Ekonomi

Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha (Rusmi)

Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha (Rusmi)

Halo intipers. Perkenalkan nama saya Rusmi, mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha angkatan 2018. Disini saya ingin mmebgaikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah 3 semester di program studi Pendidikan Ekonomi. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apakah itu Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha ?

Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan program studi pada konsentrasi dari gabungan Pendidikan yang berarti pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajran, pelatihan, atau penelitian. Ekonomi mempelajarai kegiatan manusia di mana dalam keterbatasan sumberdaya untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas. Jadi Program Studi Pendidikan Ekonomi adalah cara kita melakukan pembelajaran pengetahuan di mana kita terkonsentrasi untuk memecahkan masalah dalan memenuhi sebuah kebutuhan. Pendidikan Ekonomi ini tidak hanya mengacu pada sisi letak Ekonomi dalam Pendidikannya saja. PE juga mempelajari tentang Bisnis, Akuntansi, Pendidikan Pancasila dan juga Matematika.

Apa Mata Kuliah Favorit di Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha ?

Mata Kuliah yang saya senangi adalah model pembelajaran dan kewirausahaan. Mata kuliah ini mempelajari cara atau Teknik penyajian sistematis yang digunakan oleh guru dalam mengorganisasikan pembelajaran agar tercapai tujuannya. Dengan memilih model pembelajaran kita bisa mengungkapkan berbagai realitas yang sesuai kelas dan  macam pandangan hidup, yang dihasilkan dari kerjasam guru dan murid. Mata kuliah kewirausahaan adalah satu proses dari menjalankan kegiatan barau kreatif, inovatif dalam memprose sesuatu untuk dirinya dengan memberi nilai tambah bagi masyarakat. Jadi tidak hanya bertumpu pada factor ekonomi saja tetapi pertimbangan sosiologis dan politis.

promo-web

Konsentrasi di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha?

Ada dua konsentrasi, yaitu akuntansi dan manajemen. Akuntansi merupakan konsentrasi menyiapkan mahasiswanya untuk bias mempraktekkan profesi akuntansi dan melakukan fungsi bisnis terkait, termasuk menerapkan instruksi dalam prinsip akuntansi dan teori. Manajemen merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang kegiatan perusahaan atau koperasi, yang masih meiliki keterkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis. Dengan konstentrasi ini pengetahuan yang didapatkan sperti kemampuan untuk manajerial yang paling Utama.

Tips Untuk Mahasiswa Baru ?

Mata kuliah di Program Studi Pendidikan Ekonomi ini berkaitan dengan pembelajaran dan kegiatan ekonomi. Saran saya untuk mahasiswa baru lebih peka dengan kegiatan-kegiatan ekonomi di sekitar. Selain itu untuk melatih keterampilan profesi guru mahasiswa baru bisa untuk menjadi tutor antar temannya. Di bangku perkuliahan lebih baik mahasiswa memanfatkan waktunya dengan baik. Bisa dengan mengikuti kegiatan organisasi seperti Unit Kegiatan Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan, Badan Eksekutif Mahasiswa dll. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman untuk melatih kemampuannya berbicara di depan umum, melatih kepercayaan diri, belajar bekerja sama  dalam tim dan tentunya menambah relasi.

Prospek Kerja Alumni ?

Alumni mempunyai lapangan kerja baik di kendidikan maupun bidang bisnis, perbankan dan pemerintahan. Sebagian alumni menjadi Guru Ekonomi, Manajemen, Perkantoran, IPS, Bisnis, dan Akuntansi di Sekolah Menengah Umum dan Kejuruan. eberap Alumni juga menjadi peneliti dan konsultan bidang keuangan baik asuransi, perbankan, koperasi dan multi finance dan Lembaga swadaya masyarakat. Sebagian alumni yang lain mengembangkan karirnya sebagai Manajer, supervisor dan operator perbankan, asuransi, wara laba, property, asuransi dan leasing.

Rencana dan Harapan Setelah Lulus ?

Setelah lulus saya ingin menjadi guru ekonomi di sekolah menegah umum, sembari mengajar saya juga akan belajar berbisnis, karena dengan berbisnis akan membantu banyak orang untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

Kode Konten: X170

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *