Pendidikan Biologi

Pendidikan Biologi Universitas Jambi (Hesti)

Halo sobat intipers! Aku Hesti Eka Novpebriani dari Pendidikan Biologi Universitas Jambi angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Jambi itu seperti apa?

Pendidikan biologi secara umum mempelajari makhluk hidup, tetapi tidak hanya mempelajari biologi saja, tapi juga mempelajari pendidikan dan psikologi anak. Pada bagian pendidikan, nanti akan dipelajari bagaimana merancang media pembelajaran yang baik untuk menarik minat peserta didik belajar, juga akan mempelajari analisis mengenai perangkat pembelajaran.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Materi tentang psikologi anak nanti kita akan mempelajari bagaimana memahami perkembangan peserta didik dan juga nanti akan mempelajari psikologi pendidikan. 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan  Pendidikan Biologi Universitas Jambi?

Alasan memilih pend. Bio sejak smp sudah menargetkan dan sudah punya mimpi untuk masuk di fak. Keguruan dan ilmu pendidikan. Tetapi belum ad aterfikir masuk ke jurusan biologi ini sih, barulah pada SMA itu udah ngerasa cocok dan punya basic di biologi, udah mulai penasaran kehidupan makhluk hidup itu sendiri. Sampai akhirnya ada guru yang nugasin ngasih challenge di kelas, setiap kelas setiap kelompoknya untuk bikin lagu biologi gitu, dan aku semangat banget waktu itu bikin lagu biologi itu, dan Alhamdulillaah mendapatkan nilai paling tinggi. Itusih motivasi aku milih jurusan pendidikan biologi. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau mata kuliah sih banyak banget yang ada di pendidikan biologi dan gak bisa disebutin satu persatu disini ya kak, kalau yang paling identik itu praktikum dan laporan praktikum, paling gak bisa lepas dari jurusan pendidikan biologi. Karena banyak bngt mata kuliah yang berbai praktikum. Kalau dari semester 1-4 itu ada sekitar 13 mata kuliah praktikum. Ada praktikum yang mempelajari tentang kajian hewan dan kajian tumbuhan, contohnya untuk kajian hewan ini, ada struktur hewan, perkembangan hewan, untuk kajian tumbuhan ada struktur tumbuhan, ada perkembangandan peertumbuhan tumbuhan, terus juga nanti di semester 1 dan semester 2 ada praktikum fisika dasar dan kimia dasar. 

Mata kuliah praktikum khususnya di biologi ini, akan belajar praktek secara langsung di lab, yaitu contohnya mengamati organ pada tumbuhan, mengamati preparat, atau membuat preparat.

Slide1

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasi nanti di semester 5, nanti akan ada mata kuliah pilihan untuk penjurusan spesifik dalam penelitian tugas akhir, ada 5 yaitu bagian kejian hewan, kajian tumbuhan, ada kajian lingkungan, lalu ada mikrobiologi, dan yang terakhir ada pendidikan. Kita diharuskan untuk mengambil salah satu ilmu murni biologi dan juga satu lagi ilmu pendidikannya.

Misal untuk semester 5 nya kita mengambil MKP hewan, nah untuk semester 6 nya wajib mengambil MKP Pendidikan, seperti itu kak. Kenapa MKP pendidikan ini menjadi wajib, karena pendidikan biologi ada di fakultas ilmu keguruan dan ilmu pendidikan, bukan fakultas sains dan teknologi. Maka dari itu, MKP Pendidikan wajib diambil. 

Saya berencana untuk mengambil MKP hewan atau MKP biologi, karena keduanya sama-sama menarik. 

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Biologi Universitas Jambi?

Lebih mencintai biologi, kalau di biologi lebih ke nguatin mental dan fisik, karena di biologi ini khususnya praktikum nantinya akan ketemu berbagai jenis hewan, bedah hewan, mengamati morfologi hewan, invertebrata, vertebrata, yang sejenis cicak, kodok, cacing, jangan sampe jijik atau mual aja nanti di laboratorium, terus kalau di biologi juga harus lebih gesit aja sih, dan mampu mengatur atau membagi waktu, karena di pendidikan biologi ini kita sibuk banget, ada kuliah yang harus di urus, belum lagi ada praktikum, ada organisasi,

Banyak acara-acara yang harus dipegang sama mahasiswa jurusan biologi nantinya juga kita bakal jadi panitia. Jangan sampe gak bisa bagi waktu untuk kuliah, praktikum dan kehidupan pribadi. Tips ketiga sih, nantinya di pendidikan biologi sama temen angkatan dan kaka tingkat tuh harus saling solid aja sih dan kompak. Jangan sampai ada hal yang diributin terkait praktikum, karena ada aja tuh praktikum yang mempengaruhi pertemanan. Saling komunikasi sama senior di pendidikan biologi, karena sewaktu kita mencari bahan praktikum, kita butuh mereka untuk informasi. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja biologi banyak sekali, bisa di tenaga pendidik, seperti guru atau dosen. Tapi gak sedikit juga yang buka usaha terkait di bidang biologi. Karena kita di biologi kan belajar banyak banget, belajar bioteknologi, dan juga kewirausahaan, dan belajar juga tentang hewan.

Q&A

  • Bagaimana prospek kerja dari jurusan ini?

Seperti yang telah dijelaskan tadi, prospek kerja yang ada di jurusan ini yaitu bisa menjadi tenaga pendidik, bisa menjadi pebisnis yang bersinggungan dengan biologi, dan masih banyak hal lain. 

Kode konten: C311

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *