Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Padang, UNP

Pendidikan Bahasa Inggris UNP (Ami)

Pendidikan Bahasa Inggris UNP (Ami)

Hallo sobat intipers! Aku Ilhami El Husna dari Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang angkatan 2019. Di kesempatan ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya. Bagi intipers yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas dan jawabannya akan otomatis masuk ke email kalian loh. Pastikan kalian baca sampe beres dulu sebelum bertanya yaa.

Secara umum jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNP seperti apa?

Secara garis besar jurusan Bahasa Inggris ada dua macam yaitu Pendidikan dan Sastra. Persamaannya kedua jurusan tersebut sama-sama mempelajari Bahasa Inggris, kalau perbedaannya yaitu jurusan pendidikan akan berfokus pada dunia keguruan yang mana mata kuliah yang akan ditemui yaitu seperti kurikulum, silabus, materi pembelajaran dan diperlukan skill dalam mengajar. Kalau jurusan Sastra Inggris akan berfokus pada pembelajaran kebahasaan seperti bentuk kalimat, penerjemahan, interpretasi. Cakupan dalam bahasa inggris yaitu seperti reading, writing, listening dan speaking.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan informasi jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Stigma di masyarakat sering mengatakan kuliah di jurusan bahasa inggris menghafalkan kamus, atau translate saja. Namun, sebenarnya yang kita pelajari lebih dari itu, seperti culture, skill, dan materi penunjang di dalam bahasa inggris itu sangat banyak.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNP?

Alasan utama saya memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris adalah hobi, passion dan saya suka public speaking. Logikanya kalau kita menjalani sesuatu berdasarkan passion, hobi dan kemampuan kita menjalaninya dengan enjoy tidak ada beban ataupun pressure

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yaitu basic skill yang tersiri dari listening, reading, writing dan speaking. Biasanya di universitas manapun yang mempunyai jurusan Pendidikan Bahasa Inggris pengajaran 4 skill tersebut mempunyai tingkatannya. Misalnya di Semester 1 disebut dengan level basic, selanjutnya pada Semester 2 akan lanjut pada level intermediete dan terakhir yaitu level advance. Setelah itu pada semester 4 kita akan mempelajari culture. Baru nanti ketika memasuki semester 5 kita akan mempelajari mata kuliah metode pembelajaran, pembuatan silabus dan lainnya. Karena jurusan Pendidikan Bahasa Inggris merupakan jurusan yang memperlukan praktik di lapangan, pada Semester 7 nanti akan ada PL atau Praktek Lapangan.

intipkuliah-web1

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Pada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tidak ada konsentrasi ataupun kelompok keahlian, namun pada Semester 5 mata kuliah yang dipelajari sudah menjurus pada praktek pendidikan yaitu bagaimana mengajarkan 4 basic skill yang sudah diajarkan pada semester awal.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Jalur masuk pada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Jalur masuk pada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sama seperti PTN yang lainnya yaitu SNMPTN (jalur nilai rapor), SBMPTN (seleksi tulis bersama), dan Seleksi Mandiri.

Ada tips dan tantangan buat mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang?

Tantangan berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yaitu kemampuan berbicara bahasa inggris secara fasih dan tidak ragu-ragu. Selain tantangan tersebut masih terdapat tantangan yang lainnya, karena jurusan Pendidikan Bahasa Inggris terfokus untuk menjadi guru atau tanaga pendidik, tantangan terbesarnya yaitu bagaimana cara membuat metode pembelajaran Bahasa Inggris yang menarik untuk siswa. Karena tidak semua siswa menyukai Bahasa Inggris. Tips nya untuk mahasiswa baru yaitu belajar secara mandiri karena tidak bisa mengharapkan sepenuhnya dari dosen.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tidak melulu menjadi pengajar seperti guru, dosen, ataupun tentor. Jika intipers menginginkan untuk bekerja pada profesi lainnya, kita bisa masuk ke dalam profesi lain yaitu menjadi translator, resepsionis hotel, tour guide dan semua pekerjaan yang membutuhkan keahlian Bahasa Inggris kita bisa masuk.

Harapan setelah lulus dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Saya ingin melanjutkan pada jenjang pendidikan selanjutnya yaitu sekolah pascasarjana. Harapan saya sekolah tinggi bukan untuk mencari pekerjaan, namun untuk menciptakan lapangan kerja.

QnA

  1. Udah ada gambaraan belum ka, kalau tidak bisa jadi CPNS?

Menurut saya kita tidak terpaku untuk menjadi seorang tenaga pendidik, kita bisa menciptakan peluang pada bidang lainnya. Seperti membuka kursus Bahasa Inggris sehingga akan menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk orang lain.

 

  1. Untuk di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di UNP itu masuk ke Fakultas mana?

Masuk ke Fakultas Bahasa dan Seni karena ada jurusan Sastra Inggris.

 

  1. Untuk tes TOEFL nantinya apakah mahasiswa dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris apakah ada persyaratan ujian TOEFL?

Kalau di pendidikan bahasa inggris ada persyaratan untuk TOEFL tetapi minimal skornya lebih tinggi dari jurusan lainnya dan ujian tersebut di fasilitasi oleh kampus.

 

  1. Kalau di UNP masih ada senioritas atau tidak?

Senioritas itu tergantung universitas masing-masing. Kalau di UNP sendiri tidak ada senioritas yang membawa kekerasan tetapi justru saling membantu dalam menanyakan materi kuliah.

 

Konten : C794

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.