Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI (Uul)

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI (Uul)

Hai! Nama aku Uul dari jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI angkatan 2016. Pada kesempatan kali ini aku mau sharing mengenai pengalaman kuliahku. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI?

Banyak yang ngira kalau kita itu penyair pasti jago buat puisi, padahal enggak melulu sastra karena kita juga belajar kebahasaannya juga gak hanya sastra, nah itu positif ya. Kalau yang negatifnya sering dibilang ngapain kuliah bahasa Indonesia kan kita udah bisa juga begitu, paling-paling belajar ide pokok, gagasan utama gitu padahal kita gak diajarin itu tapi kita menggali sendiri.

Secara garis besar kita belajar tentang pengajaran kebahasaan dan kesusastraan Indonesia. Kebahasaanya sendiri kita akan mempelajari keterampilan berbahasa, baik itu berbicara, menyimak, menulis, membaca, linguistik umumnya ada sosiolinguistik, fonologi dan teman-temannya. Kesusatraannya itu kita belajar sejarah, mengapresiasi, mengkaji dan pengaplikasiannya. Ada 3 penjurusan:

  1. BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) itu kita belajar pengajaran bahasa Indonesia untuk mahasiswa asing atau orang asing, jadi kita berkesempatan berinteraksi dengan orang asing. Kita belajar menyusun bahan ajar, penilaian, dan sebagainya.
  2. Jurnalistik itu belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan media massa, penyuntingan.
  3. Sanggar sastra belajar segala hal berkaitan dengan sastra baik itu puisi, prosa, teater atau drama.

Tugas kuliah di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI kaya gimana?

Tugasnya itu ada individu dan kelompok. Tugas biasanya itu membuat makalah begitu lah ya, tapi nanti ada kuliah lapangan di semester 4 itu kita diwajibkan pementasan drama untuk umum. Semester 6 itu seru sih biasanya ke luar kota ke perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah untuk meneliti bahasa di sana.

Apa mata kuliah di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI dan dosen favorit aku?

Rata-rata saya suka mata kuliah kebahasaan dan sastranya. Aku suka semua dosen karena merangkul dan asyik. Kalau di kebahasaan aku suka Pak Encep karena beliau disiplin dan sistematis, kalau di sastra suka Bu Halimah dan Bu Yulianeta yang lemah lembut tapi tegas.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangan kalau di akademik itu semua ada tantangannya, yang terberat itu soal pembagian waktu antara akademik dan organisasi.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Prospek kerja itu jadi guru, dosen, bahkan rektor Unnes itu alumni sini. Terus bisa juga jadi redaktur, seperti Pak Imam dari Pikiran Rakyat. Bisa juga mengikuti asisten teaching di Australia, bisa jadi staf kementrian juga di Balai Bahasa Jawa Barat atau Balai Bahasa UPI.

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Utamanya niat dan tekad dan rajin membaca.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Insya allah bisa lanjut studi lagi dan bekerja di bidang yang sesuai gitu.

Kode Konten: Y199

Komen dibawah! 4

  1. Putri Aulia Salsta

    Assalamualaikum
    Hai ka, saya putri,
    Saya ingin sekali menjadi guru karena itu adalah cita” saya tdinya saya sempat bingung kira” saya lebih condong untuk memilih jurusan apa yg sesuai minat dan cita” saya, pada akhirnya saya memutuskan untuk pilih jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia di sbmptn saya juga memilih universitas upi,, doakan saya ya ka semoga saya dapat lolos untuk masuk ke univ dan jurusan yg saya inginkan heheh,,
    Ka saya mau nanya apakah selama kita kuliah kita bisa untuk magang mengajar di sekolah”?,setidaknya untuk mencari pengalaman ka,

  2. sriulina

    Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Hai juga Putri, mohon maaf ya, Kakak baru balas karena email masuk ke bagian promosi.
    Masya Allah, cita-cita Adik sungguh mulia. Insya Allah diberi jalan yang terbaik ya. Aamiin ya Rabbal ‘alamin. Oiya, bagaimana dengan hasilnya? šŸ™‚ Kakak berharap, hasil yang terbaik untuk Adik.

    Izin berbagi ya, untuk pertanyaan Adik yang “bisakah magang mengajar di sekolah?”, jawaban dari Kakak, sepertinya hal itu agak sulit direalisasikan. Mengapa? Karena jadwal sekolah dan jadwal belajar di kampus biasanya sama-sama di pagi hari. Walaupun terkadang ada jadwal siang. Tapi, untuk mencari pengalaman, mungkin nanti Adik bisa mengajar di bimbel sebagai pekerja lepas/freelance atau bisa juga jadi guru privat yang punya jadwal berbeda dengan jadwal perkuliahan. Semangat Adik!

  3. Diva elena

    Assalamualaikum kak,saya mau tanya sebelumnya kan saya jurusan MIPA tapi belakangan ini saya tertarik untuk kuliah di jurusan sastra menurut kakak bagaimana caranya agar saya bisa masuk ke jurusan yang saya inginkan,apakah jurusan sastra hanya menerima jurusan ips saja lalu apakah saya harus linjur soshum?

    • Sri Ulina Br Sembiring

      Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

      Salam kenal Diva, terima kasih atas pertanyaannya ya.
      Izin berbagi, Kakak juga dulunya dari jurusan MIPA. Kakak daftar SNMPTN jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Alhamdulillah, Kakak lolos. Untuk informasi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia maupun jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, menerima siswa dari jurusan MIPA ataupun IPS dalam jalur SNMPTN. Tapi, untuk ujian tulis, seperti UTBK, kita harus mengambil rumpun Soshum. Atau mungkin juga mengambil IPC (Ilmu Pengetahuan Campura). Dengan memilih rumpun IPC, kamu bisa memilih jurusan dalam rumpun IPA maupun IPS. Tapi, saran kakak, kalau memang kamu ingin di rumpun soshum, fokus soshum ya.

      Semangat! Semoga segala usaha dan urusan kamu dimudahkan oleh Allah Swt. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *