Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Semarang

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes (Fika)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes (Fika)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes (Fika)

Halo sobat intipers! Aku Fika Aulia Khasanah dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes?

Di Unnes itu ada 8 fakultas, salah satunya Fakultas Bahasa dan Seni dimana ada 6 jurusan, salah satunya Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan ini terbagi menjadi 2, yaitu murni dan pendidikan. Secara garis besar, prodi ini biasa disingkat PBSI dimana kita belajar tentang 3 hal besar yaitu kebahasaan, kesusastraan dan pendidikan. Di kebahasaan kita belajar linguistik, jadi kita belajar bagaimana berbahasa dengan baik dan benar, menerima Bahasa orang lain dan memahaminya, lalu mengetahui Bahasa orang lain. Dibidang kesusastraan belajar teori dan kritik sastra dengan objek karya sastra. Karena prodi ini merupakan prodi kependidikan, kita belajar kependidikan juga berhubungan dengan dokumen kurikulum dan pembelajaran seperti rencana pembelajaran dan yang lainnya. Saya sendiri condong suka kebidang linguistik. Disini nanti kita diajarkan dasar-dasar linguistic, lalu semester berikutnya kita belajar cabang ilmu linguistik seperti sintaksis semantik dan lainnya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia?

Alasannya yaitu saya sejak SD sudah suka dengan pelajaran Bahasa Indonesia, begitupun di SMP. Saya berlanjut ke SMA mengambil jurusan Bahasa. Saya disitu bertemu guru Bahasa Indonesia saya dan saya semakin tertarik untuk mengambil jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia karena terinspirasi dari beliau. Karena nilai Bahasa Indonesia saya selalu meningkat, makanya saya mengambil jurusan ini melalui jalur SNMPTN.

intipkuliah-web1

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia?

Mata kuliah khasnya ada linguistic seperti ponologi yang mempelajari bunyi Bahasa, kemudian ada morfologi yaitu ilmu pembentukan kata, lalu ada sintaksis tentang ilmu pembentukan kalimat dan fragmatik dimana kita menganalisis pembicaraan yang ada difilm, podcast atau live instagram. Kita juga belajar teori sastra dan kritik sastra, misal kita menganalisis dengan psikologi sastra. Kemudian disini juga ada pementasan drama seperti musikalisasi puisi dan pembacaan puisi. Di linguistik pun kita bekerjasama dengan psikologi, Namanya psikolinguistik. Di musikalisasi puisi juga menggabungkan sastra dengan musik. Jadi ga terbatas cuma di sastra aja.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes?

Konsentrasi dijurusan ini ada 5, Bahasa Indonesia bagi penutur asing yang sudah bertaraf internasional. Kita belajar bagaimana mengajarkan Bahasa Indonesia kepada penutur asing. Konsentrasi kedua adalah Penyuntingan, dimana kita akan fokus ke penyuntingan buku hingga penerbitan, Lalu konsentrasi Jurnalistik belajar terkait berita dan penyiaran. Konsentrasi Pewaraan fokus ke belajar menjadi MC. Lalu ada Pementrasan Drama dimana kita belajar pementasan drama hingga ke dunia perfilman.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuknya ada 3 yaitu SNMPTN, SBMPTN dan SM atau seleksi mandiri. Kalau di SNMPTN, jurusan PBSI ketat sekali. Tahun saya ada 1000 peminat di SNMPTN namun hanya 50 yang diterima. Prodi ini merupakan salah satu prodi dengan peminat terbanyak di Unnes. Tapi teman-teman jangan khawatir karena kalau ga lolos SNMPTN, kalian bisa daftar SBMPTN. Di SBMPTN pun saingannya cukup ketat. Kalau belum lolos juga, kalian bisa daftar di Seleksi Mandiri. Hanya saja kalau teman-teman lolos melalui SNMPTN dan SBMPTN akan ada tes untuk masuk kelas internasional, jadi ada kesempatannya sendiri.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Yang paling penting itu manajemen waktu, karena kalau kita menunda-nunda nanti pekerjaan lain akan keteteran. Tugas kuliah itu sudah berbeda dengan SMA, gabisa ditunda-tunda. Kemudian yang kedua yaitu targetkan IP disetiap semester. Jika teman-teman ingin lulus tepat waktu maka targetkan IPK kalian. Kemudian perbanyak membaca dan mencari informasi terkait bidang yang kalian ikuti. Informasi itu luas, kita bisa cari referensi dari luar untuk kita terapkan. Kemudian disiplin dan tepat waktu. Jangan sampai tugas keteteran karena organisasi ya.

Prospek kerja dan alumni jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unnes seperti apa?

Prodi PBSI ini jelas prodi kependidikan, yang pasti prospek kerjanya menjadi guru. Tapi kalian jangan khawatir, karena prodi ini sebenarnya prospeknya luas. Bisa menjadi penyiar  di radio, kemudian dunia penerbitan, reporter berita, bahkan kantor balai Bahasa karena kita udah dibekali dengan ilmu linguistik. Jika kalian ingin melanjutkan ke Magister atau S2 juga bisa.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Harapan saya setelah lulus adalah semoga ilmu saya bermanfaat. Kemudian saya berharap bisa melanjutkan program Magister keluar negeri, mengikuti IISMA atau LPDP.

Q&A

 

  1. Dijurusan PBSI sendiri pernah ada kunjungan wawancara ke sekolah gitu ga kak?

Ada, observasinya lebih ke sekolah-sekolah. Mewawancarai tergait strategi dan model pembelajaran disekolah tersebut. Kita kan akan tahu kelebihan dan kekurangannya, jadi kitab isa memberikan solusi kesekolah yang kita observasikan. Saya juga pernah melakukan observasi di SMP saya. Ternyata disana belum ada media pembelajaran berbasis digital, jadi kita sebagai mahasiswa menciptakan media tersebut yang bisa diakses oleh seluruh siswa.

  1. Apakah sering melakukan kunjungan kejurusan lain?

Untuk saat ini sih belum ada, karena kondisinya masih pandemi. Mungkin semester depan ketika sudah mulai normal nanti akan ada kunjungan secara offline.

Kode konten: C955

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.