Pendidikan Fisika

Pendidikan Fisika IAIN Kendari (Devi)

Pendidikan Fisika IAIN Kendari (Devi)

Halo Intipers, perkenalkan saya Devi Dwi Hariningsih biasa dipanggil Devi. Saya dari Program Studi Tadris Fisika atau biasa dikenal dengan Pendidikan Fisika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari angkatan 2017 atau yang biasa dikenal dengan angkatan D17RAKSI. Saya suka menulis karena menulis bagi saya merupakan suatu hal tantangan tersendiri bagi saya agar dapat bermanfaat bagi banyak orang dan hal ini dapat menjadi meditasi bagi diri saya sendiri untuk menenangkan perasaan.

Apa Yang Dipelajari Dalam Program Studi Tadris Fisika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari?

Program Studi Tadris Fisika atau pada umumnya dikenal dengan istilah Pendidikan Fisika merupakan Program Studi yang terdapat dalam Fakultas Tarbiyah atau Keguruan yang menyiapkan calon-calon guru fisika yang Insya Allah sesuai dengan harapan bangsa. Institut Agam Islam Negeri Kendari juga melahirkan guru-guru sains yang terintegrasi dengan ilmu ilmu dalam Al-qur’an, sehingga calon guru dapat mengimbangkan antara ilmu dunia dan akhirat. Hal ini tentunya sangat penting karena melihat moral anak bangsa yang kian tahun semakin merosot. Semoga dengan adanya program studi tadris fisika terintegrasi al-quran ini dapat memperbaiki moral anak bangsa.

Dalam menjadi guru fisika tentunya tidak mudah. Bahkan kebanyakan orang enggan mendalami ilmu fisika karena dikenal dengan kesulitan rumus-rumusnya. Jika kita telah mengetahui kunci dari fisika itu sendiri maka fisika terkesan sangat mudah.

Dalam semester 1- 2 kita diajarkan untuk mengenal dasar-dasar ilmu fisika. Mata kuliah umum misalnya kewarganegaraan, materi tentang agama dan keterkaitan sains dengan agama. Lalu pada semester 3- 4 kita diajarkan tentang materi yang lebih dalam tentang ilmu fisika yang dibarengi dengan mata kuliah kependidikan. Dalam semester ini kita dilatih untuk membuat perangkat pembelajaran yang sesuai denga kurikulum pemerintah misalnya dari program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar serta lembar kerja peserta didik. Pada semester 5- 6 kita mulai praktek di sekolah menjadi seorang pendidik yang baik. Kita juga dapat melaksanakan program kuliah kerja nyata atau yang dikenal dengan KKN. Tentunya dalam hal ini kita diajarkan untuk bekerja secara nyata kepada masyarakat sekitar, membantu program daerah dan lain sebagainya.

Apa Mata Kuliah Dan Tugas Yang Menarik Dalam Program Studi Tadris Fisika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari?

Dalam Program Studi Tadris Fisika, kita memiliki mata kuliah yang menurut saya khas yaitu Fisika Matematika. Di dalamnya terdapat ilmu matematika dan fisika yang disatukan. Hal ini menarik untuk dikaji lebih dalam karena dapat mengetahui bagaimana menemukan rumus-rumus yang ada pada ilmu fisika. Misalnya teorema stokes yang biasa kita terapkan dalam hukum stokes.

Kemudian tugas yang khas menurut saya yaitu praktikum. Kita dilatih kesabaran dalam menulis laporan, begitupun mental yang terlatih disebabkan karena menghadapi asisten yang cukup kejam. Ketika hal itu semua terlalui kita semakin yakin kepada diri kita sendiri bahwa kita adalah orang-orang yang terpilih untuk menjadi hebat. Selain itu juga kita dapat mengembangkan diri kita dalam beberapa eksperimen yang terdapat dalam ilmu fisika.

Apa Tips-Tips Untuk Mahasiswa Baru Program Studi Tadris Fisika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari?

Tipsnya adalah agar memahami dasar-dasar ilmu fisika baik berupa materi SMP maupun SMA. Hal itu dapat menjadi bekal utama pada saat kalian menjadi mahasiswa pendidikan fisika. Kemudian harus tetap semangat menghadapi segala hal karena dalam pendidikan fisika tentunya bukan hal yang mudah tapi percayalah kalian hebat setelah kalin berhasil melaluinya. Jangan lupa selalu giat belajar serta mengulang ulang materi yang telah diberikan.

Prospek Kerjanya Apa?

Waktu pertama kali saya masuk di program studi pendidikan fisika saya fikir saya hanya dapat menjadi seorang guru. Ternyata ketika saya telah sampai pada tahap yang sekarang bahwa ilmu fisika itu dapat berkembang menjadi apapun termasuk menjadi bagian dari BMKG. Karena ilmu tersebut dipelajari juga dalam perkuliahan serta dapat juga menjadi seorang peneliti karya inovasi yang baru. Sebab menjadi apa kedepannya kita adalah bagaimana kita sekarang focus kepada apa yang kita tuju.

Apa Harapan Dan Rencana Setelah Lulus Program Studi Tadris/ Pendidikan Fisika?

 Harapan saya setelah lulus saya ingin menjadi seorang pengajar yang bermanfaat serta memahami konsep konsep yang mudah untuk mempelajari fisika sehingga dapat membuat generasi baru penyuka ilmu fisika agar mereka paham bahwa ilmu fisika tidak selamanya semenakutkan apa yang ada dibayangan mereka selama ini.

Kode Konten: X196

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *