Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri

Pendidikan Biologi UIN Bandung (Nurul)

Hallo intipers. Perkenalkan saya Nurul Hidayah, mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi UIN  Bandung angkatan 2019. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui selama 4 semester ini di jurusan Pendidikan Biologi. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi bisa komen dibawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya. Jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Pendidikan Biologi UIN Bandung?

Halo intipers, seperti judulnya sendiri sudah jelas yah pendidikan biologi, yang dimana kita banyak mempelajari tentang makhluk hidup. Nah, di pendidikan biologi ini kita belajar tentang kependidikan dan juga kebiologiannya. Kependidikannya seperti tentang belajar dan pembelajaran, pengembangan peserta didik, kurikulum dan masih banyak lagi yang akan menunjang kita sebagai guru nantinya. Tapi gak usah khawatir intipers, di pendidikan biologi juga sangat memfokuskan pembelajaran biologinya, mulai dari tumbuhan, hewan, manusia, bahkan sampai virus juga dipelajari.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Di pendidikan biologi, kita belajar dari makhluk hidup yang mikro seperti bakteri, virus, sampai ke yang makro. Nah, yang suka keliru nih banyak sekali yang bilang katanya jurusan pendidikan biologi itu lebih banyak menalar terutama nama-nama ilmiah. Enggak juga loh, di pendidikan biologi tidak melulu banyak talaran kok, ada juga hitungannya meskipun tidak terlalu difokuskan. Jadi, buat yang menjadikan biologi sebagai pelarian karena gak mau ada hitungan, di pendidikan biologi juga kalian akan bertemu dengan hitungan loh.

Apasaja sih mata kuliah dan tugas khas di Pendidikan Biologi UIN Bandung?

Wah, pastinya ini yang menjadi bahan pertimbangan dan kekhawatiran intipers semuanya, yah ketika memilih jurusan. Nah, di pendidikan biologi sendiri, kita belajar tentang mata kuliah yang berhubungan dengan keguruan dan kebiologian. Di Pendidikan Biologi UIN Bandung sendiri, di semester 1 kita hanya belajar mata kuliah dasar dan matkul yang ada di SMA, seperti kimia, fisika, matematika, biologi dan juga mata kuliah keagamaannya. Nah, baru deh di semester 2-4 mata kuliah keguruan dan kebiologiannya di fokuskan, dan untuk semester 5 lebih difokuskan pada kebiologian seperti anatomi tumbuhan, biologi konservasi, ilmu gizi, dll. Yang paling khas di pendidikan biologi itu sama tugas praktikum, laporan praktikum atau laprak, dan jurnalnya loh intipers.

Setiap hari pasti kita mengerjakan praktikum dan lapraknya yang berlembar-lembar juga ditulis tangan loh. Bahkan, sampai satu minggu itu kita bisa mengerjakan 5 laprak tulis tangan. Pernah, waktu itu di mata kuliah struktur hewan, setiap minggunya aku membedah hewan yang berbeda-beda mulai dari ikan, kodok, kadal, burung, sampai kelinci. Nah, setelah praktikum membedah itu kita harus memisahkan semua bagian dari hewan, mulai dari sistem pencernaan sampai sistem rangkanya, dan nanti kita buat lapraknya tulis tangan loh. Satu lagi deh, di mata kuliah morfologi dan anatomi tumbuhan, kita harus selalu menggambar dan memberikan penunjukan bagian-bagian yang digambar juga klasifikasi dan penjelasannya. Pokoknya, praktikum di biologi itu seru kok temen-temen intipers.

pmb2-min

Apasih konsentrasi di jurusan Pendidikan Biologi?

Di pendidikan biologi UIN Bandung, mungkin kita mengenalnya dengan mata kuliah pilihan. Dimana, mata kuliah pilihan ini ada di semester 5 temen-temen. Mata kuliah pilihan ini maksudnya, kita hanya akan belajar mata kuliah tersebut, dan akan berbeda-beda setiap orangnya tergantung mata kuliah mana yang dipilihnya. Nah, mata kuliah pilihan ini tergantung pada kita ingin fokus mempelajari apa atau kedepannya kita ingin menjadi apa. Jadi, hal itu bisa digunakan untuk bahan pertimbangan ketika memilih mata kuliah pilihan. Mata kuliah pilihan ini ada mata kuliah manajemen laboratorium, ilmu gizi, biologi konservasi, biologi akuatik, dan inovasi pembelajaran biologi. Misalkan nih, teman-teman ada yang nantinya ingin menjadi kepala laboratorium ketika mengajar di sekolah, nah bisa saja kalian pilih mata kuliah manajemen laboratorium sebagai konsentrasinya.

Tips kuliah di jurusan Pendidikan Biologi

Hallo intipers, penting banget nih kita tahu tips and trik kuliah jurusan pendidikan biologi, terutama buat maba yah, supaya kalian bisa persiapan juga. Di pendidikan biologi, kalian bakal banyak mendapatkan tugas praktikum dan pastinya sangat menyita waktu kalian dalam mengerjakannya bahkan bisa saja sampai gak tidur. Jadi, tips dari aku buat kalian, pertama jangan pernah menunda pekerjaan atau tugas. Kedua, biasakan selalu mencatat apa yang dijelaskan dosen, karena itu selalu muncul ketika ulangan teori. Ketiga, ikuti praktikum dengan benar, supaya ketika ujian praktikum bisa memuaskan, meskipun satu sks tapi penting loh. Keempat, biasakan bergadang mulai dari sekarang biar nanti tidak kaget ketika harus bergadang mengerjakan laporan. Yang paling penting, jangan pernah menunda pekerjaan yah intipers.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek kerja jurusan Pendidikan Biologi

Teman-teman intipers, pastinya bingung dong yah, jurusan pendidikan biologi nanti kerjanya jadi apa sih? Apakah Cuma jadi guru saja? Teman-teman intipers, prospek kerja lulusan pendidikan biologi itu ternyata banyak loh, tidak hanya menjadi guru biologi saja, tapi kalian bisa jadi dosen, jadi laboran, peneliti, bekerja di kedinasan, menjadi ASN di BUMN, dan bahkan bisa juga sebagai pengusaha.

Prospek kerja pendidikan biologi itu sangat luas teman-teman, meskipun basicnya pendidikan yang dipastikan nantinya menjadi guru, tetapi tidak menyurutkan kemungkinan bisa juga merangkap menjadi pengusaha loh, karena di pendidikan biologi juga kita belajar kewirausahaan dan tentunya berhubungan dengan biologi. Seperti menjadi pengusaha yogurt, atau pengusaha sayuran yang sukses, bahkan bisa menjadi menteri pertanian juga loh. Tidak ada yang tidak mungkin teman-teman. Buat kalian yang misalkan tidak mau menjadi guru, tapi kalian terlanjur sudah berada di jurusan pendidikan, kalian tidak usah khawatir yah, jalani aja, karena prospek kerja kedepannya tidak hanya menjadi guru kok. Semangat yah.

Rencana setelah lulus di Pendidikan Biologi

Halo intipers, siapa nih disini yang sama kaya aku, kuliah di jurusan pendidikan tapi tidak ada minat untuk menjadi guru? Kita sama loh, tapi tidak apa-apa yah, jalani saja karena tidak ada yang tahu masa depan seseorang. Rencana aku setelah lulus di pendidikan biologi yaitu melanjutkan studi di biologi murni, mohon doanya yah intipers. Dan aku berencana semoga bisa menjadi dosen atau ASN di kedinasan intipers, amin yah.

 

Kode Konten: C482

Komen dibawah! 1

  1. Imigran sorga

    Mantap

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *