Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Biologi UPI (Astrid)

Pendidikan Biologi UPI (Astrid)

Halo intipers, salam kenal! Saya Astrid Junita, mahasiswi jurusan Pendidikan Biologi UPI angkatan 2017. Kali ini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui selama 6 semester di jurusan Pendidikan Biologi. Yuk, simak pengalaman saya!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

“Pendidikan” Biologi? Apa bedanya dengan Biologi?

Pelajaran biologi pasti sudah tidak asing terutama bagi siswa SMA jurusan IPA. Di sekolah, pasti sudah diperkenalkan dasar-dasari Biologi, tapi di kuliah kita akan mengenal lebih dalam. Lalu apa bedanya biologi dengan pendidikan biologi? Sesuai namanya, jurusan pendidikan biologi juga harus memdalami ilmu-ilmu kependidikan, berbeda dengan jurusan biologi yang lebih fokus mendalami ilmu biologi. Untuk dapat menjadi guru, lulusan biologi atau biologi murni perlu mengambil mata kuliah PPG (Pendidikan Profesi Guru) sebelumnya. Jadi, tidak selalu lulusan biologi murni akan menjadi guru ya! Sedangkan lulusan pendidikan biologi kelak diharapkan menjadi seorang tenaga kependidikan. Nyatanya, menjadi guru itu susah loh! Banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi guru. Yah, kamu harus mengalami prosesnya langsung agar paham seberapa sulitnya menjadi guru. Jadi, jangan pernah remehkan guru mu ya!

Serunya jalan-jalan waktu kuliah di Pendidikan Biologi UPI !

Kuliah di Pendidikan Biologi itu variatif banget loh. Kita gak selalu kuliah di kelas aja, ada juga praktikum di laboratorium, dan ada kuliah di lapangannya. Seru banget deh, kita bahas satu-satu ya! Kuliah di kelas biasanya waktu mata kuliah teori, misalnya Biologi Dasar (pada semester 1), dan juga mata kuliah kependidikan seperti Psikologi Pendidikan atau Media Pembelajaran. Lalu untuk mata kuliah yang terfokus pada Biologi, biasanya akan melakukan 2 jenis pembelajaran: teori dan praktikum, misalnya Biosistematika Hewan, Anatomi Tumbuhan, dll. Jadi pembelajaran dilakukan pada 2 jadwal, misalnya Anatomi Tumbuhan Teori pada hari Senin di kelas, dan besoknya Anatomi Tumbuhan Praktikum di lab. Kegiatan praktikum di lab diantaranya menggunakan mikroskop, membedah hewan tertentu untuk mengamati anatominya, membuat awetan makhluk hidup, mengamati bakteri, dan kegiatan seru lainnya. Setelah praktikum, kita harus membuat laporan praktikum yang nantinya akan menjadi keseharian kita.

Tugas menggambar

Selain itu, ada beberapa mata kuliah yang mengharuskan tugas menggambar sebagai kriteria penilaiannya. Tidak harus jago gambar kok! Asalkan gambar itu representatif (dapat mewakili gambaran aslinya). Untuk menjadi guru kita juga perlu skill menggambar supaya bisa membuat siswa lebih paham! Nah, selain menggambar, kuliah di Pendidikan Biologi UPI juga harus kenal dengan ujian ketok. Nantinya kamu akan diberi soal yang harus dijawab dalam waktu tertentu (sekitar 1-2 menit, tapi tidak selalu), setelah 2 menit pengawas akan mengetok papan tulis atau benda lainnya dan berbunyi “TOK” yang artinya waktu habis dan kita harus berganti ke soal berikutnya. Ujian model ketok ini jadi lebih menegangkan bila dilakukan saat ujian praktikum.

schooters

Kuliah lapangan

Selanjutnya yuk kita bahas kuliah lapangan (kulap)! Kuliah di lapangan itu lebih seru dibanding kuliah seperti biasanya. Kita seperti pergi karyawisata ke suatu tempat, misalnya mata kuliah Radiobiologi yang mengadakan kulap ke BATAN, Jakarta (pemilihan lokasi kulap dapat berbeda). Bedanya dengan karya wisata, di lapangan kita tetap harus berkuliah seperti mendokumentasikan hewan/tumbuhan, mengukur dengan alat ukur tertentu (pada mata kuliah ekologi), dan lainnya. Ada banyak hal yang akan kamu dapatkan saat kuliah lapangan, selain belajar materi, pola pikir dan cara pandang kita juga akan berubah! Kita jadi punya mental baru yang lebih kuat dan mandiri. Momen-momen waktu kulap itu yang paling berkesan bagi saya selama perkuliahan. Tugas laporan praktikum, menggambar, dan kegiatan kulap juga berlaku di jurusan Biologi UPI. Terkadang ada jadwal kuliah lapangan yang dilakukan kedua jurusan bersamaan.

Masuk Biologi supaya terhindar dari Fisika?

Sebelumnya, saya sempat menyebutkan tentang mata kuliah Biologi Dasar yang dipelajari di semester 1. Nah selain Biologi Dasar, kita juga masih akan bertemu dengan Fisika, Matematika, dan Kimia yah! Jadi jangan pikir masuk jurusan Biologi tidak akan bertemu lagi dengan Fisika, Matematika ataupun Kimia. Tentunya bidang-bidang ilmu tersebut akan menjadi dasar dan sangat berguna di mata kuliah tingkat selanjutnya. Misalnya pada mata kuliah biokimia, fisiologi, dan lainnya. Tapi tenang, kita hanya mempelajari itu pada semester awal saja kok.

Konsentrasi Keilmuan di Pendidikan Biologi UPI

Sebenarnya, belum ada konsentrasi keilmuan atau pemfokusan bidang keilmuan di Pendidikan Biologi UPI. Hanya saja, jurusan Pendidikan Biologi dan Biologi UPI berada dalam satu naungan departemen, yaitu Departemen Pendidikan Biologi UPI. Untuk perbedaan kedua jurusan tersebut telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa jurusan Biologi akan lebih terfokuskan pada ilmu-ilmu Biologi, sedangkan jurusan Pendidikan Biologi akan mempelajari ilmu kependidikan. Lalu untuk gelar lulusan Pendidikan Biologi adalah S.Pd. (Sarjana Pendidikan) dan gelar lulusan Biologi adalah S.Si. (Sarjana Sains). Umumnya, mahasiswa pendidikan biologi dididik menjadi tenaga kependidikan biologi yang baik, dan mahasiswa biologi diajarkan menjadi seorang peneliti biologi yang handal.

Tips untuk Mahasiswa Baru : Jadikan kuliah seperti “menaiki wahana”

Sedari maba dan mengenal dunia perkuliahan, saya punya anggapan kuliah seperti taman hiburan (simple nya seperti Dufan). Di taman hiburan, ada banyak sekali wahana yang bisa kamu naiki. Dalam waktu yang ditentukan, kamu pasti mau menaiki wahana sebanyak-banyaknya bukan? Bagi saya, seperti itulah kuliah. Ada banyak “wahana” atau kegiatan kampus yang bisa saya coba dalam kurun waktu 4 tahun ini. Himpunan mahasiswa, BEM fakultas, BEM universitas, UKM (semacam ekstrakulikuler di sekolah), program beasiswa, PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), dan banyak lagi. Banyak berbagai kepanitiaan acara yang bisa kamu ikuti. Dari setiap “wahana” yang kamu naiki itu, akan selalu ada pengalaman baik yang kamu dapatkan. Jadi isilah masa kuliah mu dengan banyak kegiatan yang bermanfaat. Kamu perlu diasah supaya kamu menemukan talenta terpendam dalam diri kamu. Break the limit!

Tantangan di Pendidikan Biologi UPI?

Tantangan terbesar bagi saya adalah membagi waktu antara kegiatan yang dipilih dengan padatnya jadwal kuliah beserta tugas yang membeludak. Selain itu, ada juga beberapa materi yang membutuhkan waktu untuk dapat dimengerti. Kalau cuma dihapalkan pasti terlalu banyak, ga memungkinkan. Dengan memahaminya, kita ga cepat melupakan materi itu dan bermacam tipe soal pun bisa dihadapi 🙂 Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi  tantangan di jurusan ini salah satunya, perkuat dasar biologi kamu selama di sekolah! Hal itu akan sangat membantu kita menghadapi beragam mata kuliah. Selain itu, jangan lupakan konsep dasar matematika, fisika, dan kimia karena akan masih digunakan selama perkuliahan. Untuk belajar membagi waktu, kamu dapat membuat urutan prioritas dalam bentuk list, supaya tidak kelupaan juga!

Kuliah lapangan Ekologi di pantai Cijeruk, Sancang Garut

Prospek Kerja Pendidikan Biologi UPI selalu guru kah?

Tidak selalu lulusan Pendidikan Biologi UPI menjadi guru. Kita tentu tau ada banyak karir orang-orang yang tidak sesuai dengan jurusannya. Lulusan pendidikan biologi sudah memiliki basic untuk mengajar dengan baik, jadi hal ini akan lebih memudahkan ketika diharuskan menjadi seorang tenaga kependidikan (guru/dosen). Selain dasar-dasar mengajar, lulusan pendidikan biologi juga memiliki basic untuk melakukan penelitian biologi karena selama perkuliahannya terus bergelut dengan bidang biologi dan pekerjaan di lab. Jadi membuka peluang juga untuk menjadi seorang peneliti. Lalu, bagi beberapa orang dasar kependidikan justru dikembangkan menjadi skill komunikasi dan berhadapan dengan banyak orang. Hal ini menjadikan lulusan pendidikan biologi juga berpeluang untuk menjadi seorang komunikator yang baik. Banyak juga lulusan pendidikan biologi UPI yang bekerja di instansi pemerintahan, lalu ada pula yang menjadi wirausaha. Saat perkuliahan, terdapat mata kuliah Bio Enterpreneur yang mengajarkan kita bagaimana berwirausaha di bidang biologi.

Kode Konten: X295

astridjntp
Halo! Aku lahir di Bandung, 4 Juni 2000. Semua orang pasti punya kesukaannya masing-masing kan? Kesukaanku adalah mengenal segala hal-hal baru! Yap, suasana baru, orang-orang baru, pengalaman baru? Aku juga senang berbagi pengalaman dengan orang lain! Jadi, jangan sungkan untuk bertanya ya?

Komen dibawah! 4

  1. andininugraha389gmail-com

    bagaimana cara mendapatkan beasiswa disini?

  2. Tia

    Apa bisa jurusan ini bisa berguna untuk saya yang lemah matematika sama fisika dan kimia? Apa bisa jika saya bergabung tetapi blm semampunya menguasai dasar

  3. Athiya Rahma Ramadhania

    Apa bisa saya gabung di pendidikan biological tp saya lemah fisika, kimia,dan matematika? Saya juga belum terlalu memahami biological dasar…

  4. SENJA PRAWIRA

    Hai kak, saya mau bertanya, biasa nya kalau kuliah di pendidikan biologi itu, kita mulai terfokus ke jurusan nya mulai semester berapa ya kak?. Kaan, kalau semester 1 itu masih membahas materi” dasar, seperti matematika dasar, biologi dasar, fisika dasar, dan kimia dasar.
    Terimakasih kak???⭐

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *