Bahasa Perancis, Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta (Irfan)

Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta (Irfan)

Halo sobat intipers! Aku Muhamad Irfan dari Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta seperti apa?

Di kampus mitosnya angkatan genap lebih sulit, angkatan ganjil lebih individualis, tapi itu mitos aja.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta?

Dulu SMK pariwisata, terus belajar bahasa perancis, pas SMK bingung mau pilih apa, akhirnya pilih bahasa prancis di UNJ dan dulu pernah ikut lomba juga.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Praktik magang itu di sekolah atau kaya PPL, di sekolah bikin RPP, bikin bahan ajar, gimana cara ngajar, teknik ngasih tau materinya, dan karena bahasa asing juga jadi materinya harus di sesuain sama standar eropa A1, biasanya magang di SMA. Mungkin ada SMP nya bahasa prancis ada, tapi sekolah internasional bukan sekolah biasa. Mata kuliah mirip sama sastra prancis tapi dengan tambahan mata kuliah pendidikan, pas awal masuk kuliah belajarnya bahasa prancis komprehensif, jadi ada listening, reading, writing, dilatih sampe semester 4, dan setiap aspek 3 SKS, terus mata kuliah pendidikan kaya perkembangan peserta didik, landasan pendidikan, itu yang membedakan dengan sastra.

Kalo mata kuliah yang prancis komprehensifnya ada linguistik, morfologi, sosiolinguistik mempelajari bahasa yang dipakai di masyarakat misalnya dialek, aksen. Tingkatanya mulai dari semester 1 bahasa prancis A1 dan di perkuliahan 70% pakai bahasa prancis, awal-awal bingung ngomong apa ini dosen, tapi lama-lama kebiasa dan ngerti. Pemula yang bener-bener pemula, rata-rata kesusahan di awal, butuh temen yang ngajarin mereka, jurusan ku sedikit 30-60 orang, jadi diajar bareng, kerja sama dengan temennya ada, lebih solid, diajarin sama temen yang udah jago dari SMA, jadi ga usah takut masuk jurusan ini. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi ga ada, tapi selain guru kita belajar mata kuliah lain misalnya penerjemahan atau menulis, jadi outputnya ga selalu jadi guru, contohnya aku sekarang lagi di penerjemahan bahasa prancis dan bisa-bisa aja, bisa juga kerja di Kedubes. 

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Jalur SNMPTN, SBMPTN dan mandiri, aku masuk jalur SNMPTN. Untuk informasi lebih lanjut ada instagram officialnya, jurusan ku juga ada cari aja pendidikan bahasa prancis UNJ.

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Jakarta?

Kalo mau ngambil jurusan ini dan takut di kelas pake bahasa prancis, ga usah takut, karena orangnya dikit jadi kita solid, dan bakal di ajarin juga sama dosen, ga bakal di tinggal begitu aja. Misalnya mau belajar di tempat lain dulu sebelum masuk ga papa. Kalo misalnya ga mau jadi guru juga masih banyak pekerjaan lain.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Alumni pekerjaan nya beragam banget dan ga cuma jadi guru, ada yang jadi penerjemahan, interpreter di Bali acara konferensi internasional, kadang bahasa prancis suka di pakai karena bahasa PBB, ada juga yang jadi staf di Kedubes atau di pusat budaya Prancis.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapannya dari kompetensi yang didapat di perkuliahan, bisa digunakan untuk diri sendiri dan orang lain, karena dari pengalam bekerja jadi penerjemah, selain pekerjaan juga dari hati nurani, banyak yang pengen ke luar negeri dan membutuhkan bantuan dari penerjemah karena beberapa dokumen perlu di terjemahkan jadi semoga bermanfaat. Sekarang pengen kerja dulu kalo ada rezeki bisa S2, Aamiin.

Kode konten: C594

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.