Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI (Hera)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI (Hera)

Halo sobat intipers! Aku Herawati dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI seperti apa?

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia itu nantinya ktia diarahkan untuk menjadi pendidik karena kan judulnya pendidikan. Bedanya sama jurusan Sastra Indonesia itu sebenernya mata kuliahnya rata-rata, hanya di ranah pendidikannya ini yang membedakan. Di program non kependidikan tentunya gak akan mempelajari tentang kurikulum, pembelajaran di sekolah, dsb. Meski begitu, kita juga tetep ada materi tentang sastra yang dipelajari, hanya saja lebih general dan tidak begitu mendalam atau spesifik seperti jurusan Sastra Indonesia.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI?

Dulu saya waktu SMA kebetula mendapatkan guru Bahasa Indonesia yang cara mengajarnya asyik dan gak membosankan. Kan, biasanya Bahasa Indonesia itu membosankan ya. Jadi, ya sudah diperdalam saja. Selain itu saya melihat untuk ke depannya, prospek pekerjaan kalau Bahasa Indonesia itu ada di tiap jenjang sekolah itu ada.

Setelah dijalani, banyak suka duka yang didapatkan. Sukanya itu antara lain teman-temannya baik, dosennya juga. Organisasinya juga terbuka dan kita bias dapat relasi yang banyak. Kalau duka itu lebih karena jarak  dari rumah dan kampus cukup jauh, jadi perjuangan juga buat pribadi. Dukanya gak terlalu banyak, jadi lebih ke bahagianya aja.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ?

Di jurusan ini mata kuliahnya ada yang masuk ke lingkup sastra dan linguistik. Ada mata kuliah Apresiasi Prosa, prosanya prosa fiksi, drama, puisi, kajian, pagelaran. Kalau linguistiknya itu ada mata kuliah Fonologi, Sintaksis, Linguistik umum, Morfologi.Lalu Ada juga nanti ada mata kuliah yang diambil tergantung sama penjurusan yang diambil. Aku jelasin salah satu mata kuliah linguistik ya, Morfologi itu mempelajari kata, kalimat gitu. Kita menganalisis gitu pembentukan kata, makna kata, kalimat dan wacana.

Mungkin banyak yang beranggapan kalau kuliah jurusan Bahasa Indonesia itu gampang, relitanya ya ada susahnya juga. Terbukti di setiap UN yang dulu, biasanya Bahasa Indonesia selalu paling rendah dibanding yang lai. Nah ketika masuk perkuliahan, Bahasa Indonesia bukan hal yang mudah dipelajari apalagi dalam lingkup linguistik, menurut saya.

Tugasnya itu macam-macam. Dari awal masuk, itu tingkatannya masih yang gampang, kaya apresiasi. Nanti setelah di semester agak atas itu udah mulai agak berat, ada analisis, kajian. Ada juga tugas yang menyenangkan, itu kita pergi ke luar kota untuk penelitian dan ada juga membuat pagelaran sastra. Waktu tugas ke luar kota untuk penelitian ada di mata kuliah Sosiolinguistik. Kita pergi ke perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Di sana kita meneliti bahasa yang digunakan masyarakat. Kita melihat seberapa jauh mereka menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa ibu.

Kita juga ada tugas ke sekolah-sekolah mengobservasi di sekolah terus nanti kita mulai praktik mengajar. Sebelum bisa praktik mengajar, kita belajar dulu mata kuliah yang membahas kurikulum Bahasa Indonesia mulai dari perencanaan sampai tahap evaluasi. Praktik pembelajaran itu sebelum di sekolah, kita praktik dulu sama teman-teman di ruangan namanya microteaching. Di sana kita simulasi seolah-olah menjadi pengajar. Lalu nanti ada mata kuliah namannya PPLSP yaitu praktik mengajar di sekolah.

kegiatan pergelaran seperti teater

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 3 penjurusan yang bisa dipilih di semester 5:

  1. BIPA (Bahasa Indonesia bagi penutur asing), kita diajarkan cara mengajarkan Bahasa Indonesia untuk orang asing, karena pasti berbeda caranya ketika mengajarkan Bahasa Indonesia antara ke orang Indonesia sendiri sama ke orang asing. Aku sendiri pilih penjurusan ini.
  2. Jurnalistik, lebih berfokus pada kepenulisan, misalnya penulisan berita, artikel, dsb.
  3. Sanggar sastra, lebih berfokus ke sastra dan nanti akan ada pagelarannya.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Di UPI sama kaya di universitas lain, ada SNMPTN, SBMPTN sama jalur mandiri. Informasi untuk ujian mandiri bisa dilihat di web UPI, karena di sana akan diberikan informasi terbaru yang uptodate.

Departemen Bahasa Indonesia di UPI tahun lalu menambah kuota untuk mahasiswa baru. Biasanya hanya 160 yang terbagi 2 kelas di program pendidikan dan 2 kelas di program non kependidikan. Nah karena ada tambahan jadi ditambah 1 kelas untuk program pendidikan.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Pinter-pinter ngebagi waktu terutama untuk tugas, karena dibilang berat itu ada yang lumayan berat dan tugasnya itu gak bisa dikerjakan secara langsung karena rata-rata memerlukan waktu. Kita juga bisa cari-cari referensi sebagai tambahan sebelum belajar di kampus. Kalau tugas sih asal dikerjain aja nanti juga bakal selesai.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya untuk di BIPA prospeknya sangat terbuka, karena masih baru dan banyak orang asing yang tertarik untuk belajar Bahasa Indonesia. Nah itu kita bisa ikut pengajar BIPA ke luar negeri. Kita juga bisa kerja di bagian penerbitan, media massa juga bisa. Alumninya juga banyak yang kerja di media. Kalau ambil penjurusan sastra itu gak menutup kemungkinan untuk menjadi penulis. Nah itu prospek kerja di samping jadi pengajar.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Harapan dan rencana setelah lulus?

Inginnya menjadi guru Bahasa Indonesia di sekolah atau ikut program BIPA nanti ketika ada kesempatan. Harapannya semoga gak ada lagi yang meremehkan Bahasa Indonesia, harusnya kita itu bangga dan usahakan untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan sesuai utamanya di sosial media. Lalu, hati-hati juga dalam menggunakan bahasa.

Q&A

  1. Menurut kakak, matkul apa aja yang susah? dan ada peluang gak ke luar negeri?

Kalau boleh disebutin mata kuliah linguistik kaya Fonologi, Morfologi, Semantik dan Sintaksis itu yang paling sulit menurut saya. Kalau misalnya mata kuliah sastra kan bisa diiringi sama kesukaan kita terhadap sastra. Untuk ke luar negeri itu bisa banget, tapi gak selalu harus ke luar negeri. Di Indonesia udah banyak juga lembaga yang membuka kelas BIPA. Misalnya di setiap universitas yang menerima mahasiswa asing, itu kita bisa jadi tutor atau mentor untuk mengajar mereka.

Kode konten: C191

Komen dibawah! 1

  1. Lutfiana istiqomah

    Ka, jurusan ini bisa jadi public speaker jga ga ya?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *