Pendidikan Biologi

Pendidikan Biologi ICP Universitas Negeri Makassar (Asiah)

Pendidikan Biologi ICP Universitas Negeri Makassar (Asiah)

Halo sobat intipers! Aku Nur Asiah Dahlan dari jurusan Pendidikan Biologi ICP Universitas Negeri Makassar. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Biologi ICP Universitas Negeri Makassar itu seperti apa?

Jurusan biologi Universitas Negeri Makassar itu terdiri dari 2 prodi yaitu Biologi murni dan Pendidikan Biologi. Pendidikan Biologi itu terdiri dari 2 yaitu Pendidikan Biologi reguler dan Pendidikan Biologi ICP atau yang internasionalnya. Sebenarnya proses pendidikannya kurang lebih sama, hanya saja kalau yang internasional itu bahasa pengantarnya kadang english full kadang bilingual, kalau di pendidikan biologi reguler itu hanya Bahasa Indonesia. 

Sama seperti di universitas lainnya, di semester awal kita masih belajar yang dasar seperti matematika dasar, biologi dasar, fisika dasar, kimia dasar. Semester selanjutnya itu sudah masuk ke biologi secara mendalam jadi yang dipelajari di biologi murni dan pendidikan biologi itu berbeda. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari PPendidikan Biologi ICP Universitas Negeri Makassar ?

Belajarnya dimulai dengan morfologi tumbuhan, struktur hewan dan kita juga belajar tentang kependidikan. Semester 3 itu lanjut lagi lebih mendalam, dengan belajar anatomi tumbuhan, perkembangan hewan, botani tumbuhan rendah, botani  tumbuhan tinggi. Semakin naik semester tentunya semakin beragam dan mendalam materinya. Kalau yang paling saya sukai itu mata kuliah terkait botani, mulai dari semester 2 itu morfologi tumbuhan lalu di anatomi tumbuhan lalu botani tumbuhan rendah dan tinggi.

Terkait praktikum, itu kan di setiap mata kuliah biologi ada praktikumnya mulai dari semester 1. Hal yang menjadi tantangan tersendiri di ICP itu laporan praktikum full english. Ada beberapa tahap mulai dari asistensi, responsi, kemudian praktikum dan pembuatan laporan itu full english. Penilaian praktikum itu dinilai dari responsi, praktikum dan laporannya. Mulai semester 3 itu ada praktikum lapangan, jadi ada banyak pengalaman untuk menyelami mata kuliah tersebut. Paling berkesan sih waktu mata kuliah praktikum lapangan. 

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Bisa melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Temen bisa cek info seleksi mandiri di nun.ac.id, info jurusan bisa cek ke unm.fpmipa.ac.id. 

Slide1

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tipsnya itu mungkin tidak perlu terlalu fokus dengan apa apa yang bisa kita capai. Jalani saja hal yang sudah seharusnya kita jalankan. Untuk menambah pengalaman, bisa mungkin emngikuti organisasi atau lembaga begitu jadi kita mendapatkan informasi bukan hanya dari kuliah tapi juga organisasi. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak yang menjadi pengajar di sekolah internasional atau sekolah yang bilingual. 

Harapan dan rencana ke depannya?

Untuk saya sendiri, kita sebagai mahasiswa kan dituntut untuk belajar terus gitu dan sebagai bentuk membanggakan orang tua  jadi tidak menutup kemungkinan untuk terjun ke dunia kerja atau melanjutkan pendidikan. 

Kode konten: C220

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *