Bahasa Inggris, Universitas Islam Negeri

Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Gunung Djati (Nazla)

Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Gunung Djati (Nazla)

Halo sobat intipers! Aku Syifa Nazla Zahrannada dari Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Gunung Djati Bandung seperti apa?

Fun fact nya semua mahasiswa pendidikan bahasa inggris dicetak menjadi seorang guru pendidikan bahasa inggris, tapi temen-temen di jurusan ini ga semuanya jadi guru, tergantung konsetrasi apa yang mereka pilih, di jurusan ini terkenal dengan jurusan yang berbeda dengan jurusan lainnya, banyak yang mengira di jurusan ini ga jauh beda sama les, belajar reading, listening, grammer yang kaya gitu, tapi ga ko, kalo kalian kuliah di sini kita belajar budaya dari negara lain, belajar sosial, sains, belajar menjadi translator, jadi luas banget, bukan hanya kebahasaan aja. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Gunung Djati Bandung?

Dulu aku tertarik di jurusan lain, daftar SBMPTN dan tes-tes lain ngambil jurusan psikologi atau bimbingan dan konseling, tapi ternyata ga lulus, ketika aku nyoba ujian mandiri di UIN, Qodarullah rezekinya emang di sini, emang aku tertarik sama bahasa inggris, karena awalnya masuk jurusan pendidikan bahasa inggris ini untuk menghindari hitung-hitungan, tapi ternyata ada statistik dll.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Karena kita bebasis agama pastinya ada mata kuliah yang umum kaya bahasa indonesia, pendidikan kewarganegaraan, dll. Terus ada mata kuliah umum keagamaan seperti bahasa arab, ilmu hadist, fiqih, dll. Kalo di bahasa inggrisinya sendiri, tugas yang khususnya itu kita diminta bikin video, karena dosen inggin menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswanya untuk berbicara bahasa inggris, pas aku masuk kuliah aku kadang malu takut bahasa inggris aku jelek, dosen-dosen ngasih tugas video, kaya pronunciation yang bener, tugas khususnya video, yang lain makalah dan presentasi biasanya kebanyakan di mata kuliah umum. Semester selanjutnya ada PPL atau kerja lapangan di satu sekolah di kampung kita, karena masih masa pandemi, ada mata kuliah cara mengajar bahasa inggris anak-anak, di praktekan di akhir semester ini.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, kita memilih konsentrasi di semester 5, ada ISS, morfologi, translate. Kita bisa milih sesuai minat dan keinginan kita, kalo aku sendiri tertarik ke social science atau ISS. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Aku dulu masuk jalur ujian mandiri dan di UIN ada banyak jalur yang bisa di masuki seperti SBMPTN, SNMPTN, ujian mandiri, yang khusus di UIN ada dua SPAN-PTKIN sama UM-PTKIN kaya ujian mandiri yang diadakan oleh se UIN khusus yang mau masuk ke UIN. Lumayan banyak peluangnya kalo inggin kuliah di UIN.

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Gunung Djati Bandung?

Pertama harus punya niat mau belajar di bahasa inggris, kedua kita harus usahakan bahwa niat kita itu sampai. Tips untuk mahasiswa bahasa inggris harus percaya diri, yakin aja, misalkan kalo sekarang belum lancar ngomong bahasa inggris tidak apa-apa, itu bukan kesalahan yang besar karena kita di sini kuliah, sama-sama belajar, wajar temen-temen ga bisa belajar bahasa inggris, karena kemampuan setiap orang berbeda, ada yang bisa di grammer, speaking, dll, jadi ga usah khawatir semua itu bisa ditangani.

Kalo temen-temen insecure, kalian bisa latihan 5 menit seharian, deskripsiin benda atau ngobrol sama temen-temen sejurusan, atau mainin clubehouse yang kita bisa ketemu sama temen-temen dari berbagai negara dan bahas satu topik, yang penting punya niat dan mau usaha, InsyaAllah akan sampai. Bisa dengerin lagu atau podcast, meskipun ga paham tidak apa-apa yang penting mengenal dulu sama bahasa inggris, akhirnya terbiasa. Dulu juga kita pas bayi kan ga bisa ngomong, harus sering dengerin, mengucapkan, dan di biasakan.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja selain jadi guru banyak banget, ada beberapa alumni yang jadi entrepreneur, translator, jadi banyak karena bahasa inggris ini bahasa universal, jadi ga menutup kemungkinan untuk masuk ke berbagai ruang, bisa buka les bahasa inggris. Beruntunglah kalian yang masuk jurusan bahasa inggris, kalian tersesat di jalan yang benar.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencananya aku pengen ngelanjutin S2, habis lulus inggin jadi dosen. Aku pengen terjun di dunia pendidikan dan tertarik menjadi seorang tenaga pendidik yang nantinya aku pengen melahirkan generasi yang berkualitas di Indonesia emas 2045.

Q&A

  • Apakah harus bahasa inggris untuk masuk jurusan ini?

Jawaban: Ga harus jago, ketika kita inggin mendalami sesuatu pasti harus ada prosesnya, ga usah jago dulu yang penting ada niat, berproses, belajar, seiring berjalannya waktu usaha yang kita lakukan akan membuahkan hasil, bisa bericara bahasa inggris, ga harus jago dulu yang penting mau coba. Bukan cuma jurusan bahasa inggris aja sih, misalnya mau masuk jurusan matematika kita ga usah jago dulu, yang penting mau usaha.

Kode konten: C578

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *