Bahasa Inggris, Universitas Brawijaya

Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya (Amy)

Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya (Amy)

Hai Intipers! Salam kenal, aku Amy Amelia, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya angkatan 2016. Di sini aku mau membagikan pengalaman kuliahku setelah 8 semester berjalan. Simak yuk!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

Apa saja yang dipelajari di Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya?

Loh, UB ada pendidikan ya? – Bagi mahasiswa asli Malang yang ambil prodi Pebasis, pasti cukup bosan menjawab pertanyaan ini. Yap, Universitas Brawijaya emang membuka prodi Pebasis pada tahun 2011, masih cukup muda kan dibanding universitas tetangga?

Di prodi Pebasis, kami belajar tentang dua hal utama, Bahasa Inggris dan ilmu pendidikan. Karena output utama dari Pebasis adalah sebagai calon tenaga pendidik, maka sudah selayaknya kalau mahasiswa dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogis dan Bahasa Inggris.

Kenapa nggak ambil kursus aja?

Karena yang dipelajari di sini nggak sekadar listening, speaking, reading, dan writing aja! Di sini juga mempelajari sastra seperti poetry, prose dan drama. Selain itu, ada juga mata kuliah pilihan Bahasa lain seperti Jerman, Perancis, Cina, dan Jepang di semester 4. Di semester 5 dan seterusnya, mata kuliah bakal lebih banyak tentang ilmu pendidikan mulai dari asesmen, manajemen kelas, hingga micro-teaching yang bakal berguna banget saat udah jadi tenaga pendidik kelak.

pmb2-min

Ada beberapa mata kuliah lain yang berjenjang yaitu sociolinguistic dan translation. Kita bisa pilih salah satu pada semester 5, kalau ambil sociolinguistic, maka di semester selanjutnya mesti ambil pragmatic dan semantic. Sebaliknya, mata kuliah lanjutan dari translation adalah translation practice dan interpreting

Mata kuliah favorit di

Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya?

ICT in ELT, mata kuliah ini fokus ke pengaplikasian TIK ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Tugas akhirnya berupa project yang mengharuskan kami untuk berkreasi sekreatif mungkin dengan mengangkat materi tertentu, lalu dipresentasikan di depan dosen. Dulu, aku bersama kelompokku membuat aplikasi hp Vocali untuk membantu siswa belajar tentang pronunciation yang benar antara short vowel dan long vowel.

Apa tantangan terbesar kuliah di Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya?

Yang paling menantang adalah saat kami terjun ke sekolah untuk PPL. Setelah 6 semester mempelajari teori pendidikan dan Bahasa Inggris, di awal semester 7 kami mengajar Bahasa Inggris langsung ke siswa sekolah menengah. Kebetulan saat itu aku ditempatkan di SMP, meskipun backgroundku adalah jurusan Bahasa Inggris, terkadang kami juga diminta untuk menggantikan guru mata pelajaran lain yang menuntut kami berlagak seolah-olah paham dengan pelajaran mereka, karena tak jarang siswa menanyakan kayak “Kak, teknik dussel itu gimana?”

Tips buat kamu yang mau masuk Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya

Jangan anggap belajar di kelas aja udah cukup buat dapetin TOEFL 550 ke atas, karena sebagai mahasiswa Bahasa, mesti rajin-rajin cari authentic material, banyak kok di internet. Itu akan memberikan wawasan yang lebih luas daripada sekadar belajar di kelas.

Next, tugas di prodi ini tidak terbilang banyak kalau dibandingkan dengan fakultas saintek, jadi bakal banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk join organisasi/volunteering yang bakal mengasah soft skill, atau kalo ingin tambahan jajan, kerja part-time bisa jadi pilihan. Selain itu, kalo kalian suka dengan dunia kepenulisan, banyak banget lomba-lomba yang bias kalian ikuti, siapa tau jadi Mawapres, kan?

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Alumni Pendidikan Bahasa Inggris ga harus jadi guru aja loh. Ada yang jadi freelance writer, tutor di bimbel/language center, atau lanjut studi S2.

Kode konten: X312

Komen dibawah! 18

  1. Review Jurusan & Pengalaman Kuliah > Sastra Rusia Unpad (Rifqi)

    […] Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya (Amy) […]

  2. 101kfe.id

    kuliahnya sekarang via online ya kak ? selama pandemi corona…..

  3. Syaa

    Kak, kalo mau kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris apa sebelumnya udah jago ngomong B. Inggris ya?

  4. Nindahanny

    Kak apa aja yang kita harus persiapankan buat kami yang masih SMA agar bisa lulus di pendidikan bhs Inggris universitas Brawijaya

    • amymulya

      kalo lulus (masuk) jurusannya sih ya sama aja kyk masuk jurusan lain, karena kan ga ada tes khusus masuk pendidikan bahasa inggris. Tapi kalo pengen perkuliahannya lancar ya disiapin dari awal buat dasar-dasar listening speaking reading writing & grammar aja dulu

  5. Nadilla dwi haerani

    Peluang kerja kuliah jurusan bahasa inggris itu apa ya kak? Dan apa selama kuliah kita cuna diajar sebagai pendidik? Terimakasih ka.

    • amymulya

      Peluangnya ga terbatas cuma jadi guru kok meskipun sebenarnya lulusan Pendidikan difokuskan buat jadi guru. Bisa jadi translator, content writer, atau di perusahaan yang nerima segala jurusan.
      Oya, kita ga cuma diajar buat jadi pendidik, karena ada mata kuliah pilihan yang ngenalin translation atau linguistic juga.

  6. Niken Urbaningrum

    Kak, apakah pendidikan bahasa inggris termasuk lintas minat bagi yang SMA jurusan IPA?

  7. Kmy

    Kalo dari MAS jalur SNM masuk UB sulit gak

  8. Rani

    Kak, apakah semua dosen menggunakan bahasa Inggris dalam mengajar, jadi, mahasiswa juga berbahasa inggris?

    • amymulya

      Engga pake bahasa inggris terus kok, kadang diselingi bahasa Indonesia juga. Kalo mahasiswanya sebisa mungkin pake bahasa inggris, tergantung dosen juga sih krn tiap dosen punya standar masing”

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *