Pendidikan Biologi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan Biologi Untirta (Rani)

Pendidikan Biologi Untirta (Rani)

Hola sobat intipers! Let me introduce myself, yaaa! Aku Rani Mahadika Gumanti. Temen-temen bisa panggil aku Rani. Atau mau panggil sayang juga boleh, wkwkwk. Oiya btw, aku salah satu mahasiswi Jurusan Pendidikan Biologi Untirta / Universitas Sultan Ageng Tirtayasa angkatan 2019. Nah pada kesempatan kali ini, aku mau berbagi cerita dan sedikit pengalamanku selama kuliah di Jurusan Pendidikan Biologi UNTIRTA. Meskipun pengalamanku belum banyak, tapi aku harap sedikit ceritaku ini bisa memberikan gambaran untuk kalian semua tentang kebiologian beserta ilmu keguruannya juga. Kuy disimak!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

‘Katanya’ vs. ‘Nyatanya’! Yuk, Kenalan dengan Jurusan Pendidikan Biologi UNTIRTA!

Apa yang terlintas dalam pikiran kalian saat mendengar istilah “Biologi”? Materinya banyak, hapalan terus, atau nama-nama ilmiah yang bikin lidah keserimpet? Hahaha sepertinya itu semua sudah tidak diragukan lagi kebenarannya. Tapiii, faktanya gak semenakutkan itu kok! Meskipun biologi emang identik dengan materi hapalan yang bejibun, juga penggunaan nama-nama ilmiah yang bikin lidah keseleo, tetapi sebenarnya ini cuma perkara miskonsepsi aja kok. Karena ternyata, biologi itu bukan dihapal ya, melainkan dipahami. Ini gak cuma berlaku untuk biologi aja sobat, tapi juga hampir semua pelajaran yaaa. Selain materinya yang harus kita pahami, kita juga harus membiasakan diri untuk menyebutkan nama spesies makhluk hidup beserta nama ilmiahnya. Ingat! Dibiasakan ya sobat, bukan dihapal. Hehe. Karena sebenarnya, apapun pelajarannya memang jauh lebih baik jika dipahami dibandingkan hanya sekadar dihapal.

Stigma terakhir yang gak kalah populernya dengan stigma-stigma di atas, yaitu asumsi bahwa Biologi itu hapalan, Biologi itu bisa jadi penyelamat kita supaya gak ketemu sama hitung-hitungan kayak Matematika, Fisika, Kimia, dan lain sebagainya. I just wanna say, you’re  big wrong, guys! Karena di Semester 1 kita bakalan ketemu sama Matematika, Fisika, Kimia, dan tentunya Biologi itu sendiri. Hahaha tenang!!! Pembahasannya masih sama dengan sewaktu SMA kok! Oiya salah satu mata kuliah yang membutuhkan skill hitung menghitung, yaitu Genetika, guys!

By the way, berhubung jurusan aku itu pendidikan biologi, dan bukan biologi murni. So, pastinya selain belajar tentang kebiologian, kita juga belajar tentang keguruan dan ilmu pendidikan, lho! Seru banget kan? Sedikit bocoran nih! Di Semester 1 kita bertemu dengan mata kuliah “Landasan Pendidikan”, yang secara umum mempelajari tentang dasar-dasar pendidikan gitu deh. Lanjut di semester 2 ada “Psikologi dan Bimbingan Peserta Didik” yang secara umum membahas tentang bagaimana seorang guru nantinya bisa memahami perkembangan mental dan psikis peserta didik.

schooters

Ritual Seru ala Anak Pendidikan Biologi Untirta!

Jangan ngaku anak Pendidikan Biologi kalo kamu masih asing dengan ritual khas dari jurusan ini! Hahaha kira-kira apa ya? Ada yang tahu? Yups! Praktikum dengan segala perlaprakannya! Ibarat makan sayur asem tanpa garam. Kira-kira begitulah perumpamaan yang tepat untuk menggambarkan Jurusan Pendidikan Biologi yang identik sekali dengan praktikum beserta laporan hasil praktikumnya alias laprak. Di Pendidikan Biologi sendiri, khususnya Pendidikan Biologi UNTIRTA belajarnya emang gak sepenuhnya bergantung sama belajar di kelas aja, sob! Tapi kita juga diajak untuk belajar di laboratorium. Dan yang harus kalian tahu, laboratorium biologi itu ada dua, yakni laboratorium tertutup (ruang lab) dan laboratorium terbuka (alam semesta). Menarik, kan?! Apalagi kalo nanti kita kulap alias kuliah lapangan, pasti bakal seru banget guys!

Kegiatan lapangan membuat perangkap insecta gelap&terang dgn 2 metode beserta pembuatan herbarium

Tips-Tips Kece dari Mantan Maba Teruntuk Calon Maba Pendidikan Biologi UNTIRTA!

Perbedaan kuliah dengan sekolah bikin kita sebagai maba jadi kaget dan harus beradaptasi dengan kebiasaan dan lingkungan baru. But, don’t worry guys, because i wanna give some tips and trick for you, guys! Check this out!

  1. Mulailah dari membiasakan diri dengan hidup teratur, pola hidup yang sehat, serta menjaga kebersihan dan kesehatan diri.
  2. Biasakan diri untuk produktif agar nantinya kita terbaisa dengan jadwal yang padat, tapi juga memiliki visi yang jelas.
  3. Biasakan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan. Kerjakan apa yang bisa dikerjakan saat ini, dan selesaikan apa yang bisa diselesaikan hari ini. Karena apabila kita menunda suatu pekerjaan, maka akan semakin banyak yang harus dikerjakan.
  4. Buatlah table produktif yang berisikan empat hal, yaitu penting dan mendesak, penting tapi tidak mendesak, mendesak tapi tidak penting, serta tidak penting dan tidak mendesak. Dengan begitu, kamu akan tahu yang mana saja yang harus kamu selesaikan lebih dulu, dan yang mana yang bisa kamu tunda sementara.
  5. Beri jeda untuk diri sendiri, seperti refreshing bersama teman-teman msialnya, atau mengerjakan hobi.
  6. Berdoa. Minta agar semuanya dilancarkan oleh Allah SWT. Semangat!!

Prospek Kerja Lulusan Pendidikan Biologi, Check!

Meskipun secara keseluruhan, lulusan Pendidikan Biologi identik dengan prospek kerja ketenagapendidikan, seperti halnya guru dan dosen. Namun perlu kalian ketahui, lulusan Pendidikan Biologi ini tidak semata-mata hanya jadi guru atau dosen saja, namun juga bisa jadi laboran, serta bekerja diperusahaan yang membutuhkan tenaga yang ahli dalam hewan dan tumbuhan. Dan banyak dari alumni biologi yang merealisasikan ilmu yang didapatkan semasa kuliah dengan membuka usaha maupun budidaya dengan berbekal ilmu yang didapat saat masih kuliah.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Planning Setelah Lulus dari Pendidikan Biologi?

Lulus kuliah bukan berarti kita bisa langsung terbebas dari segala beban hidup yang selama ini tiada henti menyerang. Namun justru kelulusan itulah yang membuka gerbang bagi kehidupan yang sebenarnya. Jadi sebenarnya beban hidup itu gak akan pernah berhenti menyerang selama kita masih bernafas dan hidup di dunia, malah semakin dewasa seseorang semakin banyak beban dan tanggung jawab yang harus dipikulnya. Tapi kita tetap harus semangat dan menikmati setiap proses yang terjadi. Karena menurutku, kenikmatan hidup itu justru terletak pada prosesnya, bukan hasilnya. Bagaimana kita terbentur, terbentur, dan terbentur, hingga pada akhirnya barulah kita terbentuk. Ini berlaku untuk kita semua yang sedang menjadi manusia seutuhnya.

Eiya ngomongin soal planning setelah lulus kuliah, tentunya aku mau banget jadi guru. Ini sesuai dengan yang aku cita-citakan sejak kecil. Di samping itu, aku juga memiliki mimpi untuk bisa pergi ke luar negeri dan mengenyam pendidikan di sana. Doakan aku ya, agar aku bisa S2 di Turki, aamiin! Selain itu, aku juga sangat ingin memiliki Rumah Belajar untuk membantu adik-adik kita yang tidak bisa sekolah karena faktor ekonomi. Hehe. Mungkin segitu dulu cerita dari aku. Maaf banget kalo absurd, aku juga pertama kali nih nulis blog, hehe. Kita sama-sama belajar aja yaaa. Ini cerita dari aku, semoga bermanfaat dan semoga bisa menginspirasi sobat intipers di manapun kalian berada! Semangattt kitaaa!

Kode konten: X394

Komen dibawah! 19

  1. Lontar 86

    Semangat ka kuliah online nya sampe taun depan

  2. ciloboi

    mantupss bgttt ka, semangattt terusss

  3. P P E

    Semangat kaka

  4. Nur

    wiih bagus bngt ni ka sharing pengalamannya, bermanfaat sekalii 🙂

  5. Wulan shaum

    semangat ya kuliahnya calon ibu guruu?

  6. selfi maharani

    Makasih kak buat sharing nya 🙂 Aku maba pend biologi untirta 🙂

  7. Mutiara aristawidia

    Kak matkul semester 1 apa aja apa kaya sma biasa?

    • ranimahadika

      Kalo pas aku matkul smt.1 hampir sama kayak waktu SMA, ada bhs indonesia, agama, fisika, kimia, matematika, dan biologi tentunya. Ada pendidikan pancasila jg yg kalo di SMA sih PKN. Cuma bedanya ada tambahan matkul baru yaitu Teknik Laboratorium, Landasan Pendidikan. Hmmm kayanya segitu aja sih, ada 9 mk totalnya. Smngttt!!!!❤️

  8. Laela Amalia Susanti

    Kak mau tanya, matkul jrusan pendidikan biologi apa aja ya?

    • ranimahadika

      banyakkk dik, hmmm… sedikit aku jelasin, kalo di smstr 1 pend.biologi untirta ada matkul biologi umum, kimia dasar, fisika dasar, matematika dasar, bhs indonesia, agama, pendidikan pancasila.. yaa masi sama seperti mapel2 di SMA, namun materinya seperti lebih spesifik lg karna kalo di sma hanya dasar2nya aja, di kuliah seperti lebih ditingkatin lg spesifikasinya jd lebih mendetail dan lebih dikaitkan dgn kasus2 dlm kehidupan sehari2. Trs tambahan yg gaada di sma, ada matkul landasan pendidikan, trs teknik laboratorium. Lanjut di smstr 2 ada biokimia, biologi sel, psikologi pendidikan, strategi pembelajaran biologi, dst. Di smstr 3 ada struktur perkembangan tumbuhan, struktur perkembangan hewan, ekologi umum, asesmen dan evaluasi pembelajaran, literasi ict dan media pembelajaran, kurikulum dan pembelajaran, dst. Jadi intinya yg dipelajari adalah matkul2 mengenai keguruan seperti perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, maupun penilaian pembelajaran, kurikulum, dan biologinya membahas ttg anatomi, morfologi, fisiologi hewan, tumbuhan, bio konservasi, lingkungan, bakteri, virus, sel, dan hal hal yg berkaitan dgn makhluk hidup.
      Semoga menjawab yaa☺️

  9. Anisa DA

    Tetap semangat kak, sukses selalu yaa

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *