Pendidikan Biologi

Pendidikan Biologi UNM / Universitas Negeri Makassar (Fajar)

Pendidikan Biologi UNM / Universitas Negeri Makassar (Fajar)

Yoo what’s up teman-teman Intipers. Kenalin  nama saya Fajar Arianto, biasa dipanggil Fajar atau Jar, saya salah satu mahasiswa dari Pendidikan Biologi UNM / Universitas Negeri Makassar (UNM) angkatan 2018. Nah disini saya akan berbagi sedikit pengalaman dan suka duka saya dalam dunia perkuliahan demi mencapai cita-cita heheeh kuy check it out.

Apasih yang Dipelajari di Pendidikan Biologi UNM (Universitas Negeri Makassar)?

Apa yang terbesit dipikiran kalian saat mendengar kata Biologi? praktikum, katak dan laporan? Yup benar sekali! Biologi itu sangat erat kaitannya dengan laporan, praktikum dan katak tentunya. Fyi, di jurusan pendidikan biologi sendiri dominan peminatnya adalah perempuan. Sekitar 90% mahasiswa angkatan saya adalah perempuan dan sisanya adalah laki laki pecinta alam. Alasan saya memilih Pendidikan Biologi adalah memang dari kecil sangat suka ilmu tentang alam apalagi kalau sudah ada yang membelah-belah hewan dan tumbuhannya.

Jurusan pendidikan biologi terfokus untuk melatih kita menjadi seorang Pendidik (Guru). Nah yang bilang jurusan pendidikan biologi hanya pelajari biologi salah besar. Nyatanya jurusan ini kita juga mempelajari matematika, kimia, fisika, bahkan sejarah. Jurusan ini juga sangat identik dengan jadwal praktikum yang sangat padat. Kalian harus percaya kalau semua mahasiswa pendidikan biologi itu semuanya strong dan tahan banting dalam artian begadang, tahan terhadap ceramah asisten pratikum. Tapi percayalah praktikum ini sangat seru apalagi ada sesi foto bersama bareng Asistren-asisten kece heheh.

promo-web

Mata Kuliah dan Dosen Favorit di Pendidikan Biologi UNM?

Nah selama 4 semester, mata kuliah yang sudah dilewati cukup banyak. Misalnya, anatomi tumbuhan, morfologi tumbuhan, fisiologi tumbuhan, perkembangan hewan, struktur hewan, fisiologi hewan dan masih banyak lagi mata kuliah yang erat kaitannya dengan hewan dan tumbuhan. Mata kuliah favorit? Over all sih ssuka semua mata kuliahnya soalnya emang suka biologi dari dulu. Paling suka itu mata kuliah yang membahas full masalah hewan. Zoologi vertebrata dan Zoologi invertebrata, matkul yang menarik bisa mengenal banyak jenis dan macam hewan yang ada di dunia. Praktikum untuk hewan itu sangat menyenangkan guys apalagi liat teman cewe teriak disuruh pegang katak. Dosen pengampunya juga semua baik dan profesional, tapi ada juga sih yang diberi julukan killer.

Kalau Dosen favorit? Tentunya ada dong, namanya kak Eni dan Kak Faqih. Saya panggil kak karena mereka berdua adalah Dosen muda yang kalau ngajar humble banget guys. Metode pembelajaranya dijamin tidak membosankan. Kak Eni ini Dosen mata kuliah Tumbuhan sedangkan Kak Faqih sendiri Dosen mata kuliah Hewan. Dijamin kalau diajar sama dua dosen muda ini pasti mengerti soalnya cara ngajarnya ngalir aja tidak ada tekanan. Paling mengerti cara belajar yang cocok dengan mahasiswa seperti kami hehehe.

Apasih Konsentrasi (kelompok keahlian) Jurusan Pendidikan Biologi?

Untuk Jurusan Pendidikan Biologi sendiri lumayan banyak untuk konsentrasi keahliannya hehehe, adapun sebagai berikut;

  1. Pendidikan dan pembelajaran biologi, biasanya sih untuk mengembangkan ilmu sainstis dan mengembangkan kemampuan untuk mendidik dalam hal ilmu biologi
  2. Ekologi dan klingkungan, maksudnya keahlian ini lebih focus pada lingkungan serta bagaimana kita sebagai mahasiswa biologi memperlakukan lingkungan serta efek timbale baliknya.
  3. Fisiologi tumbuhan , keahlian ini lebih focus pada ilmu pengetahuan tentang tumbuhan terlebih pada fungsi organ organ tubuhnya serta pengorganisasian sistem tubuhnnya. Serta keikut sertaanya dalam terjadinmya semua siklus kehidupan.
  4. Fisiologi hewan dan manusia, pada konsentrasi ini lebih focus pada pola tubuh dan segala sistem yang berlangsung dalam tubuh, terdapat banyak sub materi pada konsentrasi ini terlebih pada, sel, jaringan, sistem organ yang pastinya dibahas mendetail, dari pokok bahasan yang paling sederhana ke yang paling kompleks.
  5. Sistematika hewan dan tumbuhan, maksunya lebih focus pada proses pengklasifikasian tumbuhan dan hewan, yang sebelumnya telah dipelajari dari ciri paling utama hingga keciri paling khusus dari spesiesnya.
  6. Mikrobiologi, pada konsentrasi ini yang menjadi sorotan utama yakni, mikroorganisme serta semua pembelajaran yang erat kaitannya dengan istilah mikroskopis khususnya bakteri, virus, proitozoa dan mahluk mikro lainya.
  7. Genetika, pada konsntrasi ini lebih focus pada bagaimana kita mengetahui macam dan ciri dari penurunan sifat serta mengarah pada pengetahuan mengenai penyakit yang bisa diwariskan dari keturunan terdahulu.

Tips-tips untuk Calon Maba Jurusan Pendidikan Biologi UNM?                       

Biologi itu ilmu yang luas bisa dibilang induknya semua mata pelajaran. Biologi tidak akan pernah lepas kaitanya dengan Hewan dan Tumbuhan. Dalam kehidupan sehari-hari pun kita tidak lepas dari biologi. Misalnya kita biasa menemukan kepompong yang merupakan salah satu tahapan metamorfosis dari kupu-kupu. Biologi juga sangat mudah diakses bahan belajarnya ya alam. Saya pernah diberitahu guru biologi saya pas sma, Biologi itu mudah, kenapa mudah? Karena setiap pertanyaan mengenai biologi semua jawabanya ada dialam. Kalian bisa cari dan explore lebih ilmu yang dari alam sendiri’.

Untuk adik-adik yang ingin mengambil jurusan ini saya sarankan harus banyak menghafal dan baca buku. Pelajari materi biologi pas SMA dan belajar manjemen waktunya dari sekarang. Jurusan pendidikan biologi ini sangat padat jadwalnya baik praktikum maupun jadwal kuliahnya. Apalagi kalu sudah PKL (Praktek Kerja Lapangan). Super duper sibuk dan tidak jarang banyak loh yang jatuh sakit karena kelelahan.

Apakah Organisasi Penting?

Perlu teman- teman ketahui bahwa organisasi merupakan hal yang sangat penting. Kenapa? Karena dengan adanya organisasi kita akan dengan mudah mendapat banyak manfaat baik dari segi kemampuan publicspeaking dan pengalaman yang banyak, berorganisasi juga melatih kita untuk bekerja sama dan menjadi manusia social seutuhnya hehehe, saya hanya anggota biasa dari HIMABIO (Himpunan Mahasiswa Biologi), jika tak mampu aktif dalam keorganisasian maka setidaknya cobalah untuk aktif dalam kepanitiaan, banyak hal yang bisa didapat jika kita  berorganisasi namun tidak sedikit pula sekumpulan orang yang berpendapat kalau organisassi bisa merusak nilai akademik mahasiswa, salah besar!, yang biasanya jadi masalah jika mahasiswa berorganisasi adalah manajemen waktunya yang kurang tepat,seorang yang organisatoris serta akademisi harus pandai dan lihai dalam mengatur waktu. Dan jika berhasil makan kamu akan mendapat point plus semasa kalian kuliah.

Prospek kerja dan Alumni Biasanya Kerja dimana?

Secara keseluruhan alumni biologi biasanya dominan menjadi tenaga pengajar, untuk yang memiliki skill lebih biasanya dia mengabdi dui fakultas yang ia lulusi sedangkan tidak sedikit pula yang keluar kotan dan kembali ke kampoung untuk mengajar, namun perlu diketahui bahwa lulusan Pendidikan biologi ini tidak semata-mata hanya jadi guru atau dosen saja, namun juga bisa jadi laboran, serta bekerja diperusahaan yang membutuhkan tenaga yang ahli dalam hewandan tumbuhan heheh. Dan banyak dari alumni biologi yang merealisasikan ilmu yang ia dapatkan semasa kuliah dengan membuat usaha dan budidaya dengan berbekal ilmu yang ia dapat pas kuliah,

Apasih Harapan dan Rencana Setelah lulus?

Menjadi guru adalah cita-cita saya dari kecil oleh karena itu Sesuai cita-cita saya mungkin kalau saya sudah menyesaikan study, saya akan menjadi tenaga pengajar, . Dan jika beruntung mungkin saya lebih memilih mengabdi di fakultas untuk jadi tenaga pengajar tambahan mengingat sudah banyak tenaga pengajar di jurusan biologi yang sudah tua hehehe, mengingat jaman sekarang sangat susah untuk mendapat pekerjaan tidak terkecuali untuk strata S1, Jadi intinya harus lebih banyak mengmbangkan soft skill sih, selain itu harapannya setelah lulus lebih memperbaiki diri dan lebih belajar lagi karena diatas langit masih ada langit heheeh, mungkin itu cerita yang agak panjang dari saya hehehe semoga menginpirasi dan mendapat ilmu.

Kode Konten: X143

Komen dibawah! 6

  1. farid

    Ganbatte fajar kun

  2. frzazzh

    Hwaiting fajarr👏👏

  3. ayunda

    Semangat fajar 👏👏proud of you😊

  4. aqilahfauziyah

    Woww, thnks infonya kaka’, sangat membantu 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *