Pendidikan Biologi

Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar (Muthiah)

Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar (Muthiah)

Halo intepers. Perkenalkan nama saya Muthi’ah Amaliyah Ahmad. Saya adalah mahasiswi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar dengan program studi yang saya ambil yaitu Pendidikan Biologi. Disini saya akan membagikan pengalaman saya selama kuliah di Jurusan Biologi. Yuk, simak pengalaman saya.

Mata Pelajaran Favorit

Saya mengambil program studi pendidikan biologi (reguler). Di program studi ini, mahasiswa dan mahasiswi diajarkan pengetahuan dasar terlebih dahulu yang berkaitan dengan biologi. Misal, pada semester 1 kita akan mempelajari biologi dasar untuk membangun pengetahuan awal mahasiswa baru sebelum mempelajari materi-materi yang lebih sulit di semester berikutnya. Pada semester 2, mata kuliah yang diajarkan mulai spesifik seperti mata kuliah morfologi tumbuhan dan struktur hewan. Tingkatan pendalaman materi terus meningkat seiring berjalannya semester, pada semester 3 akan ada mata kuliah Anatomi Tumbuhan dan Perkembangan Hewan. Mata kuliah favorit saya selama berkuliah adalah Zoologi Vertebrata karena saya sangat tertarik mempelajari sistem yang terdapat pada tumbuh hewan vertebrata.

Hal yang Menarik di Jurusan Biologi

Biologi adalah salah satu mata pelajaran eksakta yang dalam mempelajarinya pasti membutuhkan praktek. Oleh karena itu, jurusan biologi, FMIPA, UNM juga melakukan praktek. Praktek disini dibagi menjadi 2 berdasarkan tempat pelakasanaannya yaitu praktek di dalam laboratorium dan praktek kuliah lapangan. Banyak pengalaman seru dan menarik, jika kita membicarakan praktikum. Praktikum itu bisa dibilang seru dan menantang.

Slide5

Saya ingin mengambil contoh praktikum Botani Tumbuhan Rendah, sebelum praktikum pastinya kami akan diasistensi terlebih dahulu oleh asisten laboratorium. Kami diminta membawa beberapa bagian tumbuhan untuk diidentifikasi bagian morfologinya. Hal yang menarik disini adalah ketika kami mencari bahan praktikum, terkadang ada beberapa bahan praktikum berupa tanaman yang cukup sulit untuk kami temui di sekitar kampus bahkan di Kota Makassar sendiri. Jika mengalami hal seperti itu, biasanya kami akan keluar daerah untuk mencari bahan praktikum tersebut. Sebut saja ketika kami praktikum unit “Bryophyta dan Pteridophyta” kami mencari bahan praktikum hingga ke Malino yang jaraknya terbilang cukup jauh dari Kota Makassar.

Selain belajar tentang tumbuhan, di Jurusan Biologi juga mempelajari tentang hewan loh. Saya mengambil contoh praktikum Perkembangan Hewan dimana salah satu unit praktikum membahas tentang hewan uji. Hewan uji yang sering kami gunakan sebagai bahan praktikum adalah katak sawah (Rana cancarivora). Seringkali jika laboratorium tidak menyiapkan katak, maka kami akan turun tangan langsung untuk mencari katak. Setelah itu, saat praktikum kami akan membedah katak dan mengidentifikasi organ-organ yang dimilikinya. Setiap selesai melakukan praktikum maka kami akan dibuat untuk membuat laporan praktikum dan laporan tersebut akan dinilai oleh asisten laboratorium yang mendampingi kelompok kami.

Pengalaman PKL

PKL di Jurusan Biologi dimulai pada semester 3 yaitu PKL Botani Tumbuhan Rendah dan Zoologi Invetebrata yang waktu itu dilaksanakan di Pantai Samboang, Kabupaten Bulukumba. PKL tidak kalah serunya dengan praktikum di Laboratorium. Sebelum berangkat ke lokasi PKL angkatan kami terlebih dahulu dibagi menjadi beberapa kelompok. Waktu itu, saya tergabung dalam kelompok 1 bersama dengan 12 teman angkatan saya dari kelas dan program studi yang berbeda tapi masih dalam satu jurusan biologi. Kami mempersiapkan segala alat dan bahan yang diperlukan untuk melaksanakan PKL yang berlangsung selama 3 hari itu. Singkat cerita, saat tiba di daerah Samboang, kami melakukan pencarian spesimen di bukit yang berada tidak jauh dari lokasi tempat kami menginap untuk mencari spesimen yang hidup di darat dan ke pesisir pantai untuk mencari spesimen yang hidup di perairan (laut). Beberapa spesimen yang kami temukan diantaranya kumbang, laba-laba, kaki seribu, bintang ular, landak laut, alga hijau, alga coklat dan sebagainya.

Konsentrasi Keilmuan di Jurusan Biologi

Jurusan Biologi di Universitas Negeri Makassar memiliki 3 program studi diantaranya Pendidikan Biologi (reguler), Pendidikan Biologi ICP (International Class Program) dan Biologi Murni (Sains).  Apa saja perbedaan dari ketiga program studi tersebut? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

  • Pendidikan biologi (reguler), berfokus untuk mendidik mahasiswa dan mahasiswi untuk menjadi seorang tenaga pendidik sehingga pada program studi mahasiswa tidak hanya belajar tentang hal yang berkaitan dengan biologi. Akan tetapi, mahasiswa juga diajarkan bagaimana menjadi seorang tenaga pendidik yang baik dan profesional. Hal ini terlihat dari adanya beberapa mata kuliah yang mengajarkan tentang pendidikan seperti profesi kependidikan, psikologi pendidikan, kurikulum dan pembelajaran, microteching, dan sebagainya. Lulusannya akan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd).
  • Sementara itu, pendidikan biologi ICP (International Class Program) memiliki kemiripan dengan pendidikan biologi (reguler) yaitu mendidik mahasiswa dan mahasiswi untuk menjadi seorang tenaga pendidik yang baik dan profesional. Namun, yang menjadi pembeda dari keduaya adalah pada bahasa pengantar yang digunakan. Sesuai dengan namanya, kelas ICP menggunakan bahasa pengantar perkuliahan yaitu bahasa inggris. Lulusan program studi pendidikan biologi ICP akan mendapatkan gelar Bachelor of Education (B.Ed).
  • Program studi biologi murni memiliki perbedaan tersendiri dan program studi yang lainnya. Karena pada program studi ini mahasiswa akan fokus mempelajari mata kuliah yang berkaitan dengan ilmu biologi (sains). Pada prodi inim mahasiswa akan diajarkan bagaimana menjadi seorang peneliti yang handal di bidang biologi. Untuk lulusan biologi murni akan mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si).

Tips Untuk Mahasiswa Baru

Untuk kalian para mahasiswa baru di Jurusan Biologi, saya punya beberapa tips yang bermanfaat bagi kalian.

  • Belajarlah memanajemen waktu dengan baik, ini tidak hanya berlaku untuk maba Jurusan Biologi tapi berlaku untuk semua jurusan. Materi kuliah khususnya di semester 1 cukup banyak, jadwal praktikum yang padat dan deadline yang hampir bersamaan akan membuatkan kalian kewalahan jika tidak bisa memanajemen waktu dengan baik.
  • Hilangkan rasa takut/jijik terhadap hewan-hewan tertentu. Praktikum di Jurusan Biologi akan membahas tentang hewan dan tumbuhan seperti cacing tanah, dan lintah pada Praktikum Zoologi Invertebrata dan Ular pada Praktikum Zoologi Vertebrata. Sebelum masuk di Laboratorium, biasanya praktikan akan diminta untuk memegang semua bahan praktikum jika tidak mampu memegangnya maka biasanya praktikan tidak akan diizinkan mengikuti praktikum oleh Asisten Laboratorium.
  • Jaga kesehatan. Mengapa harus menjaga kesehatan? karena Jurusan Biologi memiliki banyak kegiatan salah satunya adalah Praktek Kuliah Lapangan (PKL) yang biasanya dilaksanakan di luar kota. Biasanya mahasiswa akan diminta untuk mendaki bukit maupun turun ke laut untuk mencari spesimen yang akan dipraktikumkan. Selain itu, di Jurusan Biologi juga ada “pengkaderan” yang tentunya akan menguji fisik dan mental para mahasiswa baru.
  • Ikuti Organisasi sesuai dengan minat dan bakat. Di Jurusan Biologi, terdapat Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) FMIPA UNM. Dan juga terdapat 3 biro diantaranya LPM BIOMA, MPA Gleocapsa dan Kingdom Lab Art yang siap menjadi wadah bagi kalian yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya.

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Prospek kerja Jurusan Biologi adalah  para alumni dapat menjadi tenaga pendidik setelah menyelesaikan kuliahnya baik itu menjadi guru di sekolah negeri/swasta, tentor di tempat bimbingan belajar, atau bahkan menjadi dosen di kampus negeri/swasta. Selain itu, kita juga dapat menjadi seorang peneliti di bidang biologi.

Rencana dan Harapan Setelah Lulus

Rencana saya setelah lulus kuliah dari Jurusan Biologi, Universitas Negeri Makassar adalah saya ingin mengabdi menjadi seorang guru di daerah asal saya yaitu Polewali Mandar, Sulawesi Barat yang notabene di beberapa sekolah masih kekurangan tenaga pengajar yang profesional. Saya berharap, ilmu yang saya dapatkan selama berkuliah di Universitas Negeri Makassar dapat saya terapkan nantinya ketika saya sudah berada di tengah masyarakat.

Kode Konten: X219

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *