Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bisnis UPI (Rayna)

Pendidikan Bisnis UPI (Rayna)

Hai! Nama saya Rayna dari jurusan Pendidikan Bisnis UPI angkatan 2018. Pada kesempatan kali ini aku mau sharing mengenai pengalaman kuliahku. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Bisnis UPI?

Mahasiswa bisnis itu sering bilang “apa-apa dibisnisin” sama orang lain, padahal ya kalau ada kesempatan sih kenapa enggak dimanfaatkan gitu dan padahal kita mah santai aja gitu.

unisa

Nah, ada dua kata ya Pendidikan dan Bisnis. Kalau dari segi Bisnis ya sama aja kaya jurusan bisnis lainnya yang belajar cara mengelola dan membangun bisnis yang baik, hal apa aja yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis. Karena ada kata pendidikannya jadi ada mata kuliah kependidikan, sehubungan kita juga dipersiapin jadi tenaga pendidik.

Ada 8 konsentrasi, emang banyak ya tapi itu gak selalu dibuka semuanya tiap angkatan itu karena menyesuaikan dengan minat mahasiswa. Konsentrasi ini bisa dipilih di semester 5.

  1. KWU
  2. Fintech itu financial technology yang fokus belajar tentang sistem keuangan, informasi keuangan berbasis teknologi
  3. Manajemen penasaran kita belajar tentang langkah-langkah dalam memasarkan produk perusahaan
  4. Digital marketing sama kaya manajemen pemasaran cuma fokusnya di media digital kaya sosmed, dan belajar komunikasi pemasaran di dunia digital
  5. Bisnis retail
  6. Bisnis digital
  7. Pendidikan bisnis digital
  8. MSDM itu belajar tentang mengelola sumber daya manusia di perusahaan mulai dari kepemimpinan, perilaku, budayanya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Tugas kuliahnya kaya gimana?

Tugasnya paling kaya sering disuruh kunjungan atau observasi ke perusahaan atau wawancara pengusaha gitu, dikaitkan dengan teori yang dipelajari di kelas terus bikin laporannya.

pmb2-min

Apa mata kuliah di Pendidikan Bisnis UPI dan dosen favorit aku?

Mata kuliah favorit aku itu yang fokus ke pengelolaan organisasi bisnis kaya pengelolaan sumber daya manusia. Kalau dosen yang punya kesan tersendiri itu Bu Lena karena dosen cewe tapi bener-bener tegas, selain ngajar materi kita juga diajarin manner yang baik terus punya banyak banget metode mengajar bahkan sampek gak petembak gitu.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Kita dituntut untuk menjadi kreatif dan bisa membaca peluang yang ada, karena bisnis itu kan bener-bener ngikutin perkembangan, kaya hari ini ada yang baru dan besok udah ada yang baru lagi, makanya kita dituntut untuk kreatif dan bisa baca peluang.

Prospek kerja Pendidikan Bisnis UPI  / alumni kerja dimana aja?

Kita dilatih buat mandiri dan membangun lapangan pekerjaan sendiri, jadi mindset yang dibangun itu bukan setelah lulus mau kerja dimana tapi membangun lapangan pekerjaan untuk orang lain. Banyak alumni yang jadi wirausahawan, sebenernya mereka itu udah ngerintis sejak mahasiswa yang mulai dari kecil-kecilan sampai sekarang jadi gede. Di industri juga ada, biasanya di bagian keuangan, marketing, pengelolaan sumber daya kaya hrd. Kalau mau jadi guru juga bisa, biasannya di guru SMK.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Jadi aku itu dulu gak bener-bener minat masuk jurusan ini karena mikirnya kalau mau bisnis ya tinggal bisnis aja ngapain kuliah, tapi ternyata pikiran aku terbuka gitu setelah masuk jurusan ini, aku dituntut untuk kreatif dan lama-lama jadi terlatih. Apalagi kalau temen-temen maba tertarik buat bisnis, ilmunya bisa diterapin langsung.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Lulus tepat waktu, pengen ngerintis bisnis. Setelah lulus aku pengen nerusin di bidang hukum bisnis atau bisnis syariah.

Kode Konten: Y200

Komen dibawah! 54

  1. siti

    Teteh, aku baru jd maba taun ini. Kalau mau nanya lebih jauh tentang jurusannya boleh minta kontak ig, twt, atau line teteh ga? Makasih sebelumnya

  2. L

    kaka dulu masuk sini jalur snm, sbm atau mandiri ya. dan rata rata nilai rapotnya berapa?

  3. Yacobus Hutabarat

    Hallo Kak saya mau bertanya..apakah ambil Pendidikan hanya Sebatas menjadi Guru?Terimakasih kak

    • raynafiona

      Hai, salam kenal ya:)
      Untuk jurusan pendidikan memang diarahkan lulusannya untuk menjadi tenaga pendidik/guru karena di dalam perkuliahannya akan dipelajari beberapa mata kuliah yang menunjang untuk menjadi guru. Cuma ga harus selalu jadi guru kok, jurusan pendidikan juga masih bisa bekerja di perusahaan atau badan yang bersifat non pendidikan. Untuk menjadi guru pun sebenarnya tidak bisa langsung setelah S1 lalu jadi guru, tetapi ada pendidikan lanjutannya baru bisa jadi guru:)

  4. Alfira

    Kk mau nanya kalau mau masuk k pendidikan bisnis ini d liat dari mata pelajaran apa y…terus juga kk masuk lwt apa SNMPTN,SBMPTN ,atau mandiri

    • Mia

      Tth mau nanya kalo kita mau ngambil jurusan manajemen di upi,setelah lulus apa jadi guru? Atu masih bisa kerja di perkantoran

      • raynafiona

        Hai Mia,
        Kalau untuk jurusan manajemen itu output lulusannya memang dipersiapkan untuk bekerja di perusahaan ya, bukan untuk menjadi guru. Kalau jurusan pendidikan bisnis outputnya bisa lanjut untuk pendidikan jadi guru atau bisa juga untuk bekerja di perusahaan. Semangat:)

    • raynafiona

      Halo Alfira!
      Aku dulu masuk jurusan ini lewat jalur SNMPTN yaa. Tapi sejujurnya untuk jurusan ini aku juga kurang tahu dilihatnya dari mata pelajaran apa aja kalau untuk SNMPTN. Jurusan ini sebenernya masuk rumpun jurusan soshum, cuma aku yang SMAnya jurusan IPA juga keterima kok di jurusan ini. Jadi persiapkan saja nilai yang terbaik di semua mata pelajarannya ya!:)

  5. Yacobus Hutabarat

    Maaf kak mau nanya sekali lagi:)
    Btw kak,.Peluang kerja Pendidikan bisnis apa ya kak☺?

    • raynafiona

      Untuk prospek kerja dari jurusan Pendidikan Bisnis ini banyak banget, karena kita basicnya belajar bisnis, kita bisa buka usaha sendiri, juga karena kita basicnya pendidikan kita bisa jadi guru sekolah di mata pelajaran seputar bisnis. Tapi kalau kita mau kerja di perusahaan pun masih bisa masuk ke berbagai bidang, karena kita belajar pemasaran, keuangan, manajemen sumber daya manusia, jadi kalau ke perusahaan kita bisa kerja di bidang marketing, finance, ataupun HRD:)

  6. Friscka

    Kak, aku mau tau info biayanya dari mulai daftar sampai lulus ?

  7. raynafiona

    Halo Friscka, salam kenal ya:)
    Untuk biaya kuliah, dari pendaftaran itu tidak dikenakan biaya sama sekali. Paling kalaupun harus keluar dana itu untuk print berkas pendaftaran punya sendiri sebelum dikumpulkan ke pihak kampus. Biasanya saat daftar ulang suka ada galang dana untuk infaq ke masjid UPI dan itu sifatnya sukarela (dibawah 50rb juga gapapa). Terus untuk biaya per semester atau UKT itu tiap mahasiswa beda2 nominalnya, ditentukan berdasarkan gaji orang tua. Ini kalau ga salah terbagi ke 6 golongan, golongan 1 itu di 1.000.000, golongan 6 itu sekitar 6.500.000 (ini bisa di cek lagi di web resmi UPI ya, takutnya nominal yang aku cantumin salah, tapi kurang lebih segitu). Udah deh selebihnya kita tinggal kuliah aja. Paling selama perkuliahan kita harus beli buku paket untuk penunjang mata kuliah (ini bisa pinjem di perpustakaan atau pinjem ke kakak tingkat supaya ga beli). Oiya, nanti itu bakal ada yang namanya kaderisasi jurusan yang bakal dilaksanain di semester awal, nah biasanya di kegiatan ini harus keluar dana sebesar 100-300rb. Terus di semester 3/4 itu nanti bakal ada kunjungan industri, biayanya tergantung tempat yang bakal dikunjungi. Kalau aku pas itu keluar dana sekitar 300rb. Terus di semester 6/7 itu bakal ada kunjungan ke lapangan lagi, dan biasanya suka ke Bali, untuk biayanya kurang lebih 1-2juta (tergantung kebutuhan) tapi biasanya suka diadain sistem tabungan buat bayar ini. Selebihnya paling biaya-biaya yang disesuaikan sama kebutuhan sendiri sih, kaya misalnya nanti bakal ada praktik mengajar di sekolah (PPL), terus KKN, terus juga skripsi. Kurang lebih seperti itu ya untuk biaya dari awal sampai lulus:)

    • Fitri

      Kak aku mau nanya,kak aku kan masih coba coba buat ikut seleksi tes jalur SN nah aku denger2 kalo untuk milih jurusan jangan yang high takut peluang nya dikit sedangkan aku pengen masuk jurusan manajemen bisnis
      ,menurut kaka gimana nih?

      • raynafiona

        Kalau menurutku jurusan pendidikan bisnis ini bukan jurusan yang high gitu kok, masih di tingkat menengah, kalau kamu merasa yakin sama nilai kamu, boleh dicoba aja ya daftar ke jurusan ini, semangat;)

  8. Yacobus Hutabarat

    Terimakasih kak..saya Maba kak,Pendidikan Bisnis dari Unimed☺

  9. biw

    hallo kak mau tanya, kalau nanti untuk gelar sarjananya berarti ada pendidikannya ya?

  10. Delpiana

    Hallo kak,mau bertanya nih klo jurusan manajemen bisnis itu gmpang atau susah,terus ada penugasan pembuatan skripsi ga kk dalm jurusan itu

    • raynafiona

      Haii, hmm gampang atau susah itu relatif sih ya haha. Cuma kalau menurutku sih ini termasuk jurusan yang gampang karena sumber ilmunya banyak. Iya, kita ada penugasan untuk buat skripsi juga:)

  11. Pitri

    Kak dulu kakak sekolahnya di sma mana kak? kalau dari sma ipa ikut snm jurusan bisnis peluangnya gimana kak?

    • raynafiona

      Halo Pitri, aku dulu sekolahnya di SMA Negeri 1 Bandung, aku juga dulu anak ipa kok. Peluangnya kalau menurutku sama besarnya walaupun ini jurusan rumpun soshum soalnya temenku juga banyak yang dari jurusan ipa tapi keterima jalur snm di jurusan ini. Semangat;)

  12. Pitri

    Oh iya kak terimakasih, aku bingung kak mau dftar snm. Kata bk kalo ambil jurusan soshum peluangnya kecil soalnya aku dri IPA, padahal aku mau ngambil pendidikan bisnis-upi. Gimana ya kak?? Btw temen kakak ada yg lolos snm jurusan ini dari tasikmalaya gak kak?

    • raynafiona

      Kalau kamu yakin untuk pilih jurusan ini boleh dicoba aja untuk masukin jurusan ini ke pilihan kamu. Tapi emang sih kalau pilih ke jurusan ipa jauh lebih besar peluang keterimanya. Ada kok temen aku ada yang dari tasikmalaya yang keterima di jurusan ini lewat jalur snmptn

  13. raynafiona

    Kalau kamu yakin untuk pilih jurusan ini boleh dicoba aja untuk masukin jurusan ini ke pilihan kamu. Tapi emang sih kalau pilih ke jurusan ipa jauh lebih besar peluang keterimanya. Ada kok temen aku ada yang dari tasikmalaya yang keterima di jurusan ini lewat jalur snmptn

  14. Pitri

    oh iya nanti aku pikir-pikir lagi kak, sebelumnya makasih banyak ya kak udh ngasih saran. kalo boleh tau username ig kakak apa yaa?

  15. Iim Rohimah

    Hallo kak, aku kan SMK ya trs jurusan nya juga RPL apa bisa masuk pendidikan bisnis UPI lewat jalur sbmptn??

  16. Azka

    Kak kalau kakak sekolahnya smk atau sma

  17. Nanda

    Ka kalo prospek kerjanya bisa kerja di industri gitu ga ka?

  18. Ervira

    Bismillah ka,kalau pendidikan manajemen bisnis ini, tugas akhirnya selalu ngajar jadi guru (PPL) seperti di sekolah gitu?

  19. khaysha

    hai ka! aku mau nanya, aku liat di web kalau upi ada di bbrapa daerah seperti serang dan cibiru. untuk upi yang ada di cibiru itu apa ada semua jurusan? kalau untuk jurusan kaka ini, itu ada di daerah mana? terimakasih.

    • raynafiona

      Halo Khaysha, untuk yang kampus daerah seperti di Cibiru, Serang, Tasikmalaya itu hanya jurusan-jurusan tertentu saja yaa. Kalau semua jurusan yang banyak itu cuma ada di kampus UPI Bumi Siliwangi yang ada di Bandung:)

  20. Heluwa

    Hallo kak! aku mau tanya, kan aku daftar jurusan ini sebagai pilihan ke dua untuk jalur SNMPTN ,nah pilihan pertama nya manajemen bisnis. rata rata nilai rapor aku 85,6 . Kira kira kak menurut kakak peluang aku untuk kuliah di UPI besar ga kak? di SMA aku jurusan IPS kak. tolong jawab ya kak:)

  21. Heluwa

    Boleh minta uname IG kakak?

  22. camelia

    hello ka, kalau jurusan pendidikan bisnis kalau ppl hanya boleh di sekolah ya? tika boleh di perusahaan?

  23. Sofam

    Hallo kak, ijin bertanya?
    Kan aku jurusan IPA, kalo mau ke pendidikan bisnis lewat sbm berarti nanti test nya pel soshum ya?

  24. Rara

    Kak aku mau nanya, aku kan mau masuk UPI lewat SNMPTN tapi ga ada alumni disana, kira kira peluang keterimanya segimana kak?

  25. Nina

    Hallo ka, mau nanya kan aku itu masuk smk ngambil jurusan TKJ, terus niatnya aku pengen masuk kuliah jurusan pendidikan bisnis ini, kira kira bisa ga kak? terus klo misal masuknya lewat sbm itu ambil soshum atau saintek ya?

  26. rafli rizkya

    kaa mau nanya, kalo nanti ppl pendidikan bisnisnyaa itu kaya gimanaa yaa?

    • raynafiona

      Halo Rafli. Untuk PPL Pendidikan Bisnis itu biasanya nanti kita praktik ngajar di SMK. Untuk mata pelajaran yang akan kita ajarkan nanti yang menentukan itu sekolahnya, misalnya mata pelajaran kewirausahaan.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *