Bahasa Inggris, Universitas Islam Negeri

Pendidikan Bahasa Inggris UIN Syarif Hidayatullah (Firdaus)

Pendidikan Bahasa Inggris UIN Syarif Hidayatullah (Firdaus)

Halo sobat intipers! Aku Firdaus Habibi dari Pendidikan Bahasa Inggris UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UIN Syarif Hidayatullah Jakarta seperti apa?

Pendidikan bahasa inggris UIN Jakarta mengenal sistem paket di semester awal, kita ga bisa ngambil mata kuliah yang sesuai keinginan kita, semester 1 ada 23 SKS, semester 2 ada 21 SKS, itu udah ada paket-paketnya. Terus ada jenjang, karena bahasa, otomatis kita belajar kemampuan berbahasa inggris, ada reading, listening, speaking, itu berjenjang, listening 1, 2, 3, dan 4, kemudian speaking ada dari speaking 1 sampai public speaking, writing dari writing 1 sampai academic writing, nanti ditambah juga mata kuliah yang sifatnya pendidikan dan agama karena di UIN misalnya bahasa arab, Al-Qur’an dan Hadist, dan yang berbau islam.

Fun factnya yang ditakutkan orang telat lulus, terkenal horor, dulu memang iya lama lulus, lambat laun sekrang udah bisa mempelajari lingkungan, ikut percepatan, terus biasanya takut banget dengan mata kuliah exstensive reading, karena di mata kuliah itu kita harus baca 30 sumber bacaan, 10 novel, 10 artikel dan 8 teks book, ga mudah baca 30 dengan waktu yang singkat. Kemudian anaknya ga bisa diem, rame, jarang mengikuti peraturan di kampus dalam artian kaya anak pendidikan pakai paiakan agak formal, kalo bahas inggris masih ada yang pakai celana jeans, kalos oblong.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UIN Syarif Hidayatullah Jakarta?

Pertama memang dari dulu seneng belajar bahasa inggris, dari kelas 4 SD udah les bahasa inggris, terus kalo di daerah prospek kerja kedepannya masih dibutuhkan pendidik bahasa inggris, karena seneng dan latar belakng orang tua juga pendidik akhirnya bisa lah koneksi ke pendidikan bahasa inggris, kenapa ke UIN karena dulu basicnya dari MA biar satu jalur.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Biasanya lebih dominan praktek, jadi tugasnya ada yg research, makalah, kunjungan. Misalkan waktu semester 1 mata kuliah speaking, kami diminta mencari foreign yang ada di sekitaran Jakarta. Kami harus ngomong bahasa inggris, kaya nanyain pengalaman mereka di Jakarta, ekspektasi mereka hidup di Jakarta. Kaya memang sesi wawancara yang santai atau memang basicnya pendidikan kami akan ada observasi ke lapangan. Misalnya mata kuliah yang fokus pada praktek pengajaran, itu observasi ke sekolah, penelitian, dan praktik mengajar untuk semester akhir.

schooters

Di semester awal praktik menerapan skills seperti speaking, membuat soal, menganalisis soal atau error analisis. Kita membuat tulisan pada mata kuliah writing. Ada mata kuliah berjenjangan punya level sendiri, kaya writing 1 masih basic yang membuat kalimat sederhana, semakin tinggi kita akan belajar membuat artikel. Output dari tugas mini research membuat artikel yang bisa jadi akan di terbitkan pada jurnal terindeks. Tugas lainnya kita dinta membaca dan membuat summary lalu dikumpulkan dalam bentuk tertulis dan diminta presentasi. Kita juga diminta secara langsung atau dibuat video dan diupload di Youtube terus dilihat teman-teman dan ada feed back.

Pastinya setiap jurusan pendidikan ada PPL Angkatan ku dulu 4 bulan kita di sekolah mulai dari kegiatan mengajar, administrasi dan segala macam yang dibentuk jadi pendidik. Bukan hanya mengajar aja ngurusin siswa, administrasi. Ada regulasi baru semenjak 206 atau 2017 PPL dipersingkat jadi 2 bulan, kemudian 2 bulan lagi KKN. Kami dulu belum ada KKN. Tapi kalo sekarang di Fakultas Tarbiyah ada PPL di MTS, MA, MA atau SMP yang sudah MoU dengan FITK UIN Jakarta dan KKN d sekitaran Jabodetabek.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ga ada konsentasi karena fokus mencetak menjadi pendidik. Selebihnya tergantung individu, kalo interest dengan linguistik karena kami belajar dasar-dasarnya. Tergantung individu konsentrasinya apa setelah lulus dalam artian untuk kerja. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Jalur masuk SNMPTN, SBMPTN. Ada SPAN-PTKIN jalur masuknya sama kaya SNMPTN untuk di khususkan bagi siswa MA. UM-PTKIN kaya SBMPTN, terakhir ada SPMB Mandiri. Kalo aku dulu kebetulan SNMPTN angkatan pertama tanpa tes. Kalo dulu mau masuk kampus ada tesnya kaya SBMPTN, angkatan 2013 masuk jalur undangan dengan nilai raport. Aku angkatan 2013 lulus 2017. Jeda beberapa tahun baru ambil S2 di 2018. 

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Inggris UIN Syarif Hidayatullah Jakarta?

Pertama sebenarnya orang Indonesia yang aku perhatiin bahasa inggrisnya bagus, ada learning by proses, dari kecil kemudian paham, beda sama orang asing, bahasa inggrinya udah naluri menyatu, kalo kita bagus dibandingkan negara ASEAN lainnya. Aku pernah ketemu sama orang yang kurang bagus bahasa inggrisnya, tapi orang Indonesia itu ga berani speak-up, salah dikit atau banyak ga papa, yang penting mau belajar. Selain PD kita harus punya motivasi kuat untuk belajar lagi, supaya kita ga kuliah pulang, kita punya insight lagi, kaya ikutan webinar online.

Kalo bisa kerjain tugas dengan maksimal karena dengan mengerjakan tugas maksimal kita mencurahkan effort kita, maksimalin apa yang kita lakukan, biar terbayar. Terakhir perbanyak komunikasi dan koneksi, cari circle yang bagus, kita akan grow up, ga akan jadi mahasiswa yang biasa-biasa aja, cari link yang bisa improve diri kita.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Secara umum karena pendidikan, biasayan prospek kerjanya jadi guru, tapi kalo kebanyakan yang aku tahu, banyak yang cross major, ada yang jadi banker, pramugari, translator, punya usaha, banyak yang lainnya, bisa di bilang 40% yang jadi pendidik sisanya cross major. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapannya karena ini studi lanjutan, akan beralih menjad tenaga pendidik di Universitas, harapannya mudah-mudahan menjadi dosen dan researcher karena fokus di bidang penulisan. Selain itu, sebagai pengembang yang lain mengalir saja.

Kode konten: C614

Komen dibawah! 2

  1. Silvi Amalia Putri

    Assalamu’alaikum kak, punten mau nanya. Aku kan sekolah di MAN, jurusan keagamaan. Apa iya dri jurusan KA (keagamaan) sulit untuk mengambil jurusan bahasa Inggris di univ? Soalnya kakak kelas aku pernah menjadikan jurusan PBI sebagai salah satu pilihan jurusan buat kuliah nanti, then guru aku ngmong gni “duh bahasa Inggris ya? Dari jurusan KA sih… ” Kyk kemungkinan kecil dri jurusan KA ngambil jurusan itu. Aku yg tdinya suka banget sma bahasa Inggris trus juga yakin nanti pas kuliah ngambil jurusan itu.. Jadi down kak, bimbang. Jadi, apa jurusan KA bisa mengambil jurusan PBI di kampus kakak dengan jalur SNMPTN ? Mohon dijawab ya kak :), Wassalamu’alaikum…

    • din

      waalaikumsalam, halo silvi salam kenal yaa. bantu jwb krn aku juga jurusan keagamaan akt 22 setau aku kamu tetep bisa ngambil jurusan PBI tapi lewat jalur SPANPTKIN / UMPTKIN. nah buat ngeliat infonya kamu bisa lgsg cek website univ resminya aja.semoga membantu:)

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *