Pendidikan Biologi

Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu (Dea)

Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu (Dea)

hai intipers. Perkenalkan namaku Desvia Norita Angelina, akrab dipanggil Dea ya sobat. Aku merupakan Mahasiswa semester 7 jurusan Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu angkatan 2017. disini Aku pengen berbagi tentang jurusanku ke kalian semua intipers. langsung aja yuk!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

APA SAJA YA YANG DIPELAJARI DI JURUSAN Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu ?

Secara garis besar Pendidikan Biologi mempelajari tentang Hewan, Lingkungan, Tumbuhan, Manusia yang bersifat ilmiah. Seperti mata pelajaran Biologi yang kita pelajari semasa SMA tetapi lebih detail. Mulai dari Morfologi, Anatomi, Fisiologi hingga Konservasi. Banyak stigma yang salah beredar dimasyarakat salah satunya yaitu Pendidikan Biologi itu belajarnya cuma biologi ya seperti sistem pencernaan, sistem reproduksi, fotosintesis.

promo-web

Kenyataan di lapangan Pendidikan Biologi bukan hanya mempelajari tentang Biologi atau Kehidupan. Juga mempelajari tentang Pendidikan dan IT. Seperti, mempelajari tentang Psikologi Pendidikan yang terfokus pada bagaimana seorang guru dapat membaca karakter atau kondisi sikis peserta didik. Lalu mempelajari tentang Metode mengajar sesuai dengan materi yang akan disampaikan pada pertemuan itu hingga mempelajari tentang penyusunan perangkat ajar yang selalu di bawa oleh guru kedalam kelas. Jurusan pendidikan biologi juga mempelajari tentang IT karena sebagai calon pendidik kita dituntut untuk dapat membuat media ajar sesuai dengan perkembangan zaman yang ada. Maka dari itu jurusan Pendidikan Biolog juga mempelajari tentang IT guna untuk membuat media mengajar dikelas sesuai dengan selera Gen-Z.

MATA KULIAH PALING DIMINATI MAHASISWA Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu

jurusan Pendidikan Biologi dan terdiri atas kelompok mata kuliah Biologi Murni dan Kelompok mata kuliah berbasis pendidikan karena terdapat dua kelompok mata kuliah . kelompok Biologi Murni  terdapat 2 mata kuliah yang Aku diminati yaitu Zoologi Invertebrata dan Ekologi.

Untuk Mata Kuliah Zoologi Invertebrata atau secara garis besar mata kuliah ini mempelajari tentang makhluk hidup dari kelas rendah atau tidak bertulang belakang seperti terumbu karang, protozoa, platyhelmintes atau cacing pipih hingga ubur-ubur. Hal yag membuat mata kuliah ini seru yaitu praktikum lapangannya sobat intipers! Kita akan berangkat ke suatu pulau seperti di Kota Bengkulu terdapat Pulau Tikus, disana kita mencari spesimen makhluk hidup tidak bertulang belakang di dalam laut dengan cara diving. Mengambil tripang, udang, kerang atau keong kemudian mengambil beberapa terumbu karang yang diperbolehkan diambil tentunya. Juga, kita bisa menikmati pemandangan bawah laut yang indah, melihat ikan berenang secara bebas sekaligus mendapatkan pengalaman mengambil spesimen dibawah laut. Kami diminta untuk mengobservasi morfologi dari spesimen kemudian membawa pulang spesimen untuk dibuat awetan basah dari hewan tersebut.

Mata kuliah kedua yaitu Ekologi, mempelajari semua hal yang berhubungan dengan alam seperti teori tentang lingkungan, dampak dari pembangunan yang tidak sesuai aturan dan cara menanggulangi lingkungan yang sudah rusak. Pada matkul ini ada 1 tugas dalam bentuk project yaitu konservasi wilayah dari sampah secara kontinue berbasis kemasyarakatan. Tugas ini menuntut kita mencari suatu wilayah permukiman warga yang terdapat banyak sampah dilingkungan sekitarnya dan pembangunan perumahan tidak sesuai dengan aturan yang tertera. Secara garis besar kami mengedukasi para ibu-ibu untuk memanfaatkan botol plastik sebagai media tanam tomat di lahan yang sempit. Tugas ini jadi berkesan karena dapat kenal dengan orang-orang baru, berbagi ilmu yang kami miliki. Program kami tidak tidak berhenti pada pengedukasian tetapi juga monitoring selama 3 bulan. Saat itu rasa bangga muncul melihat setiap rumah mampu memproduksi tomat sendiri bahkan memasarkannya.

MATA KULIAH PENDIDIKAN

Kemudian, untuk mata kuliah dari kelompok Pendidikan ada 2 mata kuliah favoritku yaitu Media Pembelajaran dan Psikologi Pendidikan. Mata kuliah media pembelajaran mempelajari tentang jenis-jenis media pembelajaran mulai dari konvensional hingga modern. Cara pembuatan media juga sehingga kuliahnya lebih dominan pada praktek. Bentuk dari tugasnya yaitu Rancangan media pembelajaran hingga pembuatan media pembelajaran. Hal yang membuat mata kuliah ini menjadi mata kuliah paling Aku sukai yaitu kita diajarkan banyak softskill yang dapat kita gunakan bukan hanya diranah pendidikan. Seperti mempelajari tentang aplikasi editing yang paling kompleks Photoshop, Adobe Flash, Corel Draw hingga aplikasi yang paling mudah seperti powtoon dan sparkool.

Kemudian mata kuliah kedua yaitu Psikologi Pendidikan. Pada mata kuliah ini kita akan mempelajari tentang psikologi dari peserta didik. Cara mengatasi peserta didik yang memiliki masalah psikologi seperti stress. Kemudian bagaimana membaca kondisi psiokologis peserta didik dikelas dan cara memperlakukan peserta didik sesuai dengan kepribadiannya. Ilmu dari mata kuliah ini bisa diimplementasikan di kehidupan sehari-hari kita seperti cara melihat gerak-gerik orang yang sedang berbohong atau orang yang sedang tertekan secara psikis dan menjadi pendengar yang baik untuk orang lain. Hal itulah yang membuat mata kuliah ini menarik menurutku. Tugas yang diberikan tidak terlalu berat biasanya kita hanya diberikan tugas studi literatur dan praktik secara langsung dengan teman sebaya.

Kegiatan praktikum

TIPS UNTUK MAHASISWA BARU Pendidikan Biologi Universitas Bengkulu

Sebagai mahasiswa Pendidikan Biologi yang sudah menua atau semester akhir. Aku membagikan kalian tips-tips untuk menaklukkan setiap tantangan di jurusan Pendidikan Biologi. Check its out!

  1. Aktif mengikuti Organisasi

Karena kita berkuliah di jurusan Pendidikan yang memaksa kita untuk berinteraksi dengan banyak orang. Bukan hanya dengan peserta didik tetap juga dengan sesama guru hingga wali murid, maka kita sharus memiliki public speaking yang baik dan pulic relation yang luas. Salah satu cara melatih kemampuan public speaking dan public relation kita yaitu dengan aktif mengikuti organisasi. Di dalam organisasi kita akan terbiasa berbicara di depan umum. Secara tidak langsung kita latihan menjalin public relation yang baik lho! Dengan begitu saat kamu praktek mengajar langsung di sekolah kamu tidak akan gugup lagi saat penyampaian materi.

  1. Management Waktu

Menjadi mahasiswa pendidikan dengan fokus IPA membuat kita dituntut untuk dapat membagi waktu kita. Jurusan ini memiliki mata kuliah biologi murni yang memiliki jadwal praktikum yang padat. Juga mata kuliah pendidikan dengan tugas cukup banyak untuk melakukan studi literature. Sehingga tugas yang kita miliki sangat banyak. Sedikit tips untuk kamu yang susah management waktu yaitu gunakan waktu senggangmu untuk mencicil laporan praktikum atau melakukan resume jurnal. Dijamin deh mata panda kamu gak akan muncul.

  1. Rajin membaca Jurnal

Kita dituntut harus memiliki pengetahuan terbaru di dunia Biologi atau penelitian murni. Kita akan memiliki banyak tugas menganalisis dan penelitian kecil sehingga kita harus rajin membaca jurnal penelitian terbaru. Salah satu benefitnya yaitu kita dilirik oleh dosen dan tidak jarang diangkat untuk menjadi asisten dosen lho! Selain itu rajin membaca jurnal penelitian membantu kita saat menyusun Skripsi nantinya.

PROSPEK KERJA PENDIDIKAN BIOLOGI APA SAJA YA?

Lulus dari Pendidikan Biologi prospek paling besar yaitu menjadi tenaga pengajar biologi di jenjang pendidikan SMA selain itu kamu bisa juga bekerja di laboratorium sebagai peneliti dibidang Sains dengan kemampuan dan pengetahuan yang kamu miliki. Jika kamu kurang suka mengajar disekolah kamu bisa juga menjadi guru Bimbel dengan jadwal yang bisa kamu atur sendiri dan bekerja sebagai asisten dosen untuk mengajar adek tingkatmu yang sedang menempuh pendidikan tentunya.

Kode konten: X340

Komen dibawah! 1

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *