Pendidikan Ekonomi, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Ekonomi UNS (Rizki)

Halo sobat intipers! Aku Rizki Wahyu Perdana dari Pendidikan Ekonomi UNS angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Pendidikan Ekonomi UNS?

Pendidikan Ekonomi itu salah satu jurusan yang bisa dikatakan cukup lama yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Di UNS itu ada 11 fakultas, salah satunya FKIP dan salah satu prodi yang ada di FKIP adalah pendidikan ekonomi. Prodi ini daya tampungnya cukup besar, sekitar 120 mahasiswa. Prodi ini nantinya mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi calon guru, lalu bisa juga menjadi entrepreneur atau wirausahawan. Tapi kita juga bisa menjadi counsellor pendidikan karena kita juga mempelajari ilmu-ilmu pedagogik. Kita juga bisa bekerja di lembaga pendidikan, misalnya bimbel, start up atau freelance lainnya.

Sebenernya jangan dibatasi untuk persepsi teman-teman yang ingin masuk jurusan pendidikan. Walau detailnya pendidikan tapi ga nutup kemungkinan kalian bisa kerja di apapun profesi yang kalian inginkan. Kita ga cuma belajar ilmu pendidikan aja disini.

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Pendidikan Ekonomi?

Untuk alasanku yang pertama memang termotivasi sama dosen. Bisa dikatakan dosenku itu dulu membimbing OSN mapel ekonomi. Jadi aku termotivasi untuk masuk UNS. Ternyata beliau studi lanjut di Jepang mulai 2018 kemarin, jadi ya aku ga ketemu beliau lagi. Yang kedua memang dari kelas 2 SMA aku passionnya ngajar karena basicku di olimpiade, jadi basic ngajarnya sudah ada walau sedikit.

Sekarang alhamdulillah selama 3 tahun ini sudah menjadi pengajar freelace di olimpiade dan UTBK. Aku kan sekolah di Solo dan teman-teman ku banyakan milih jurusan yang murni, atau STAN. Tapi yang masuk pendidikan juga ada. Kebetulan aku dari IPA, aku berkesimpulan jurusan SMA ga pengaruh terhadap jurusan apa yang akan kita ambil di kuliah nanti.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Di SMA kebetulan aku dapet mapel lintas minat ekonomi. Aku dulu ikut OSN ekonomi. Jadi mapel itu membantu banget untuk aku lintas jurusan. Makanya aku di SBMPTN lintas jurusan, langsung mengambil soshum. Jurusan pendidikan itu ga terlalu ketat sih. Jurusan paling ketat di FKIP itu manajemen, akuntansi dan PGSD. Makanya aku coba cari aman dengan ngambil kesempatan di pendidikan ekonomi.

Apa mata kuliah khas atau tugas yang ada di Pendidikan Ekonomi?

Contoh mata kuliah khas disini ada manajemen pemasaran yang kita peroleh saat praktik di laboratorium yang bentuknya minimarket. Kita di semester 4 akan mempelajari bagaimana jadi pengurus minimarket. Untuk teman-teman yang mau punya usaha retail, bisa banget pengalaman ini digunakan. Kedua ada matkul e-commerce sebagai salah satu pondasi teman-teman untuk kerja di start up. Ada 2 dosen lulusan Australia yang mengajar matkul ini. Pakar start up juga banyak mengajar di UNS. Teman-teman kaloi belajar di UNS gausah khawatir, akan banyak peluang jika kalian belajar di UNS.

Mata kuliah favorit aku itu mata kuliah ekonomi murni seperti manajemen keuangan dan manajemen pemasaran.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Saat ini lagi dibuka jalur mandiri dan kuotanya lebih besar, 50%. Selain itu ada jalur SNMPTN, SBMPTN, Ketua Osis dan Ketua Pramuka. Kalian bisa melampirkan sertifikat. Ada juga jalur masuk kemitraan perusahaan. Lalu ada jalur kelas internasional. Kebetulan prodi kami sudah akreditasi internasuonal, kita akan bisa punya temen dari luar negeri. InsyaAllah tahun depan kita akan menerima mahasiswa dari negara lain.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Tips dan trik untuk mahasiswa baru, intinya pilihlah jurusan yang mengakomodir semua kebutuhanmu. Misal kamu mau ngajar, maka pilihlah prodi pendidikan. Jadi temen-temen bisa untuk meningkatkan diri kalian. Lalu jangan lupa ikut kegiatan lain disampong akademik untuk menunjang diri. Hal terpenting untuk menunjang diri itu yang pertama adalah relasi. Yang kedua ada keterampilan, misal bakat seni, public speaking, graphic design atau bakat apapun itu harus kita asah dan akan berguna ketika kita nantinya melamar kerja.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Rencana setelah lulus sebenernya banyak banget sih. Barusan aku lihat di postingan Kemendikbud ada pendidikan profesi guru. Nah ini kan bisa untuk scale up dan mendapatkan sertifikasi guru. Selain itu ada juga beasiswa LPDP dan aku tertarik juga untuk lanjut S2. Orang tuaku bahkan menyarankan untuk daftar PNS. Sebenernya banyak pilihan, tapi kita belum tau aja nanti rezeki kita dimana. Jadi aku berencana akan mencoba hal itu.

Q&A

  1. Bagaimana cara kakak membagi waktu kuliah dengan kegiatan lainnya?

Time management harus bisa kita aplikasikan dengan baik. Aku gamau banyak ikut organisasi yang menyita waktu dikuliah atau magangku. Orgabisasi hanya sebanyak 1-2 yang aku ikuti yang memang menurutku pas aja. Teman-teman harus bisa fokuskan ke 1-2 saja supaya tidak terlalu banyak. Kita harus nentuin skala prioritas dan urgensi teman-teman, apa alasan teman-teman ikut organisasi tersebut. Jadi harus pintar menyusun prioritas saja. Kalau didalam kampus misla teman-teman bisa ikut BEM, Himpunan atau lainnya. Kalau diluar kampus contohnya kalian bisa ikut karang taruna.

Kode konten: C949

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.