Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada

Pendidikan Dokter Gigi UGM (Marshalva)

Pendidikan Dokter Gigi UGM (Marshalva)

Halo sobat intipers! Marshalva Dean Putri Ambarsari Jurusan Pendidikan Dokter Gigi UGM angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Pendidikan Dokter Gigi UGM itu seperti apa?

Secara garis besar, kedokteran gigi ini mempelajari tentang kesehatan gigi dan mulut manusia, termasuk menangani dan mengobati permasalahan yang ada di gigi dan mulut.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Tapi sebenernya kan dokter gigi itu singkatan dari dokter, engeneriing, sama artsy, selain kita mempelajari kesehatan gigi dan mulut sebagai seorang dokter, kita ini juga mempelajari tentang estetikan gigi dan mulut. Jadi ada sisi arsitek, seniman dalam kedokteran gigi.

Mitos dan stigma di Jurusan Pendidikan Dokter Gigi UGM?

Mungkin sering dibandingin sama FK ya, karena sistem belajarnya juga sama yaitu blok ya, dan masa perkuliahannya juga mirip, ada fase preklinik 4 tahun, dan fase koas ada selama 2 tahun. Terus orang banyak yang bilang masuk FKG aja lebih gampang, padahal sebenernya semua ilmu punya kesulitannya masing-masing.

Tapi aku paham sih orang awam berpikiran seperti itu, karena dokter gigi itu cuman belajar gigi dan mulut aja, sedangkan anak FK belajar seluruh tubuh padahal kita mahasiswa FKG belajar seluruh tubuh, karena kan tubuh ini kesatuan, jadi belajar semuanya.

pmb2-min

Terus juga stigma nya sih seringnya nganggep aku udah kuliah spesialis, dikiranya dokter gigi itu salah satu spesialisasi dari dokter umum, padahal beda. Kita di dokter gigi sendiri punya spesialis nya masing-masing lagi, ada spesialis ortho untuk pasang behel, terus spesialis proso untuk gigi palsu, terus ada spesialis bedah mulut, dan lain-lain.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Pendidikan Dokter Gigi UGM?

Sebenernya emang cita-cita dari kecil ingin jadi dokter. Ingin bermanfaat bagi orang lain, padahal semua pekerjaan juga bisa bermanfaat untuk orang lain, tapi gatau ya dulu masih kecil idealisnya seperti itu. Pikiran itu kebawa aja sampai aku SMA, waktu angkatan aku pas 2019 itu, kita dapet nilai UTBK dulu baru milih jurusan yang mau kita masuk, aku beruntung sih. Waktu aku dapet nilai UTBK aku, aku kurang pede sih buat ambil FK yang aku pengenin, kayanya aku gak nyampe, karena aku pengen katerimanya di SBMPTN aja, gak mau di mandiri.

Terus dari situ aku cari-cari jurusan yang ada di rumpun kesehatan, dan banyak hafalannya dibanding hitungannya, dan aku waktu itu pengen keperawatan dan karena satu dan lain hal gak diizinin ke keperawatan, jadi ak milih FKG, dan alhamdulillah keterima. Kalau di Ugm sendiri FKG sendiri itu fakultas, didalamnya ada 2 jurusan yaitu pendidikan kedokteran gigi dan hygiene gigi, itu istilahnya mungkin keperawatan gigi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Untuk semester 1-3 itu kita kaya mahasiswa kedokteran pada umumnya, kita mempelajari anatomi, fisiologi, terus biokimia, proses kimia yang ada dalam tubuh, patologi, histologi, farmakologi, kita dapet matkul farmakologi, belajar kesediaan obat, cara menulis resep. Belajar juga komunikasi sama pasien anak, lanjut usia, dan juga pasien yang dental anxiety. Semester 3 juga ada mata kuliah mata, kulit kelamin, dan lain-lain.

Diskusi kasus di akhir blok

Praktikum di jurusan?

Karena yang kita tau, FKG itu lebih ke keterampilan tangan, jadi selama online ini menurut aku FKG terdampak banget. Jadi dulu itu ada mata kuliah praktikum yang aku suka banget, itu ngukir gigi. Jadi kita cetak gips, terus kita kaya bentuk-bentuk gigi kaya gigi seri, gigi taring, gigi graham itu kan beda-beda, kita nyoba ukir biar kita tau bentuk-bentuk gigi.

Kemudian juga praktikum anatomi seru banget, kita dapet 2 kali di semester 1 dan 2. Di semesteer 1 itu kita belajarnya pake preparat kering atau tulang-tulang manusia, tulangnya ada tulang beneran, dan ada tulang buatan pabrik, dan itu bahkan kita biasanya sewa di bengekel anatomi untuk dibawa pulang dibawa ke kosan untuk belajar ulang d rumah untuk  belajar ujian.

Terus yang semester 2 baru pakai preparat basah, yaitu mayat. Atau kita biasa nyebutnya kadaferik gitu. Jadi kita belajar langsung gimana sih serat-serat otot, terutama kepala sama leher, sama mungkin kelenjar ludah. Untuk online nya sih adik tingkat aku udah dapet praktikum ofline in karena emang gak bisa di online in, jadi mereka ke kampus dan dengan mematuhi protokol dan jadwal tertentu, cuman beberapa praktikum yang bisa dibuat online, kaya praktikum patologi anatomi itu pakai preparat, jadi dikasih aja foto preparat, atau sel yang di mikroskop itu, terus bisa kerjain sendiri di rumah.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau konsentrasinya gak ada, cuman emang kalau kakak tingkat aku yang mau ngerjain tugas akhir/skripsi itu emang mereka ambil salah satu departemen yang ada di FKG UGM. Jadi di FKG UGM itu ada deperatemen kaya perio, orthologi, kaya gitu, dan nanti itu kita pilih aja untuk tugas akhir.

Mungkin kalau ada minat khusus bisa di salurinnya waktu udah jadi dokter gigi, kita bisa ambil spesialis. Kalau di FKG UGM itu departemennya ada prosto yang gigi pelsu itu, perio yang mempelajari struktur kaya jaringan lunak di mulut kaya penyakit yang ada disitu, terus ada ortho itu yang kawat gigi, kedokteran gigi anak, radiologi, selebihnya bisa di cek di website FKG UGM.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau di FKG sendiri sama sih ada SNMPTN, SBMPTN, PBU (penelusuran bibit unggul), dan mandiri atau utul UGM. Untuk FKG ini gak ada kelas internasionalnya kaya FK UGM. Mungkin temen-temen bisa cari tau untuk jalur PBU ini, karena masih sedikit yang memanfaatkan jalur ini, mungkin karena banyak yang belum tau.

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Dokter Gigi UGM?

Kalau untuk calon mahasiswa baru, penting banget untuk buat bikin plan minat kalian dimana, kaya contoh aku kan minatnya di bidang kesehatan, cari tau juga kekuatan sama kelemahan kalian, nanti dicari irisannya. Tapi itu cuman mempermudah kalian di jurusan tersebut, karena temen aku juga ada yang sukanya matematika dan masuk FKG bisa-bisa aja, dan nilainya bagus aja. Pokonya yang penting riset dulu dan sukanya bidang apa.

Untuk temen-temen yang udah keterima du FKG UGM pokonya semangat, yang penting mau belajar dan pantang menyerah, karena bakal banyak banget dapat surprise yang kalian pikir tuh kalian gak akan dapetin materi itu kalau kuliah di FKG, terus manfaatin kesempatan yang kalian dapatkan di FKG UGM ikutlah organisasi, lomba, kongres mahasiswa, penelitian, yang penting bisa manajemen waktu biar bisa seimbang dan waras selama kuliah. Sama yang penting mentalnya harus kuat juga, karena kit aitu pakenya sistem blok, karena itu banyak banget.

Banyaknya perkuliahan itu tergantung buat sks. Ada yang kulianya cuman 2 sks, terus setelah 2 minggu belajar langsung ujian, dan tiap 2 minggu ujian. Kalau di FKG gak bisa milih dosen dan mata kuliah, jadi senin-jumat dari pagi-siang itu full, jadi jangan iri kalau liat di fakultas lain yang selow, nongki-nongki gitu. Jalani dengan maksimal aja.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja tentunya selain jadi dokter gigi di puskesmas, di rumah sakit, mungkin kalau yang ambil S2 nya manajemen rumah sakit bisa kerja di rumah sakit di bagian manajemennya. Kemudian bisa juga buka praktik sendiri. Banyak temen aku yang perempuan terutama pengen jadi dokter gigi itu pengen buka praktik sendiri, jadi masih bisa ngurus rumah dan ngurus anak. Selain itu bisa jadi dokter militer, jadi dosen, peneliti, dan bisa masuk jadi bidang media jurnalis gitu, jadi penulis konten dan pengisi talkshow di bidangnya gitu.

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Sejauh ini baru mikirnya pengen lulus cepet karena UKT nya lumayan buat aku, karena aku masih dibiayain orangtua kan belum bisa biyayain sendiri, jadi kaya beban. Kemudian setelah lulus itu aku pengen coba kerja di pedalaman, jadi kaya kerja di pelosok yang masih kurang tenaga kesehatan, terutama dokter gigi nya. Pengen sih, kalau di izinin orang tua. Disisi lain, pengen sih kerja di rumah sakit besar yang bareng-bareng sama dokter lain, perawat, apoteker, dan staff-staff lain, jadi udah yang terbaik aja.

 

 

Q&A

  1. Aku minat ke pendidikan dokter gigi, cuman takut nanti isinya cewe semua?

Banyak omongan FKG itu fakultas kebanyakan gadis, tapi tenang aja cowonya juga banyak, enggak cuman 1 dan 2, dari seangkatan yang 150 an, ada 20 laki-lakinya. Menurut aku sayang banget kalau kamu pengen ke pendidikan kedokteran gigi, tapi kalian takut karena cowonya sedkit.

 

 

Kode konten: C642

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *