Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Faisal)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Faisal)

Halo Intipers, Perkenalkan nama saya Faisal Abdul Azis, Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMMI (Universitas Muhammadiyah Sukabumi) Angkatan 2018. Nah intipers, disini saya ingin berbagi pengalaman kuliah  selama hampir 4 semester di jurusan ini. Yuk, simak pengalaman saya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

Apa Yang dipelajari di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMMI?

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) menurut saya ini adalah paket komplit sebuah jurusan, kenapa? Karena disini kita akan mempelajari tentang Ilmu Pendidikan, Ilmu Bahasa, dan Ilmu Sastra tentunya. Tapi, banyak orang di luaran sana yang masih belum tahu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia seperti apa? Belajar bahasa Indonesia itu Asyik-Asyik Sedap, di sini kita akan diasah menjadi manusia yang mempunyai kretifitas dan berdaya saing. Kenapa demikian? Karena kretifitas merupakan produk yang sangat penting  saat ini dan masa mendatang. Tiga hal utama di PBSI adalah Ilmu Pendidikan yang akan menjadi penuntun kita menjadi manusia yang berguna. Kemudian, Ilmu Bahasa yang akan menjadi penuntun kita dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Keduanya dibalut dengan Ilmu Sastra yang akan membuka cakrawala dunia. Itulah yang saya sebut paket lengkap.

PBSI UMMI juga memiliki fasilitas yang luar biasa menunjang dalam proses pembelajaran. Salah satunya fasilitas yaitu Laboratorium Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Di sana Terdapat perpustakaan Prodi, Mini Teater dan peralatan musik akustik yang lengkap serta berbagai peralatan penunjang kegiatan jurnalistik. Di sini mahasiswa tinggal terus berkreasi dan berinovasi baik dalam hal akademik maupun non akademik. Senantiasa dosen-dosen di PBSI UMMI akan mendukung penuh kegiatan positif tersebut. Bersiaplah menerima apresiasi luar biasa dari para dosen PBSI UMMI dan rekan-rekan mahasiswa PBSI UMMI jika kita berprestasi. Sesuai dengan jargon dari PBSI UMMI yaitu “Bahasa Dunia Bahasa Dunia Bahasa Mengubah Dunia” itu bukan hanya sekedar jargon namun juga tersirat doa dan harapan di dalamnya. Luar biasa bukan!

Mata Kuliah dan Dosen Favorit

Banyak sekali mata kuliah yang dipelajari, seperti Teori Dasar Sastra, Sejarah Sastra Indonesia, Kajian Prosa Indonesia, Kajian Puisi Indonesia, Kajian Drama Indonesia, Linguistik Umum, Fonologi Bahasa Indonesia, Morfologi Bahasa Indonesia, Retorika, Sintaksis, Pengelolaan Pendidikan, Landasan Pendidikan, Menyimak, Dasar-dasar Jurnalistik, Sastra Bandingan, Menulis, Membaca, Berbicara, dan masih banyak lagi.

pmb2-min

Favorit saya ada 2 yang pertama, Sejarah Sastra Indonesia, kenapa jadi favorit? Karena ini merupakan mata kuliah yang seperti membawa kita ke peradaban masalalu yang benar-benar asyik disimak dan dipelajari. Tentunya mata kuliah ini menuntut kita untuk rajin membaca tentang sejarah sastra Indonesia, dan menulusuri jejak peradaban sastra di daerah kita sendiri, dengan cara observasi dan menyaksikan kebudayaan masa lampau yang ada di daerah kita dan tentunya di Indonesia. Pokoknya sangat menyenangkan dan bermanfaat banget.

Yang kedua, mata kuliah Fonologi Bahasa Indonesia, kenapa favorit? Karena konsep dan proses pembelajarannya yang luar biasa menyenangkan, ini yang saya sebut belajar bahasa Indonesia itu asyik-asyik sedap meskipun dalam proses mencari materi terbilang rumit dan kemudian harus menganalisis data tapi konsep presentasi yang amat menyenangkan menjadi bahagia tersendiri, dengan konsep seperti pameran yang dibuat oleh mahasiswa se kretif mungkin dan sesederhana mungkin proses penyampaian materi berlangsung sangat mengasyikan dan tentunya banyak manfaat yang kita dapat, ilmu bahasa dapat, ilmu seni dapat, asyik banget pokoknya.

Dan saya memiliki tiga dosen Favorit di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMMI yaitu Pak Asep Firdaus, M. Hum. (Dosen Sastra) Pak Deden Ahmad Supendi, M. Pd. (Dosen Bahasa) Pak David Setiadi, M. Hum. (Dosen Sastra) kenapa favorit? Karena dosen tersebut humoris, saat pembelajaran berlangsung tak henti-henti setiap hal pasti dikaitkan dengan hal-hal yang lucu jadi mencairkan suasana dan tentunya materi mudah terserap.

Konsentrasi di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMMI

Sesuai dengan apa yang sudah saya utarakan di atas, konsentrasi di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMMI itu terdiri dari tiga hal, yaitu Pendidikan, Bahasa, dan Sastra. Konsentrasi-konsentrasi tersebutlah yang akan menjadi fase terakhir (Skripsi) dari tujuan kita dalam menempuh pendidikan di PBSI Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Dan tentunya kita berhak memilih konsentrasi mana yang akan kita pilih untuk fase terakhir (Skripsi) sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Kegiatan HMBI

Tips Untuk Kamu Yang Ingin Masuk PBSI Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Tipsnya sederhana, membaca, nonton, pelajari, dan mengkaji. Karena ilmu itu ringan jika dibawa kemana-mana yang terpenting kita mau belajar dan mau tahu tentang apa yang ingan kita pelajari, dengan perlahan kita akan paham dan tentunya akan bisa mengetahui tapi bijaksanalah setelah tahu, sederhana bukan? Tidak ada orang sukses tanpa proses, mari bergabung dan mari berproses!

Ikuti Organisasi Yang Luar Biasa Keren dan Bermanfaat

PBSI UMMI, memiliki HMBI (Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia). Di sini kita digembleng untuk mampu hidup berorganisasi dan menjadi masyarakat HMBI yang selalu aktif dalam setiap kegiatan. Banyak acara-acara besar yang selalu di hadirkan oleh HMBI setiap tahunnya. Salah satunya adalah Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia yang biasa diadakan di bulan bahasa.Dalam acara tersebut dimuat berbagai hal, seperti Seminar Pendidikan, Rangkain Perlombaan (baca puisi, monolog, kabaret, dll), dan Malam Parade Sastra. Selain itu, dalam tubuh HMBI tertadapat Musim Sastra yang merupakan UKM tingkat Prodi. Sesuai namanya Musim Sastra ya kontennya berisi tentang dunia satra dan seni, seperti musikalisasi puisi, dramatisasi puisi, musikalisasi cerpen, dan visualisasi puisi. Luar biasa bukan! Selain itu juga masih ada organisasi di luar HMBI, seperti UKM tingkat Universitas, BEM Universitas, BEM Fakultas, dan masih banyak lagi.

Prospek Kerja dan Alumni Biasanya Kerja dimana?

Inilah keunggulan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesi UMMI, setelah lulus rekan-rekan alumni bisa memilih mau kemana ia kerja? Mau seperti apa ia kerja? Nah banyak jenis pekerjaan yang dipilih oleh kakak-kakak Alumni, jadi Guru? bisa, Jurnalis? OK, Seniman? super bisa atau Kuliah Lagi? juga Ok. Banyak kakak-kakak alumni yang sudah mengajar dan menjadi guru bahasa Indonesia di berbagi sekolah di Sukabumi maupun di luar sukabumi baik itu SMP/MTS SMA/SMK/MA, baik itu swasta atau negeri. Selain itu banyak juga yang memilih jalan di dunia berkesenian, yang melakukan pentas dari panggung ke panggung dan tentunya terus bersastra dan berkarya. Ada juga yang setiap hari memuat berita dari peristiwa ke peristiwa dan tentunya tetap berbahasa. Selain itu Alumni PBSI UMMI memiliki Organisasi Alumni yang bernama IKA PBSI yang merupakan wadah silaturahmi antar alumni dan tentunya tempat share info loker bagi alumni, Luar biasa bukan!

Harapan dan Rencana Setelah Lulus

Setelah lulus, saya ingin tetap berkarya dan berbagi cerita entah lewat media apa, mau itu buku, sosial media, atau daun sekali pun, saya akan tetap berkarya. Dan selain itu saya ingin merintis usaha kecil-kecilan namun bisa bermanfaat bagi banyak orang. Pengusaha, Berkarya, Bahagia, semacam itulah konsep saya setelah lulus nanti. Terima kasih.

Kode konten: X238

Komen dibawah! 4

  1. Ani Nuraeni

    Kak mau tanya, aku suka banget sastra, nah aku mau kuliah jurusan ini juga, tapi tiba tiba mama nanya, nanti kalo lulus goal nya jadi apa?

  2. Zayn

    Kak kalo jurusan sastra ada jalur beasiswa ngga? Soalnya saya pengen kuliah tapi terhambat di bagian biaya…

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *