Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bahasa Inggris UPI (Cindy)

Pendidikan Bahasa Inggris UPI (Cindy)

Halo sobat intipers! Aku Benedicta Cindy Tamara dari Pendidikan Bahasa Inggris UPI / Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UPI seperti apa?

Sejauh yang kita ketahui Pendidikan Bahasa Inggris kedepannya menjadi guru, padahal itu tidak, kita bisa menjadi translator, penerjemah, buka les TOEFL atau IELTS, bisa juga ke bisnis. Kalo di jurusan saya sendiri ada dua penjurusannya lagi ada yang untuk mengajar dan ada yang untuk bisnis atau kantoran. Jadi ga juga harus ngajar, bisa juga di luar itu.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UPI?

Dulu karena untuk mempedalam bahasa inggris, dari SMP dan SMA lebih tertarik sama guru bahasa Inggris, kaya lebih berwibawa, lebih enak ngomong bahasa inggris, jadi dari situ saya tertarik, walaupun bahasa inggrisnya ga sebagus yang lain kaya dari sekolah internasional. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah di jurusan saya lebih ke skills, ada writing, reading, listening. Dari semester 1-4 ada tingkatannya, misalnya semester satu saya belajar writing 1, reading 1, dan listening 1, lanjut ke bagian kedua, ke tiga lebih ke akademik, dan keempat lebih ke profesional, sama kita juga lebih memperdalam gramer, semester 1 belajar gramer ringan, kedua, ketiga lebih ke fungsional, keepat lebih ke profesional.

Selain bahasa inggris ada juga secara umum, belajar pendidikan, gimana jadi seorang pendidik, landasan pendidikan. kalo untuk tugasnya kaya translate, kerjain tugas dari dosen, kalo dari jurusan saya lebih santai dan tergantung pada dosennya aja. Semester 7 ada PPL atau tanpa skripsi juga bisa, tapi ada tambahan kuliah.

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, di semester 5 atau 6 ada konsentrasi lebih, kalo sekarang secara umum menyeluruh. Konsentrasi ada 2, pertama ada AWL sama SP, AWL lebih ke SD, TK atau sekolah, SP lebih ke kantoran, bisnis, SMK, SMA, SMP sama interpreter. Rencannaya AWL soalnya dapat sertifikat pendidikan juga.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada jalur SBMPTN, mandiri, prestasi, SNMPTN. Kalo saya lewat jalur SNMPTN. Informasi lebih lanjut bisa akses di pmb.upi.edu.

 Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Inggris UPI?

Jangan insecure walupun ga bisa ngomong bahasa inggris, ga bisa menerjemahkan, karena perlu berlatih, lama-lama bisa, kaya latihan soal dan segala macemnya, ga usah memperdulikan orang yang bisa bahasa inggris, karena di jurusan ini ga ada persyaratan harus bisa bahasa inggris atau dari sekolah internasional, jadi guru juga besar juga tanggungjawabnya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Tergantung di kitanya dari konsetrasinya, kalo AWL bisa ke sekolah kalo bisnis yang alumni lebih ke penerjemah, translation, dan banyak lagi, bisa ke shopee, google atau perusahan yang bisa membutuhkan pendidikan bahasa inggris.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencananya saya mau mengajar lebih concern ke anak SD, apalagi guru bahasa inggris di SD banyak di butuhkan, kalo bisa jadi PNS.

Q&A

  • Kalo kuliah full inggris atau bahasa indonesia

Jawaban: Kalo di UPI sendiri ga semua full inggris, tapi ada juga dosen yang mewajibkan bahasa inggris, paling kalo presentasi atau ambil nilai speaking, tugas-tugas, sisanya pake bahasa Indonesia.

Kode konten: C583

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *