Bahasa Jepang, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bahasa Jepang UPI (Amanda)

Pendidikan Bahasa Jepang UPI (Amanda)

Halo sobat intipers! Aku Amandastia Putri dari Pendidikan Bahasa Jepang UPI angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Bahasa Jepang UPI seperti apa?

Secara garis besarnya kita belajar speaking, writing, listening, reading sama linguistiknya juga. Biasanya orang tuh mikirnya jurusan Sastra Jepang dan Pendidikan Bahasa Jepang itu sama, sebenernya tuh beda. Kalau di Pendidikan Bahasa Jepang lebih memperdalam cara mengajarnya, memang kita juga belajar budaya-budaya Jepangnya juga cuma gak terlalu mendalam. Terus gak usah khawatir buat yang gak punya basic atau belum pernah belajar Bahasa Jepang kalau mau masuk jurusan ini. Temenku pun mereka belum pernah belajar bahasa Jepang dulunya tapi masuk jurusan ini, asal nanti pas udah masuk mau terus belajar.

Aku sendiri waktu SMA pernah belajar Bahasa Jepang, ketika kuliah di sini tetep struggle karena nanti buku yang kita pakai itu udah gak ada alfabet lagi, melainkan pakai huruf Jepang semua. Jadi gimana caranya bisa baca itu dan lama kelamaam di tingkat 2 dan 3 dosen udah jarang pakai Bahasa di Indonesia. Bahkan beliau dalam ngejelasin maksud kosa katanya juga dalam Bahasa Jepangm nah itu lumayan sulit. Terus ketika ada dosen dari Jepang ngajar, itu kan bener-bener gak bisa Bahasa Indonesia jadi struggle banget pas ngertiinya tapi kalau nanya pun harus pakai Bahasa Jepang.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Bahasa Jepang UPI?

Alasannya simpel sih karena dulu tertarik sama animenya Jepang terus kalau ngelihat hurufnya itu kan ada 3 macam, hiragana, katakana, kanji itu juga yang bikin penasaran. Menarik.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Pendidikan Bahasa Jepang UPI?

Tugas kuliahnya kalau masih di tingkat 1 itu kita harus ngejawab soal-soal yang ada di buku paketnya kadang kita juga disuruh buat percakapan sama temen kelompok. Di pelajaran speaking kita juga pernah disuruh buat bikin drama. Kalau di mata kuliah yang reading kita biasannya suka disuruh untuk membaca teks, dilatih buat kelancaran bacanya juga. Ada mata kuliah yang tugasnya disuruh menerjemahkan teks yang ada di buku materinya itu. Kalau pas listening biasanya kita mendengarkan aja terus ditanya sama dosennya, misalnya apa yang kita tangkap dari yang tadi gitu. Kalau udah ada penjurusan baru ada tugas yang beda-beda.

schooters

Mata kuliahnya akan aku jelaskan lebih rinci sembari aku menjelaskan penjurusan ya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada 2 penjurusan, yaitu pendidikan dan bisnis. Kalau di pendidikan itu ada mata kuliah tentang penerjemahan secara tertulis, menelaah kurikulum Bahasa Jepang yang ada di Indonesia. Paling berkesan itu kita pernah diminta menerjemahkan lagu tapi harus tetep bisa dinyanyikan pakai irama lagu aslinya. Kalau umumnya sih ada jug mata kuliah tentang penggunaan TIK untuk media  pembelajaran Bahasa Jepang. Kalau bisnis penerjemahannya secara langsung. Biasanya belajar atau ujiannya itu kita dipanggil sama dosennya secara 4 mata, terus dikasih video dan menerjemahkannya secara langsung. Penjurusan ini di tingkat 3.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Buat yang belum pernah belajar Bahasa Jepang sama sekali, jangan berkecil hati takut gak bisa mengikuti pelajaran yang ada karena nanti juga di tingkat awal akan ada orientasi tulisan katakana hiragana yang merupakan dasar bahasa Jepang itu sendiri. Terus nanti juga akan dibina, jadi dari tingkat 1 itu mulai dari yang tingkat dasar, lalu menengah sampai nanti ke tingkat tinggi.

Buat yang udah pernah belajar, jangan mudah merasa puas. Saya juga dulu ngerasa udah puas karena dulu di SMA pernah belajar. Ternyata pas di awal tingkat dua, temen-temen yang dulunya gak punya basi nilainya bisa lebih tinggi dari saya. Berarti meskipun saya ngerasanya gak terlalu santai belajarnya, tapi pas ngeliat nilainya itu mungkin saya terlalu santai. Ketika temen-temen yang belajarnya dari 0 mereka belajar terus-terusan, sedangkan kita yang udah belajar malah santai karena ngerasa udah lebih tinggi dari pada yang belum punya basic.

Oh ya di Pendidikan Bahasa Jepang UPI ada program exchange setiap tahun. Itu sering banget ngirim anak-anak Pendidikan Bahasa Jepang ke berbagai tempat di Jepang. Biasanya 1 tahun di sana, tapi ada juga  yang 2 minggu. Selama exchange kita belajar bahasa Jepang secara lebih mendalam sama kita bisa sekalian buat ngenalin Indonesia juga. Bahasa Jepang yang diajarkan itu mendalam sampai belajar intonasi yang tepat, pronouncation yang benarnya juga, penggunaan katakana juga, dan masih banyak lagi. Biasanya buat temen-temen Pendidikan Bahasa Jepang UPI yang mau ikutan juga nanti harus ikut tes dan daftar dulu ke TU, nanti bakal diumumkan hasilnya. Biasanya 5 orang, tapi kadang ada yang 3 orang. Terus nanti diminta sertifikat N3 yang paling penting.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Biasanya, denger-denger dari alumni itu da yang kerja jadi guru di sekolah, LPKA juga. Ada yang jadi pegawai di perusahaan Jepang di Indonesia, penerjemah secara langsung, penerjemah tertulis bahkan penulis. Sekarang banyak alumni yang kerja di Jepang, jadi tour guide juga.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Rencana dan harapan setelah lulus?

Rencananya mau ambil S2 dari beasiswa pemerintah Jepang, tapi kalau  gak dapat mau kerja aja jadi guru di SMA atau LPKA. Harapannya itu semoga temen-temen yang denger jurusan bahasa Jepang gak ngira kalau kuliah di jurusan ini gampang dan bisa kursus aja, sebenernya ada perbedaan antar keduanya.

Q&A

  1. Apa metode yang dilakukan supaya gampang mengerti Bahasa Jepang?

Setiap orang kayanya beda-beda, cuma kalau saya sendiri karena minat di anime jadi ngedengerin anime. Tapi pas kita udah mulai serius buat belajar itu malah jadi gak bisa menikmati animenya secara penuh. Kalau ada kata-kata yang gak dimengerti itu jadi ditulis, dicari tulisan jepangnya gimana, terus gak ngeri kanjinya jadi dicari lagi gitu. Jadi malah gak bisa terlalu menikmati. Bisa juga nih kalau suka lagu Jepang, bisa bukan hanya didenger aja coba liat liriknya, kita bisa coba menerjemahkan sendiri setelah itu baru lihat hasil terjemahan orang lain. Kalau kita suka main game, kita bisa nonton channelnya orang Jepang di youtube, mereka kan ngomongnya cepet juga jadi bisa sambil latihan listening.

Kode konten: C190

Komen dibawah! 2

  1. riri

    kak kalo satra jepang bisa ambil kelas karyawan?

  2. eva selvia

    hallo kak izin bertanya apakah pendidikan bahasa jepang bisa ambil kelas karyawan?
    makasih,semoga dijawab

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *