Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri

Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Novi)

Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Novi)

Hallo intipers. Perkenalkan saya Novia Nurhayati saya alumni Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, angkatan 2014. Disini saya ingin membagikan pengalaman saya selama saya berkuliah hingga lulus dan bekerja.

Apa yang dipelajari di Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ?

Ya, yang pasti ilmu tentang kehidupan. Di Pendidikan Biologi gak terlalu dalam belajar biologinya, hanya materi-materi yang akan di ajarkan ke siswa. Hanya saja ada beberapa mata kuliah yang sangat mendalam mempelajari tentang hewan dan tumbuhan, misalnya spesies-spesies tumbuhan dan perkembangbiakan dan pertumbuhan pada hewan dan tumbuhan. Kemudian, ada mata kuliah anatomi dan fisiologi manusia, di dalamnya membahas tentang semua sistem yang ada pada manusia, misalnya sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem reproduksi, sistem imun dan lain sebagainya.

Di Pendidikan Biologi, juga belajar tentang dasar-dasar pendidikan, bagaimana kita menjadi seorang guru, etika dan bagaimana menjadi guru yang baik, serta model-model apa saja yang tepat dalam menyampaikan pembelajaran yang akan disampaikan ke anak didik. Lalu, ada mata kuliah tentang biologi dasar untuk mengetahui tentang organ-organ yang ada pada mamalia, jadi membedah mencit atau marmut, kemudian membedah hewan amfibi untuk mengetahui tentang mata kuliah vertebrata dan invertebrata, yaitu membedah kodok, cicak, dan burung dara. Yang pasti kuliah di pendidikan biologi tidak akan lepas dari praktikum dan laporan praktikum.

Slide5

Apa bedanya dengan Biologi Murni?

Sangat berbeda. Biologi murni jauh lebih mendalam mempelajari biologi dan lebih banyak sekali praktikumnya. Dari gelar kelulusan fakultasnya pun sudah jauh berbeda. Tapi, biasanya juruan biologi ini bisa juga menjadi guru.

Mata Kuliah dan Dosen favorit ?

Mata kuliah favorit pastinya tentang sistem-sistem pada tubuh manusia, mata kuliah anatomi dan fisiologi manusia, karena kita bisa memahami apa saja yang berkerja pada sistem dalam tubuh dan organ kita. Contohnya : tentang sistem pencernaan apa saja organ-organnya, enzim-enzimnya, dan penyakit-penyakit pada organ tersebut. Dosen favorit saya Bu Novita, yap beliau sangat paham tentang seluk beluk tubuh manusia, karena beliau pernah bekerja di bagian forensik.

Mata kuliah yang selanjutnya yaitu bahasa indonesia, karena saya sangat hobi menulis. jadi, saat itu diminta untuk meresensi buku yaitu saya meresensi buku “Layla Majnun” tentang sebuah kisah cinta sejati yang sangat romantis. Dan doen yang saya favoritkan Bu Salamah.

Tips-tips untuk Maba Pendidikan Biologi ?

Intinya, kalian harus menyukai dulu memperlajari tentang kehidupan sehari-hari dan yang berhubungan dengan tubuh kalian, hewan serta tumbuhan. Jangan lupa deadline laporan praktikum yang kadang menghantui, jangan sampai lupa istirahat. Menjadi salah satu bagian dari pendidikan Biologi membuat kita menjadi bersyukur atas kebesaran Tuhan, karena apa yang belum tentu bisa orang lain lihat kita bisa melihatnya, misalnya sel, bakteri dan jaringan-jaringan tentang bantuan mikroskop. Jadi, anak pendidikan biologi itu ASYIKK!! Baca juga artikel saya mengenai Tips Cepat Menyelesaikan Laporan Praktikum. Klik Disini

Ikuti organisasi atau magang yang sesuai dengan yang kita sukai!

Catatan penting untuk mahasiswa, bahwa ikut organisasi, workshop itu sangat penting, agar tidak menjadi mahasiswa yang kuper, atau kurang pergaulan. Karena dapat membantu untuk mencari banyak peluang pekerjaan. Lalu, jangan jadi mahasiswa kupu-kupu artinya sesudah selesai kuliah pulang, itu sangat-sangat kurang afdol buat mahasiswa yang harus banyak memanfaatkan waktu untuk hal yang positif. Selama kita masih memiliki kemampuan untuk mengembangkan potensi untuk hal yang positif kenapa tidak ?

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Prospek kerja yang ditawakan sudah pasti dibeberapa sekolah yang memang terpercaya, misalnyadi tempat yang masih satu aset dengan uin jakarta, salah satunya di Madrasah Pembangunan dan SMA/K Triguna.

Kemudian, di bimbel yang memang sudah terpercaya ada alumni uin jakarta. Tapi, lebih banyak di beberapa sekolah negeri dan swasta yang ada di tanggerang selatan.

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Setelah, lulus awalnya ketika saya pikir saya terjebak di jurusan pendidikan biologi, saya tidak bisa mencapai apa yang saya inginkan. Tapi, harapan saya alhamdulillah, bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Perlahan skripsi saya telah selesai dan tanggung jawab saya telah selesai. Yang saya pikirkan setelah lulus, saya ingin mengejar cita-cita saya untuk menjadi penulis, karena saya sangat suka menulis. Itu, jujur sangat bertolak belakang dengan jurusan yang saya ambil. Tapi, saya tetep berpikir optimis, selain jadi guru saya tetap bisa menjadi penulis dan mengejar apa yang saya inginkan.

Kode Konten: X217

Komen dibawah! 1

  1. Tips Mengerjakan Laporan Praktikum - INTIPKULIAH.COM

    […] Ini adalah sebagaian trik yang saya gunakan untuk mempersingkat waktu dalam mengerjakan laporan praktikum. Ingat ini bukan mengajarkan untuk plagiarism, tapi saya hanya membuat tugas laporan praktikum menjadi jauh lebih mudah, dibanding harus susah payah mencari dasar teori dengan daftar pustaka yang jelas. So, enjoy for tips cepat ini guys, semoga membantu kalian unuk mengerjakan laporan praktikum yang kalian anggap susah, ribet dan banyak aturan. Kalian tidak perlu begadang lagi, kalau kalian menerapkan tips ini untuk mengerjakannya. Semoga membantu. Baca artikel pengalaman kuliahku juga di Jurusan Pendidikan Biologi. Klik disini […]

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *