Pendidikan Bahasa Daerah, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Bahasa Jawa UNY (Ilham)

Pendidikan Bahasa Jawa UNY (Ilham)

Halo sobat intipers! Aku Ilham dari Pendidikan Bahasa Jawa UNY angkatan 2019 . Kali ini aku ingin sharing peng mbalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Bahasa Jawa UNY seperti apa?

Sesuai namanya, jurusan pendidikan bahasa daerah atau bahasa Jawa ini fokusnya ke bidang kependidikan walaupun nanti yang dipelajari hampir sama dengan bidang keilmuan jurusan Sastra Jawa seperti yang ada di UGM. Kalau di UNY lebih dipersiapkan menjadi seorang pendidik, kan UNY dulunya IKIP. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Hal yang dipelajari mengenai bahasa Jawa ada beberapa fokus. Ada linguistik atau ilmu kebahasaan, yang membahas asal muasal kata yang ada di bahasa Jawa. Kita mempelajari sastra jawa, mulai dari guguritan, tembang dsb. Dalam bidang seni tradisional seperti ketoprak, karawitan, teater juga dipelajari dalam mata kuliah. Nanti ada pentas kolaborasi yang menjadi gong itu pementasan tari, teater dan karawitan. Itu ada di semester 4. Kita belajar dan mengkaji budaya-budaya jawa. Misalnya, budaya gugur gunung.

Bapak/ibu dosennya kurang lebih ada 17 orang. Mata kuliah yang fokus di bahasa jawa kurang lebih ada 34. 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Bahasa Jawa UNY?

Dulu tuh sebenernya saya gak bisa bahasa Jawa. Aksara jawa aja dulu gak hafal. SMA nilai bahasa Jawa juga gak terlalu bagus juga. Dulu waktu mau masuk kuliah itu bingung kan, ngejar kuliah di negeri. Sebenernya dulu saya pengen ke kesehatan, tapi karena saya dari keluarga kurang m ampu jadi kurang memungkinkan masuk ke prodi kesehatan.

Saya ambil lintas ilmu dan ambil di soshum. Saya minta pendapat orang tua, sarannya yaitu PGSD dan Pendidikan Bahasa Jawa. Setelah dipikir-pikir saya ada sedikit ketertarikan di budaya Jawa, meskipun gak bisa bahasanya. Akhirnya saya mencoba Pendidikan Bahasa Jawa pilihan 1 dan PGSD di pilihan ke dua. Alhamdulillahnya keterima dan banyak manfaat yang dirasain kuliah di jurusan ini. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas itu fokusnya ke linguistik, sastra dan budaya. Ada mata kuliah seni karawitan, seni pertunjukan. Di sanggar sastra itu selama 1 semester kita berproses bersama untuk bisa melakukan pementasan. Alhamdulillah kemarin terlaksana di bulan April.

Mata kuliah lain yang cukup menarik itu seni karawitan. Selanjutnya itu ada mata kuliah pranoto coro itu belajar menjadi seorang MC. Dosen mata kuliah ini salah satu MC nasional yang lumayan terkenal yaitu Pak Suwarno. Selanjutnya ada kepenulisan buku, misal kajian kebudayaan di Jawa. Di semester 2 kemarin sempat menempuh mata kuliah kepenulisan. Saya kemarin membahas mengenai manten, yang membahas filosofi, piranti yang digunakan ketika upacara pernikahan. Jadi di semester 2 alhamdulillah sudah punya karya. 

Proses kuliahnya pastinya pakai bahasa Jawa, kecuali beberapa mata kuliah umum. Mulai dari orientasi sampai kesimpulan itu pakai bahasa Jawa krama.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Peminatannya gak ada, kita belajar semua linguistik, sastra dan budaya. Nanti di tugas akhir berfokus masing-masing.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Jawa UNY?

Waktu pertama masuk, tata bahasa Jawa saya itu masih amburadul. Penggunaan kromo inggil, ngoko, madyo, dsb masih acak-acakan dan masih sering dapat koreksi dari dosen. Tipsnya, ketika temen-temen ngerasa salah jurusan, coba tetep ikuti perkuliahan yang berjalan. Berikan antusias yang tinggi dan lakukan dengan sungguh-sungguh. Kemarin aku cukup buruk di penataan kalimat bahasa Jawa, disitu pun aku upayakan untuk antusias mengikuti perkuliahan. Misal dengan maju ke depan praktik pidato, dsb. Coba aja langsung walaupun salah kan kita akan dapat koreksi. Akan lebih mengena ketika kita mencoba langsung, daripada teorinya saja. Ketika salah dan belum bisa jadiin motivasi untuk terus latihan sampai bisa. Kadang bermula dari keterpaksaan, kemudian terbiasa dan menjadi bisa. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja yang pertama tentu sebagai seorang pendidik atau guru Bahasa Jawa di tingkat SMP atau SMA. Selanjutnya, bisa menjadi peneliti atau sastrawan. Peneliti bidang bahasa, sastra, budaya, seni. Menjadi instruktur seni karawitan, teater dan tari itu bisa buat sambilan. Menjadi penulis, pranoto coro dan jurnal juga bisa. Paling banyak itu menjadi penulis, sastrawan dan pendidik. Jadi gak melulu di pendidikan. 

Kode konten: C543

Komen dibawah! 3

  1. Arina

    Kakak masuk jalur snm apa sbm.Kalo jalur sbm skornya brp kak?

    • Ilham

      Alhamdulillah jalur SBM arin, aduh sekor ya kalau rata” nilai cbtku kurang lebih 580, maaf baru balas ya jarang pantau soalnya🙏

  2. Kunthi Wijang

    Tips belajar kak kebetulan aku anak smk binggung mau belajar dari mana

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *