Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu (Indra)

Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu (Indra)

Halo sobat intipers! Aku Indra Nur Rhomadoni dari Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu?

Gambaran terkait prodi Pendidikan Ekonomi, prodi ini mempelajari 2 hal yaitu ilmu keguruan dan ilmu ekonomi. Di ilmu ekonomi kita belajar dasar-dasar dan bidang-bidang ilmu ekonomi. Kita belajar manajemen penasaran, manajemen keuangan, manajemen sumberdaya manusia dan lainnya. DI bidang akuntansi kita belajar pencatatan, pembuatan laporan hingga analisis laporan. Mata kuliah bidang akuntansi misalnya akuntansu keuangan dan lain-lain. Untuk bidang bisnis kita belajar etika bisnis, studi kelayakan bisnis dan lain-lain. Kita juga belajar ilmu kewirausahaan dan administrasi perkantoran. Bidang ilmu keguruannya, kita belajar tentang psikologi perkembangan peserta didik. Kita sebagai guru harus tau perkembangan muridnya bagaimana. Kita juga belajar pembuatan media pembelajaran. Tidak hanya media, kita juga belajar metode pengajaran guru didalam kelas.

Mungkin ada yang bertanya apa sih bedanya pendidikan ekonomi dan ekonomi murni? Kalo ekonomi murni lebih fokus ke penerapan aspek ekonomi ke lingkungan kerja, kalo pendidikan ekonomi fokusnya mentransfer ilmu kepada pelajar, dapat membuat RPS, silabus atau media pembelajaran, tapi tidak menutup kemungkinan untuk berkarir selain pendidikan. Kesamaannya adalah baik ekonomi murni maupun pendidikan akan sama-sama belajar ilmu ekonomi.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu?

Alasan saya memilih jurusan Pendidikan Ekonomi adalah karena saya dari kecil ingin sekali menjadi seorang guru. Karena guru itu pekerjaan yang sangat mulia. Selain itu, saya juga memang suka ekonomi. Menurut saya ekonomi itu sering kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya aja pada diri kita, dalam berkeluarga maupun bermasyarakat pasti kan kita menerapkan ilmu ekonomi.

intipkuliah-web1

Apa mata kuliah favorit atau tugas yang ada di Pendidikan Ekonomi?

Untuk mata kuliah khas menurut saya semua mata kuliah pendidikan ekonomi itu khas. Tapi saya disini mencoba mengelompokkan mata kuliahnya saja ya. Menurut saya kelompok mata kuliah pendidikan ekonomi ada 3 yaitu mata kuliah umum, keguruan dan wajib. Kalo mata kuliah umum itu kita belajar pendidikan agama, pancasila, kewarganegaraan, Bahasa Indonesia dan Inggris. Untuk mata kuliah keguruan kita belajar ilmu keguruan seperti profesi kependidikan strategi pembelajaran, metode pembelajaran dan micro teaching. Untuk mata kuliah wajibnya ada manajemen, akuntansi, kewirausahaan, bisnis dan lain-lain. Menurut saya mata kuliah yang paling saya suka adalah mata kuliah keguruan yakni profesi pendidikan. Disini kita diasah untuk menjadi seorang guru yang baik. Selain itu saya juga suka akuntansi karena menurut saya asik banget matkulnya. Disamping kita menganalisis kita juga harus berpikir kritis untung melakukan hitung-hitungan.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu?

Saya masuk jurusan ini melalui jalur reguler. Disini ada 2 jalur, yaitu jalur undangan dan reguler. Jalur undangan itu melalui nilai rapor. Untuk jalur reguler itu berupa jalur tes. Informasinya bisa kalian cek di website Universitas Muhammadiyah Bengkulu yaitu pmb.umb.ac.id

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Yang pertama kita harus cinta dulu prodi kita. Otomatis apabila ada permasalahan yang timbul akan mudah kita selesaikan. Kedua, kita gaboleh bergantung dengan teman. Harus mandiri dalam pembuatan tugas. Ilmu yang kita dapat dikuliah nanti kan akan kita terapkan didunia kerja. Jadi kita harus mandiri sedari kuliah.

Prospek kerja dan alumni jurusan Pendidikan Ekonomi?

Kalau ditanya prospek, prospek kerja pendidikan ekonomi itu luas sekali. Yang pertama sudah jelas menjadi seorang guru atau tenaga pendidik. Tapi ga menutup kemungkinan kita juga bisa bekerja menjadi peneliti, pegawai bank, asuransi, konsultan keuangan, akuntan dan bisa berwirausaha juga loh.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Rencana saya, saya ingin langsung terjun kelapangan. Saya ingin menjadi seorang guru. Namun kalau saya ada rezeki beasiswa saya ingin lanjut S2.

Q&A

  1. Pernahkah merasa bosan atau capek kuliah?

Kalau saya mengatasi rasa bosan dengan mengikuti kegiatan diluar kampus. Misalnya ikut organisasi. Mengikuti organisasi membuat kita mendapat pengalaman baru. Kita bisa belajar kepemimpinan, dan itu bisa menjadi bekal soft skill untuk dunia kerja nanti. Berdasarkan pengalaman saya ikut organisasi, saya mendapatkan teman baru yang dapat membantu kita saat kita mengalami kesulitan belajar. Kita juga bisa mengenal kakak tingkat yang bisa berbagi pengalaman. Kalau menurut saya juga mencari kesibukan lain selain organisasi juga bisa banget, misalnya ikut project dosen agar mendapat pengalaman lebih lagi.

Kode konten: C937

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.