Uncategorized

Pendidikan Biologi UNJ (Intan)

Pendidikan Biologi UNJ (Intan)

Halo sobat intipers! Aku Intan Puspita Sari jurusan Pendidikan Biologi UNJ / Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Pendidikan Biologi UNJ itu seperti apa?

Temen-temen pasti udah gak asing banget ya sama pendidikan biologi, itu ada dua unsur kata yaitu pendidikan dan biologi. Biologi ini pasti udah kita pelajari sebelumnya di SMA, bahkan di SMP dan SD pun kita udah tau biologi itu secara umum adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup baik itu hewan, tumbuhan, ataupun manusia.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Secara umum, pendidikan biologi ini merupakan program studi yang dapat menghasilkan tenaga pendidik berkualitas dalam pelajaran biologi, tidak hanya itu, pendidikan biologi mempelajari psikologi peserta didik, ilmu teknologi dan lain-lainnya. 

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Pendidikan Biologi UNJ?

Karena aku emang dari SMA udah suka sama biologi, pernah diajak lomba OSN sama guru, dan aku ngerasa suatu insight aku muncul dna aku mulai menekunkan biologi itu kaya temen sendiri, kaya makanan sendiri, kalau ketemu soal biologi tuh kaya makanan sehari-hari gitu karena emang basicnya aku udah suka, karena kan kalau orang udah suka kan susah dipisahinnya gitu.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas yang pertama itu botani, dimana botani itu adalah ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan. Botani itu ada dua, ada botani kriptogame sama botani pananogram, terus juga kita belajar tentang zoologi, zoologi itu ada dua ada zoologi vertebrata dan invertebrata. Kita juga belajar ekologi, evolusi, dan lain-lainnya.

schooters

Kalau tugas khas nya itu kalau anak biologi tugas laporan praktikum nya tuh banyak. Laporan praktikum itu salah satu tantangan dari program studi biologi ini, jadi bukan serta merta anak biologi murni aja ya yang mendapatkan laporan praktikum, tapi dari mahasiswa pendidikan biologi juga ada. Enggak cuman itu aja, ada juga tugas yang berbau kegiatan lapangan, cuman karena pandemi ini angkatan kita gak ngerasain. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Sebenernya gak ada konsentrasi yang terkhususkan, tapi kita sebagai calon pendidik biologi kita harus menguasai ekologi dan lingkungan, kita juga belajar fisiologi tumbuhan, fisiologi hewan dan manusia, bahkan juga mempelajari mikrobiologi dan genetika. Kalau di UNJ itu terfasilitasi oleh adanya kelompok studi, ada empat kelompok studi yang pecinta tumbuhan, makaka, dan lain sebagainya.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk itu ada tiga yaitu ada SNMPTN yaitu jalur pertama dari nilai akademik dan sertifikat di SMA, kedua yaitu SBMPTN seperti tes tertulis, dan terakhir jalur Mandiri. 

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Biologi UNJ?

Yang pertama, kita sebagai mahasiswa pendidikan biologi tuh gak cuman belajar ilmu biologi nya aja tapi kependdikannya juga karena kita juga akan mengajar anak-anak Indonesia dan kita harus aktif berorganisasi, karena dari organisasi itu dapat memunculkan dan mengembangkan softskill kita, aku rasa mahasiswa baru harus ikut organisasi dengan catatan temen-temen bisa memanajemen waktu

Kita dituntut untuk membagi waktu baik itu akademik, organisasi, ataupun kegiatan-kegiatan kuliah lapangan lainnya. Aku rasain di pendidikan biologi ini banyak yang harus ke luar lapangan dan itu harus memanajemen waktu. 

Ketiga itu rajin membaca jurnal. Membaca jurnal secara gak langsung membantu temen-temen untuk mempelajari biologi karena beberapa dosen juga menyarankan untuk mempelajari jurnal-jurnal. Jadi secara gak langsung buku itu bukan sumber utama tapi lebih diutamakan membaca jurnal bahasa inggris. Secara gak langsung dengan membaca jurnal temen-temen juga bisa memunculkan ide untuk membuat skripsi.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk prospek kerja yang pertama untuk jadi calon pendidik yang profesional baik di tingkat dasar, menengah atau atas yang memiliki kompetensi pedagogikal dan teknologi. Memang rata-rata alumni prospek kerja nya menjadi guru biologi, yang kedua bukan berarti gak cuman jadi guru biologi, tapi temen-temen juga bisa meneliti tentang biologi, kemudian bisa menjadi pengelola laboratorium sekolah, dan yang terakhir bisa menjadi wirausaha, karena kita belajar tentang botani, botani itu adalah ilmu yang mempelajari tumbuhan, nah kan tumbuhan itu kan beraneka ragam, ketika temen-temen punya ide baru tekait tumbuhan itu mau di jadiin apa, nah aku bilang salah satunya jadi wirausaha, misal mempersilangkan bunga yang menjadikan terobosan baru.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Rencana kau setelah lulus tentunya sesuai dengan ranah dan aku tertarik dengan pendidikan, aku ingin menjadi guru biologi di jenjang biologi di jenjang SMA atau SMP, selain itu aku ingin melanjutkan S2 yang linear dengan jurusan aku atau aku ingin mendalami di pendidikannya. 

Kode konten: C378

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *