Pendidikan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Jakarta (Nurul)

Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Jakarta (Nurul)

Halo sobat intipers! Aku Nurul Khasanah dari Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Jakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Jakarta seperti apa?

Pendidikan bisni biasanya orang-orang kira sama dengan guru ekonomi, padahal beda, kalo pendidikan bisnis untuk di SMK tertentu.  

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Jakarta?

Pertama saya masuk lewat jalur SBMPTN dan pilihan kedua. Saya dari SMA IPS jadi saya memilih pendidikan bisnis sebagai pilihan kedua, Alhamdulillah aku lolos.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya hampir mirip sama prodi manajemen, kita belajar manajemen strategis, manajemen pemasaran, manajemen keuangan bahkan akuntansi, public relation, bahasa inggris bisnis, komunikasi bisnis, bedanya kita ada evaluasi pendidikan, kajian kurikulum, stategi belajar, dan perencanaan pengajaran untuk ke SMK pemasarannya, karena prospeknya juga kesana. Jumlah SKS nya ada 146 SKS bisa di cek di websitenya fe.unj.ac.id.

Untuk tugas yang khas ada namanya praktk kewirausahaan, kerennya kalo di FE ada mini marker, cafenya gitu dan coffee shopnya, pada saat sebelum pandemi, di mata kuliah praktik kewirausahan kita diminta untuk menjaga dan menjual produk yang ada di mini market tersebut dan di coffee shop, sekarang digantikan jadi online shopping, kalo gagal ga apa-apa karena kita evaluasi bareng, mungkin promosinya salah atau desainnya kurang menarik. Kita udah online, saya kerja sama dengan UMKM dari warung buah segar untuk meningkatkan penjualan mereka, Alhamdulillah dari segi promosi, marketing, desain menarik di IG, itu sangat membantu, malah mereka meminta kita bekerja sama dengan Go food, GoJek dan lain sebagainya, untuk pembayaran lewat dana, ovo.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ga ada, cuma skrispsinya boleh milih, ada bisnis digital, pemasaran, manajemen keuanagna, pendidikan bisnisnya juga ada. Karena konsentrasinya ga ada, kemarin di tahun 2020 diresmikan prodi baru namanya bisnis digital, jadi itu masih sama kaya pendidikan bisnis, gelarnya juga beda kalo kita S.Pd. kalo bisnis digital itu S.M. atau Sarjana Manajemen.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Hampir sama seperti di universitas lain ada SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri. Cuman saya punya temen juga ada dari beasiswa afirmasi dari Kemendikbud. Untuk SNMPTN itu mengikuti alur dari sekolah, kalo SBMPTN kita biasanya udah di kasih tau tanggal-tanggalnya.

Jalur mandiri ada jalur prestasi dan tes tulis untuk S1 dan D3, prestasi bisa dari bidang saintek, soshum, seni dan sastra, bidang olahraga, ataupun musabaqah seperti lomba membaca Al-Qur’an, hafidz Qur’an. Untuk beasiswa afirmasi sendiri ada 4 jenis, ada bagi putra 3T, ada untuk Papua dan Papua barat, terus ada untuk putra Papua yang telah mengikuti afirmasi pendidikan menengah, jadi pas SMA nya udah dapat beasiswa dan mau melanjutkan ke kuliah itu bisa, untuk beasiswa anak TKI dan Putra Papua dan Papua Barat yang mendaftar secara mandiri. Beasiswa afirmasi ini bisa dilihat lengkapnya di adik.kemendikbud.go.id. untuk mandiri UNJ penmaba.unj.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Bisnis Universitas Negeri Jakarta?

Mungkin dari mahasiswa baru ada ketakutan kalo mau masuk pendidikan bisnis harus bisa public speaking, ini akan menjadi pembelajaran dan tantangan untuk kita, karena memang kita dituntut untuk bisa berkomunikasi, kita mempelajari komunikasi bisnis dan komunikasi bahasa inggris bisnis. Cara mengatasinya sama temen ngobrol atau ikut organisasi yang akhirnya kita bisa ngobrol dan PD berbicara atau bertutur kata yang baik di depan umum. Kalo misalnya untuk tipsnya kalo ada tugas jangan ditunda-tunda, karena banyak banget yang menunda pekerjaan dan akhirnya tertumpuk, sedangkan prodi kita itu lumayan banyak juga.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya bisa jadi guru SMK tataniaga atau pemasaran, bisa juga jadi dosen, ada yang jadi pegawai bank, entrepreneur, bisa di bidang keuangan perusahaan-perusahaan, sebagai tenaga profesi atau trainer atau konsultan bisnis, atau peneliti dalam bidang pendidikan, jadi masih banyak pekerjaan lain.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencana saya setelah S1, mau bekerja dulu, lalu melanjutkan S2. Harapannya bisa terus berkarya karena kita itu agen perubahan bukan rebahan. Jadi bisa tetap berprestasi dimanapun kita berada.

Q&A

  • Untuk komunikasi bisnis biasanya materi apa saja yang dipelajari?

Jawaban: kita belajar dari komunikasi verbal dan non verbal. Dari komunikasi verbal sepert berbicara di depan umum. Kkalau omunikasi non verbal kita praktek bisa dari gaya, ekspresi wajah, gestur tubuh, berbicara di depan umum dengan tersenyum, akhirnya menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk kita. Biasanya kita langsung praktek di depan kelas pada saat dulu sebelum pandemi. Komunikasi bisnis ini dipelajari di semester 4.

Kode konten: C609

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *