Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah

Pendidikan Bahasa Inggris UMM (Yuyud)

Pendidikan Bahasa Inggris UMM (Yuyud)

Halo intipers, perkenalkan aku Yuyud Tri Guntoro, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Bahasa Inggris UMM atau Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2018. Saat ini aku menempuh studi di semester 5. Yuk simak cerita kuliah ku!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Pendidikan Bahasa Inggris UMM, Beda banget!

Nah, kalau kalian sedang nyari jurusan bahasa Inggris, disini tempat yang pas banget buat kamu yang aktif, kreatif, dan inovatif. Pendidikan Bahasa Inggris di UMM ini udah terakreditasi A oleh BAN-PT. Jadi sudah diakui mempunyai standar pendidikan yang baik di kalangan perguruan tinggi di Indonesia. Dosen nya terbukti kompeten. Mereka datang dari alumni kampus kampus ternama di seluruh dunia, seperti Australia, New Zealand, Thailand, UK dan masih banyak lagi dosen-dosen hebat yang tentunya bisa memotivasi kita untuk melanjutkan studi di sana! Selain itu, kesempatan kamu untuk membuat project akan lebih banyak. Di prodi Pendidikan Bahasa Inggris kalian akan belajar unjuk skill bahasa Inggris yang akan kalian gunakan di kehidupan akademik dan kehidupan sehari-hari. Bisa double nih, formal nya dapet, informal nya juga dapet!

Slide5

Pendidikan Bahasa Inggris, buat calon guru doang?

Ini nih mindset yang biasanya selalu ada di pikiran intipers dan kebanyakan orang. Kalau misalkan pendidikan Bahasa Inggris cuma buat orang orang yang pengen jadi guru, nyatanya TIDAK SAMA SEKALI!
Jadi di prodi ini kalian akan banyak mempunyai kesempatan untuk belajar hal baru dalam membuat project yaitu Public Speaking, Membuat Konten, Travel Vlog, Hosting/MC, Seminar, Voice over (pengisi suara animasi) dan yang pasti belajarnya menyenangkan banget karena dosen-dosen yang kece dan selalu mendukung passion setiap mahasiswanya! Jadi tenang aja, mau jadi guru oke, nggak pun juga ga takut karena udah punya skill yang banyak!

Mata kuliah di Pendidikan Bahasa Inggris UMM millenial banget!

Ada banyak sekali pilihan mata kuliah di jurusan ini. Seperti essay writing, listening, speaking for formal interaction, speaking for non formal interaction, media & sumber belajar, dan masih banyak lagi. Kedua mata kuliah yang paling jadi favorit aku yaitu essay writing. Kalau kalian pernah menulis beberapa karya tulis, kalian wajib tahu kalau sistematika menulis dalam bahasa Inggris ini sedikit berbeda. Kita ditantang untuk memilih diksi/kosakata yang lebih akademis untuk karya tulis kita! Pasti skill ini bakal membuat kamu berbeda dari anak-anak jurusan lain karena kamu bakalan terbiasa dengan kosakata akademik dan berguna banget buat bikin karya tulis ilmiah.

Mata kuliah ke dua yaitu Media dan sumber belajar. Disini kamu akan belajar membuat media yang bisa kalian gunakan untuk mengajar. Di setiap tahun, akan ada project besar yang diselenggarakan jurusan kita, yaitu ELMO ( Eled ‘English Language Education Department’ Media Expo). Jadi setiap kelas akan dibagi beberapa kelompok untuk membuat media belajar dan puncak acara di pamerkan di ELMO. Ketrampilan kalian bakalan berguna banget karena kalian bisa membuat aplikasi, flip book, dan media media kreatif lainnya untuk mengajar.

Kesempatan lulus 3,5 tahun dan mendapatkan 2 sertifikat keahlian bahasa Inggris selama S1 !

Kurikulum jurusan ini di desain supaya memungkinkan mahasiswanya lulus tepat waktu. Bahkan lebih cepat menjadi 3,5 tahun. Di semester 7 kamu sudah bisa fokus untuk menyelesaikan skripsi yang sudah dirancang sejak semester-semester sebelumnya. Selain itu kalian juga akan mendapatkan sertifikat ESP (English for Spesific Purpose). Sertifikat ini setara dengan D1 dan ESP ini ditempuh oleh seluruh Mahasiswa UMM di semester 1 sampai semester 3. Di ESP, kalian akan mendapatkan pembekalan bahasa Inggris sesuai dengan konsentrasi ilmu kalian. Kalau di Bahasa Inggris kita akan belajar bagaimana berkomunikasi di depan kamera, membawakan acara, membuat International CV, dan membuat surat-surat yang ada di perusahaan, untuk bekal kita saat nanti melamar pekerjaan setelah lulus.

Konsentrasi Ilmu di Pendidikan Bahasa Inggris UMM!

terdapat 3 konsentrasi yang nantinya bisa kalian ambil yaitu :

  • Interpreter/Translator : intipers bakalan dipersiapkan untuk menjadi translator atau penterjemah.
  • EYL (English for Young Learners) : kalau intipers pengen banget jadi guru, kalian bisa ambil konsentrasi yang ini! Kalian akan banyak mendapatkan ilmu tentang mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak dan kelas nya tentunya menyenangkan.
  • Bussiness English : di kelas ini intipers mendapatkan materi berupa praktek langsung untuk terjun di dunia bisnis dan menambah skill bahasa Inggris kalian di dunia perkantoran.

Ketika menghadiri workshop di International Students Week 2019 Pakistan

Tips buat mahasiswa baru!

banyak orang bilang takut masuk jurusan Bahasa Inggris harus pandai berbahasa Inggris. Intipers ga perlu takut, karena di jurusan ini kalian juga akan belajar untuk terbiasa menggunakan bahasa Inggris. Tak jarang juga, prodi pendidikan bahasa Inggris menghadirkan seminar international dan bahkan dosen dosen native yang akan mengajar di kelas kalian! Kesempatan kalian untuk mengembangkan skill juga bisa kalian ikuti dengan ikut organisasi atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang sesuai dengan passion kalian. Terdapat UKM Seni, olahraga, Debat, jurnalistik, dan masih banyak lagi potensi yang bisa kalian gali dengan ikut UKM tersebut.

Malang, Kota Pelajar, menyimpan banyak kenangan!

buat intipers yang melanjutkan studi disini, kalian akan tinggal di kota yang sangat akademis. Berbagai fasilitas di Kota Malang sangat menunjang kehidupan para Mahasiswa. Tempat makan yang murah dan berbagai macam hiburan serta destinasi wisata yang menarik mulai dari gunung, pantai hingga wisata buatan seperti Jawa Timur Park! Namun sebagai seorang mahasiswa tentunya intipers harus terbiasa hidup mandiri dan berani menghadapi berbagai tantangan dalam lingkup pertemanan. Kalian tidak mau kan, menghabiskan masa masa kuliah dengan sia-sia? Beberapa cara bisa kalian ikuti dengan bergabung di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) atau organisasi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan minat kalian, tenang aja ada Himpunan Mahasiswa Jurusan yang siap membantu intipers untuk memilih dan memperkenalkan kehidupan kampus dan organisasi yang bisa  kalian ikuti!

Perluas jaringan global dengan Student Exchange dan Magang/KKN International!

kuliah di Pendidikan Bahasa Inggris tentunya akan mengasah kemampuan berbahasa kalian, nah intipers bisa banget mengikuti kesempatan yang sudah ada melalui kerjasama Universitas Muhammadiyah Malang dan Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan.

  • student exchange Erasmus+ : merupakan beasiswa yang sangat terkenal dan memberikan kesempatan buat kalian yang ingin merasakan berkuliah selama 1 semester di universitas di Uni Eropa. Kesempatan ini dibuka setiap tahun untuk seluruh mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang dan jika lolos program ini kalian akan dibiayai penuh oleh Erasmus+ untuk melakukan pertukaran pelajar di Eropa! Seru kan !!
  • Magang International : khusus mahasiswa FKIP, terdapat kerjasama untuk magang di Thailand. Kalian bisa mendaftar untuk mata kuliah “magang 3” dan berangkat untuk mengajar siswa siswi di sekolah di kawasan Thailand
  • KKN Internasional : kesempatan ini dibuka oleh DPPM yaitu bagian yang menaungi pengabdian mahasiswa dimana semua mahasiswa akan melakukan KKN atau kuliah kerja nyata. Salah satu KKN Internasional yang diselenggarakan di UMM yaitu KKN di Sabah, Malaysia. kalian bisa mendaftar program ini ketika sudah selesai memenuhi persyaratan untuk KKN.

Ikut Konferensi International, bisa menambah daftar prestasi kamu!

Pada Tahun 2019 saya terpilih untuk menjadi Delegasi Indonesia di acara International Students Week 2019 yang diselenggarakan di Kota Lahore, Pakistan. Pencapaian ini tak lain dan tak bukan berkat dosen dosen yang luar biasa menginspirasi dan memotivasi untuk menempuh pendidikan tinggi. Disana saya belajar banyak tentang budaya asing dan berdiskusi pada forum Internasional tentang pemanfaatan jejaring sosial dalam bidang enterpreneurship di Indonesia serta mempromosikan budaya khas Indonesia. Pengalaman yang luar biasa ketika saya mampu mengharumkan nama jurusan dan universitas serta nama Indonesia di kancah Internasional yang tentunya dapat menjadi pengalaman intipers yang berkesan.

Prospek kerja dan para Alumni!

Belajar di Pendidikan Bahasa Inggris dan merasakan International Atmosphere yang ada di dalamnya membuat pikiran intipers akan terbuka lebar. Nah prospek kerja yang ditawarkan prodi ini diantaranya, Guru (untuk kalian yang melanjutkan pendidikan profesi guru), Dosen, ahli Penterjemah, Penulis Buku, MC/Presenter, Content Creator, Tentor (guru Les), Staff LC (language center) untuk kalian yang memiliki peringkat atas pada ESP, dan menjadi staff di bidang pemasaran, administrasi kantor, maupun terjun di dunia pariwisata. Oh iya, ada juga beberapa alumni yang bekerja di Kedutaan Besar Indonesia di Thailand juga loh! Itu semua bisa kalian dapatkan melalu jaringan kerjasama Pendidikan Bahasa Inggris di UMM.

Rencanaku Setelah Lulus!

Belajar di lingkungan yang memotivasi membuat saya selalu ingin menjadi seperti mereka. Mereka yang hebat, dan telah membuka wawasan saya. Setelah lulus saya akan melanjutkan studi master (S2) dan mendaftar di beberapa beasiswa di Luar Negri. Saya sangat ingin mendalami konsentrasi ilmu bahasa/linguistik di benua biru (Eropa) dan tentunya berbekal pengalaman dalam menulis Karya Tulis Akademik yang sudah di pelajari semasa S1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang.

Kode kontenL X320

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *