Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Ekonomi UNJ (Aditya)

Pendidikan Ekonomi UNJ (Aditya)

Halo Intipers. Perkenalkan saya Aditya Pratama, mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi UNJ / Universitas Negeri Jakarta, angkatan 2018. Kali ini saya akan membagikan pengalaman kuliah saya yang telah saya jalani selama 4 semester di jurusan Pendidikan Ekonomi. Nah, buat kamu yang tertarik dan ingin tahu tentang jurusan Pendidikan Ekonomi, silahkan disimak ya, intipers!

Sebelumnnya, saya ingin tahu nih. Apa yang teman-teman bayangkan pertama kali ketika mendengar jurusan Pendidikan Ekonomi? Belajar Ekonomi? Belajar ilmu keguruan? Jadi  Guru nantinya? Ya, itu semua akan berkaitan dengan jurusan Pendidikan Ekonomi, namun jurusan Pendidikan Ekonomi tidak hanya sebatas tentang itu loh. Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu jurusan atau prodi yang ada di Fakultas Ekonomi, UNJ.

Selain itu, jurusan ini merupakan prodi tertua yang ada di Fakultas Ekonomi UNJ yang dibentuk sejak tahun 1996. Lalu, mengapa Pendidikan Ekonomi tidak berada di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)? Nah, selama ini masih banyak pula yang mengira bahwa Pendidikan Ekonomi seharusnya ada di FIP. Namun ternyata salah, menurut saya hal ini dikarenakan terdapat kata Pendidikan “Ekonomi” yang menyiratkan jika jurusan ini nantinya akan berfokus dengan ilmu ekonomi, akuntansi, bisnis, manajemen, dan lainya yang dipelajari secara aktif di Fakultas Ekonomi, selain ilmu keguruan yang didapat nantinya. Oh iya, yang perlu teman-teman tahu bahwa Fakultas Ekonomi merupakan fakultas baru yang didirikan di UNJ tahun 2005, yang sebelumnya pembinaan bidang keilmuan ekonomi berada dinaungan Jurusan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa Yang Dipelajari di Pendidikan Ekonomi UNJ?

Sesuai dengan namanya, Pendidikan Ekonomi. Nantinya materi yang dipelajari akan berhubungan dengan ilmu ekonomi dan ilmu keguruan. Namun, jurusan Pendidikan Ekonomi ini tidak hanya diajarkan tentang itu. Disini kita akan banyak mendapatkan ilmu yang dapat saya klasifikasikan ke dalam tiga kategori utama, yaitu ilmu ekonomi, ilmu akuntansi, dan ilmu keguruan. Ilmu ekonomi, kita akan diajarkan teori-teori yang berkaitan dengan ilmu ekonomi baik dari konsep dasar hingga implementasiny. Salah satu contohnya mengenai ekonomi mkiro dan makro. Selain itu, dalam ilmu akuntansi kita juga diajarkan tentang keuangan mulai dari pencatatan, pembuatan laporan keuangan, serta analisis keuangan. Nah, terakhir tentunya kita akan mempelajari Ilmu keguruan yang di dalammnya terdapat pembelajaran yang berkaitan dengan ilmu psikologi dan metode dalam proses pembelajaran. Terlepas dari itu, kita juga akan mendapatkan banyak mata kuliah lainya seperti bisnis, manajemen keuangan, perpajakan, matematika ekonomi, statistika ekonomi, dan lainya.

Apa Bedanya Dengan Jurusan Ilmu Ekonomi?

Pasti banyak dari teman-teman yang mempertanyakan apa perbedaan antara jurusan Pendidikan Ekonomi dengan Ilmu Ekonomi murni. Sejauh yang telah saya jalani saat ini, secara garis besar kami sama-sama mempelajari ilmu ekonomi dan ilmu akuntansi. Akan tetapi, perbedaan yang paling mencolok secara sekilas, yaitu di jurusan Pendidikan Ekonomi kami juga difokuskan untuk mempelajari Ilmu keguruan atau psikologi, dimana setiap semester yang telah saya jalani terdapat mata kuliah berkaitan dengan keguruan.

Mata Kuliah Pendidikan Ekonomi  UNJ

Mata kuliah yang dipelajari disini banyak sekali. Untuk lebih mudahnya, saya mengklasifikasikanya dalam tiga jenis mata kuliah yaitu Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Kejuruan (MKDK) dan Mata Kuliah Wajib. Dalam MKU ini kita akan mempelajari ilmu-ilmu dasar seperti pendidikan agama, kewarganegaraan, ilmu sosial budaya, pendidikan pancasila, dll. Untuk MKDK, nantinya kita juga akan mempelajari mata kuliah ilmu keguruan seperti landasan pendidikan, teori belajar dan pembelajaran, perencanaan pengajaran, dll. Terakhir adalah Mata Kuliah Wajib, yaitu mata kuliah yang berkaitan dengan jurusan kita seperti ilmu ekonomi, akuntansi, bisnis, manajemen, perpajakan, dan lainya. Mata kuliah favorit saya tentunya akuntansi, karena mata kuliah ini menjadi skill dasar yang harus kita kuasai, tidak hanya itu saya juga menyukai mata kuliah ilmu kependidikan, sebab dalam ilmu ini kita diajarkan bagaimana membentuk karakter individu dan sikap kognitif dan afektif kita.

Kegiatan perkuliahan di kelas Pendidikan Ekonomi

Konsentrasi di Pendidikan Ekonomi UNJ

Buat teman-teman yang tertarik masuk jurusan Pendidikan Ekonomi, nantinya akan ada pengkonsentrasian bidang yang dilakukan semenjak semester kedua. Untuk Pendidikan Ekonomi UNJ, terdapat dua konsentrasi yaitu Pendidikan Akuntansi dan Pendidikan Ekonomi Koperasi. Penempatan konsentrasi ini berdasarkan nilai teman-teman di semester pertama yang mengacu pada nilai pengantar akuntansi dan pengantar ilmu ekonomi. Selain itu, di awal teman-teman masuk nantinya akan dibagikan kuesioner mengenai ketertarikan bidang konsentrasi yang dipilih. Nah, saat ini saya ada di konsentrasi Pendidikan Akuntansi, dimana dalam konsentrasi ini, kita akan mempelajari secara mendalam mengenai bidang akuntansi seperti pengantar akuntansi, akuntansi keuangan menengah dan lanjutan, akuntansi biaya, akuntansi syariah, akuntansi internasional dan lainya. Tentunya, untuk konsentrasi Pendidikan Ekonomi Koperasi kalian juga akan mendalami bidang keilmuan ekonomi seperti teori ekonomi makro dan mikro, ekonomi koperasi, ekonomi industri, ekonomi moneter, dan lainya.

Tips Untuk Maba di Jurusan Pendidikan Ekonomi UNJ

Ilmu yang dipelajari tentunya akan sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari terlebih mengenai aktivitas perekonomian dan peran pendidik di dalamnya. Oleh karenanya, jadikan ilmu yang kita dapatkan ini sebagai sebuah ladang untuk dapat kita implementasikan di masyarakat. Baik ilmu ekonomi, ilmu akuntansi, dan ilmu keguruan. Terlebih, semakin bertambahnya semester yang akan kalian jalani nantinya, kalian harus mampu untuk berpikir kritis dan tidak hanya mengandalkan teori semata untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang kalian peroleh ke masyarakat. Seperti nantinya kalian akan melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di perusahaan dan Praktik Kegiatan Mengajar (PKM) di SMK/SMA. Oleh karena itu, Kemampuan hardskill dan softskill harus terus kita kembangkan sejak dini.

Ikuti Organisasi, Lomba, dan Berburu Beasiswa!

Salah satu momen penting saat kuliah menurut saya adalah memanfaatkan peluang dan tantangan yang akan kita jalani nantinya. Untuk itu, kita perlu mengasah kemampuan dalam berbagai ranah. Terlebih kemampuan dalam bersosialisasi, berkomunikasi, dan bekerja sama. Diantaranya melalui kegiatan keorganisasian yang disediakan universitas, seperti BEM Jurusan, BEM Fakultas, BEM Universitas, UKM, dan lainya. Terlebih, sebagai mahasiswa nantinya kalian dapat mengasah kemampuan berkompetisi untuk meningkatkan skill kalian melalui perlombaan dalam bidang apapun, sesuai dengan yang diminati.

Selain itu, saat kuliah kalian memiliki banyak kesempatan emas untuk mendapatkan beasiswa. Berbagai macam beasiswa yang terdapat di UNJ diantaranya adalah beasiswa Bank Indonesia, Karya Salemba Empat, Bakti Nusa, PPA, dan lain sebagainya. Untuk itu, kalian harus dapat memaksimalkan peluang tersebut sebagai ladang dan pengalaman kalian nantinya. Saat ini, saya tergabung dalam organisasi BEM Fakultas Ekonomi 2020 dan juga memperoleh beasiswa dari Bank Indonesia untuk periode 2020. Sekaligus tergabung dalam komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia yaitu Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jakarta.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prestasi Esai Tingkat Jabodetabek

Prospek Kerja dan Lulusan Pendidikan Ekonomi

Jika mengacu pada profil lulusan Pendidikan Ekonomi UNJ, diharapkan dapat bekerja sebagai Guru SMA/SMK, Peneliti, Tenaga Kependidikan, Manajerial, Wirausaha, Pengelola Laboratorium, dan Peneliti Bidang Pendidikan. Nah, jadi mungkin terdapat stigma jika lulusan Pendidikan Ekonomi UNJ nantinya harus jadi guru. Tentunya menurut saya tidak demikian, walaupun pada dasarnya output dari lulusan Pendidikan Ekonomi dibentuk untuk menjadi seorang pendidik. Fakta di lapanganya kalian bebas untuk menentukan karir dan mengembangkan potensi dalam bidang non akademisi. Baik dalam perusahaan maupun instansi pemerintahan, karena kalian juga dibekali dengan ilmu non kependidikan seperti ekonomi dan akuntansi. Akan tetapi, ilmu kependidikan juga akan sangat bermanfaat bagi kalian baik dalam ranah akademisi maupun non akademisi, sebab sejatinya setiap orang adalah pendidik.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Harapan Dan Rencana Setelah Lulus

Rencana saya setelah lulus adalah ingin melanjutkan studi ke jenjang S2, namun sebelum itu mungkin saya akan mencoba mengasah ilmu yang telah saya dapatkan untuk bekerja di sebuah perusahaan. Karena, saya memiliki ketertarikan terhadap bidang akuntansi, bisnis, manajemen, dan bidang ekonomi yang umumnya sangat diperlukan di perusahaan. Setelah itu, saya akan mencoba memperoleh beasiswa LPDP untuk jenjang S2 baik dalam negeri maupun luar negeri nantinya.

Kode konten: X414

Komen dibawah! 10

  1. Putri Mararina Ghufrani

    Apa jurusan pendidikan ekonomi bisa kerja di Bank?

  2. adityapratama

    Jawabanya adalah bisa, karna saat ini sudah banyak perbankan yang membuka rekrutmen tidak hanya bagi lulusan ekonomi atau manajemen. Akan tetapi, itu bergantung pada posisi yang akan diambil nantinya di perbankan. Dan yang paling penting, pada jurusan ini kamu bisa memilih banyak opsi karir baik sebagai tenaga pendidik ataupun non tenaga pendidik, karena kamu juga akan dibekali ilmu non kependidikan seperti ekonomi, bisnis, akuntansi, dll.

  3. Nabilaah

    Kak Aditya kalau lulus bisa kerja menjadi pegawai Instansi Pemerintahan ?

  4. Rizky Abdi Nugraha

    Kak Adit, menurut kakak kalo untuk lintas jurusan apakah jurusan ekonomi ini rekomen? Jurusan saya di SMA adalah MIPA yang jelas bukan Basic dari jurusan ekonomi ini. Saya belum pernah belajar tentang pelajaran dasar dari ekonomi tsb. Berikan saya arahan juga jikalau saya seorang anak MIPA ingin masuk ke jurusan Ekonomi yg berbasic IPS itu bagaimana seharusnya. Terimakasih

    • adityapratama

      Sepengalaman saya, banyak teman-teman saya yang justru dari lintas jurusan terlebih MIPA itu banyak banget, menurut saya yang paling terpenting kamu memang punya ketertarikan dengan jurusan ekonomi ini, terlepas dari kamu belum punya basic atau gambaran, nantinya di masa perkuliahan kamu akan mendapatkan pembelajaran basic di awal2 semester. Yang terpenting kamu punya rasa ketertarikan dulu dengan jurusan ini.

  5. Jimly Sabda M

    Kak, apakah lulusan pendidikan ekonomi bisa bekerja diperusahaan?

    • adityapratama

      Bisa dong, justru yang saya rasain saat ini ketika kamu memilih jurusan ini kamu bakalan punya dua kompetensi baik dari segi pendidikan maupun ekonomi/akuntansi. Yang terpenting saat kamu nanti memilih jurusan ini, kamu harus siap buat fleksibel di kedua kompetensi itu.

  6. Fadillatul maulidia

    Kak Sekarang saya Maba pendidikan ekonomi universitas negeri Malang, apakah nantinya juga ada konsentrasi pendidikan akuntansi dan pendidikan ekonomi koperasi juga? Itu dilihat dari nilai kita apa kemauan kita sendiri kak?dan biasanya pada semester berapa ya kak mulai ada konsentrasi itu
    Terimakasih sebelumnya

  7. desi rahayu

    ka aku juga masuk dipendidikan ekonumi tahun ini , tapi masuk disni sebenernya bukan minat aku
    kasih saran dong ka biar ada semangat dan tertarik dipendidikan ekonomi ini terimakasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *