekarang mengikuti organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari menjadi salah satu anggota bagian pendidikan dan kebudayaan. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 6 semester di jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Yuk, simak pengalaman saya.

APA YANG DIPELAJARI TENTANG JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESA ?

Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia (PBSI) merupakan bidang yang mengajarkan keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan efektif. Seperti keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Kita juga dikenalkan dengan sastra khususnya sastra Indonesia. Mempelajari sejarah sastra di Indonesia dari pujangga lama atau tahun 20-an hingga sekarang ini. Mempelajari teori sastra, nilai sastra, sastra anak, apresiasi sastra, sosiologi sastra, kritik sastra dan masih banyak lagi mengenai sastra khususnya di Indonesia. Selain bahasa dan sastra yang dipelajari, jurusan PBSI UNHASY juga mempelajari materi tentang kependidikan. Kita belajar menjadi seorang pendidik yang kompeten lengkap dengan ilmu manajemen pendidikan serta menjadi pendidik yang profesional.

unisa

APA BEDANYA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN SASTRA MURNI ?

Sejujurnya saya kurang paham materi apa saja yang ada di jurusan sastra murni. Perbedaaan yang paling dominan dari jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan jurusan sastra murni dari segi mata kuliah sastranya. Jurusan PBSI UNHASY dalam hal sastranya hanya pengenalan saja tidak mendalami secara menyeluruh. Materi yang diberikan tentang teori sastra, nilai sastra, sastra anak, apresiasi sastra, sosiologi sastra, dan kritik sastra.

MATA KULIAH FAVORIT DAN KHAS YANG ADA DI JURUSAN ?

Mata kuliah yang di pelajari di jurusan PBSI UNHASY banyak sekali. Dari segi pendidikan ada perencanaan pemebelajaran, media pembelajaran, psikologi pendidikan, dasar-dasar ilmu pendidikan dan masih banyak lagi. Dari segi bahasa juga lumayan banyak ada linguistik umum, psikolinguistik, semantik, fonologi, morfologi, filologi, jurnalistik, keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Untuk sastra sendiri ada teori sastra, nilai sastra, sastra anak, apresiasi sastra, sosiologi sastra, dan kritik sastra. Dan masih banyak lagi mata kuliah yang ada di jurusan PBSI UNHASY.

MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBICARA

Mata kuliah favorit saya ada dua. Pertama mata kuliah Keterampilan Berbicara dan Jurnalistik. Pada mata kuliah Keterampilan Berbicara, kita tidak diajarkan tentang teori saja, tetapi kita terjun langsung ke lapangan. Praktik tersebut dilaksanakan berupa magang di salah satu stasiun radio jombang. Di sana kita dilatih bagaimana cara berbicara yang baik dan efektif serta belajar menjadi penyiar radio. Pada mata kuliah Jurnalistik kita lebih dominan ke praktik dari pada teori. Pada mata kuliah ini kita terjun langsung ke masyarakat untuk mewawancarai masyarakat setempat. Jadi, kita di mata kuliah ini dilatih seperti seorang jurnalis atau seorang wartawan. Nantinya dari bahan wawancara tersebut akan mencetakkan buku. Buku tersebut akan diperjual belikan serta disimpan di perpustakaan universitas dan perpustakaan daerah.

pmb2-min

MATA KULIAH KHAS

Setelah menjelaskan tentang mata kuliah favorit saya, disini saya akan menjelaskan tentang mata kuliah yang khas di jurusan PBSI UNHASY. Mata kuliah tersebut adalah apresiasi sastra, yang membuat ciri khas adalah sudah dilaksanakan secara turun temurun setiap angkatan. Pada mata kuliah ini menjelaskan tentang sastra seperti drama, puisi, teater dan sebagainya. Tentu saja pada mata kuliah ini tidak hanya teori saja melainkan praktik juga, praktik tersebut mengadakan pentas seni yang isinya tentang teater, monolog, apresiasi puisi dan berbagai seni sastra di dalamnya. Pada pentas tersebut setiap angkatan membentuk panitia beserta para pemainnya panitia di bagi dua bagian produksi dan panggung dimana pada bagian produksi mencari dana serta sponsor dan bagian panggung mengurusi peralatan pentas dan melatih aktor.

KONSENTRASI PADA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Konsentrasi pada jurusan PBSI UNHASY di bagi tiga, yaitu Pendidikan, Bahasa, dan Sastra. Pendidikan  diajarkan tentang bagaimana cara menjadi seorang pendidik yang kompeten lengkap dengan ilmu manajemen pendidikan serta menjadi pendidik yang profesional. Pada bagian pendidikan memiliki beberapa materi seperti perencanaan pemebelajaran, media pembelajaran, psikologi pendidikan, dan dasar-dasar ilmu pendidikan. Untuk bagian Bahasa diajarkan tentang keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan efektif. Mata kuliahnya seperti keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Bagian akhir yakni sastra, dimana kita diajarkan hanya pengenalan saja tidak mendalami sastranya, seperti di kasih materi tentang teori sastra, nilai sastra, sastra anak, apresiasi sastra, sosiologi sastra, dan kritik sastra.

Kegiatan teater

TIPS-TIPS UNTUK MABA JURUSAN PBSI UNHASY

Bagi kalian khususnya MaBa dan CaMaBa jangan khawatir masuk ke Jurusan PBSI UNHASY, kali ini saya akan membagikan tips betah di jurusan PBSI UNHASY serta manfaat yang akan didapatkan ;

  1. Dengan mempelajari sastra kalian akan mendapatkan pengetahuan luas, karena kalian akan lebih menggunakan rasa untuk memahami karya
  2. berkomunikasi yang baik dan benar karena salah satu etika pada diri manusia terletak pada komunikasinya.
  3. Mempelajari cara menulis yang baik dan efektif, rata-rata yang lebih memahami tulisan pada surat menyurat, proposal, KTI  adalah Jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia karena mengetahui tata tulisan yang baik dan benar.
  4. Memperoleh pengetahuan Bahasa Indonesia dari segi pelafalan bunyi yang benar, struktur dan tata bahasa, dan lain sebagainya.

PROSPEK KERJA DAN ALUMNI BIASANYA KERJA DIMANA ?

Sepengetahuan saya untuk alumni pada jurusan PBSI UNHASY lebih dominan menjadi guru di sekolah (SMP/SMA Sederajat). Tetapi pada prospek kerja Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang cukup banyak dan menjanjikan untuk masa depan. Apa lagi sekarang telah memasuki era digital 4.0 dan era society 5.0, maka dari itu saya akan menjelaskan apa saja prospek kerjanya, antara lain; Penerjemah lisan ( Interpreter ), Penerjemah Tulisan (Translator), Jurnalis, Wartawan, Editor, Sastrawan, Sekertaris setiap perusahaan kedinasan, dan departemen, Copy writer, Blogger, Penyiar, Reporter. Dari prospek tersebut masih banyak lagi prospek pada jurusan PBSI UNHASY, jadi jangan khawatir tidak ada pilihan pekerjaan selain pengajar.

HARAPAN DAN RENCANA SETELAH LULUS ?

Setelah lulus nanti saya tidak berpatok menjadi seorang guru. Saya ingin menjadi salah satu staf pemerintahan. Alasannya saya ingin mengabdi kepada negara, untuk menjadikan bangsa dan negara yang maju serta ingin menjadikan rakyat indonesia menghargai dan mengamalkan terutama dalam Bahasa Indonesia. Selain itu, supaya ilmu saya dalam hal kependidikan tidak sia-sia saya akan mengamalkan ilmu saya dengan membuka les atau kegiatan sampingan. Agar generasi penerus bangsa memiliki komunikasi yang baik serta memiliki kemampuan menulis yang bagus. Seperti kata tjokro Aminoto Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator dari kutipan tersebut saya semakin ingin menjadikan generasi bangsa yang lebih baik.

Kode konten: X259

Komen dibawah! 2

  1. Ade Septia

    Hallo kak, kak apa beda nya jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan jurusan Sastra Indonesia, kak ?

  2. Septi

    Saya suka pembelajaran bahasa Indonesia maka saya akan melanjutkan kuliah jurusan bahasa dan sastra Indonesia.. saya mau maju mau meluruskan niat saya dulu supaya bisa giat belajar

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *