Pendidikan Fisika

Pendidikan Fisika UKSW (Nathan)

Hallo Intipers! Aku Nathanael Agung Surya Putra, panggil saja aku Nathan. Aku Mahasiswa Pendidikan Fisika, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) angkatan 2018. Pada kesempatan kali ini, aku ingin membagikan pengalaman perkuliahan yang telah aku lewati selama 6 semester di jurusan Pendidikan Fisika. Yuk sama-sama simak.

Apa saja yang dipelajari di Pendidikan Fisika UKSW?

unisa

Jurusan Pendidikan Fisika, berarti tidak lepas jauh dari Ilmu Fisika dan Pendidikan. Pendidikan Fisika di UKSW lebih dikhususkan untuk mengajar Ilmu Sains terutama Fisika. Ya, Fisika adalah salah satu mata pelajaran yang menjadi “momok” menakutkan bagi kebanyakan siswa, tapi di sini kita diajarkan bagaimana cara mengajar Fisika dengan cara yang menyenangkan supaya mindset siswa dan kebanyakan orang bahwa Fisika itu sulit akan luntur.

Fokus utama dari jurusan ini ialah menjadi seorang pengajar Fisika baik di tingkat sekolah, di tempat bimbingan belajar maupun di Universitas. Namun tidak hanya sebatas mengajar di dalam ruang kelas saja dengan siswa atau mahasiswa, namun bisa juga menjadi trainer bagi guru-guru di sekolah-sekolah. Selain menjadi seorang pengajar Fisika, juga bisa menjadi seorang Laboran. Nah apa itu laboran? Laboran adalah seseorang yang bertugas membantu aktivitas siswa, mahasiswa, guru atau dosen di laboratorium dalam melakukan suatu kegiatan pendidikan, penelitian, praktikum yang ada di laboratorium. Kalau kalian pernah praktikum di laboratorium dan ada orang yang bertugas di dalam lab, nah itulah laboran kecuali guru lhoo.

Apa bedanya dengan Jurusan Fisika Murni?

Perbedaan yang mencolok antara Pendidikan Fisika dengan Fisika murni secara sekilas adalah di bagian prospek kerja utama. Seorang lulusan Fisika Murni diarahkan untuk menjadi seorang ilmuwan dengan berbagai dasar-dasar teori yang mupuni. Lulusan Pendidikan Fisika menghasilkan pengajar Fisika atau akademisi. Sewaktu lulus gelar yang akan diraihnya seorang lulusan Fisika murni akan mendapat gelar Sarjana Sains, sedangkan lulusan Pendidikan Fisika akan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan.

pmb2-min

Tak jauh dari situ, seorang lulusan Fisika Murnipun juga bisa menjadi seorang pengajar, namun ada syarat yang harus dipenuhinya. Fisika murni dan pendidikan juga bisa bekerja sebagai Ilmuwan atau Saintis, ahli Fisika, bekerja di BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional), di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BPPT, dan lain sebagainya. Eitss, tunggu dulu, Mata kuliah yang diambil Mahasiswa Fisika Murni dan pendidikan Fisika 90% sama persis, yang membedakan hanya saja mata kuliah konsentrasinya. Baik pendidikan Fisika dengan konsentrasi Pendidikan, atau murni dengan konsentrasi Ilmu Fisika seperti Fisika Medis, Fisika Material dan sebagainya.

Mata Kuliah dan Dosen Favorit ?

Mata kuliah di Pendidikan Fisika ini banyak sekali. Seperti Fisika Dasar, Matematika, Kalkulus, Fisika Matematika, Mekanika, Optika Geometri, Listrik Magnet, Getaran Gelombang, Elektronika, Fisika zat padat, Optika Gelombang, Fisika Modern, Thermodinamika, Fisika Inti, Fisika Komputasi, Fisika Eksperimen, Fisika Statistik, dan masih banyak lainnya. Mata Kuliah Favorit aku ada tiga. Yang pertama adalah Listrik Magnet. Mata kuliah ini mempelajari tentang teori kelistrikan dan kemagnetan. Konsep-konsep tentang kelistrikan dan kemagnetan yang dapat dituangkan dalam bentuk matematis yang indah, serta dapat menerapakan prinsip-prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam alat-alat yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Di sini juga diajarkan berbagai hukum kelistrikan dan kemagnetan, dan puncak dari mata kuliah ini adalah persamaan Maxwell.

Mata Kuliah favorit yang kedua Getaran Gelombang. Disini mempelajari tentang landasan dan prinsip dasar mengenai getaran dan gelombang yang akan banyak ditemui di pembahasan Fisika lebih lanjut, serta akan membahas bunyi sebagai salah satu bentuk gelombang longitudinal. Mata kuliah ini membahas bagaimana gelombang dapat merambat, bandul osilasi, osilasi gandeng, getaran (vibrate). Bagaimana prinsip getaran gelombang saat terjadi gempa bumi, gelombang air laut.

Mata Kuliah Favorit yang ketiga Optika Gelombang. Mata kuliah ini mempelajari tentang sifat – sifat cahaya sebagai gelombang elektromagnetik. Dasar-dasar teori gelombang seperti mekanisme perambatan, modulasi gelombang, pemantulan dan pembiasan, interferensi, difraksi dan polarisasi akan di bahas disertai beberapa penerapan dalam bidang optika seperti teknik pembuatan lensa anti refleksi, kacamata polaroid, kacamata 3-D. Penemuan laser serta prinsip kerjanya akan dibahas pada akhir kuliah dan akan ditutup dengan beberapa aplikasi dasar mengenai laser seperti dasar konstruksi dan rekonstruksi hologram serta beberapa contoh metode pengukuran presisi tinggi dengan laser.

Dosen Favorit aku adalah Bu Debora yang sekaligus merupakan wali studiku di Pendidikan Fisika. Beliau sangat ramah, selalu bisa mengambil hati mahasiswanya, mengubah mindset bahwa Fisika yang sangat sulit menjadi sederhana.

Konsentrasi di Pendidikan Fisika UKSW?

Konsentrasi di jurusan pendidikan tidak ada. Tetapi lebih diarahkan untuk mempelajari ilmu mengajar Fisika dengan asyik dan menyenangkan.

Tips-Tips untuk Maba di Jurusan Pendidikan Fisika UKSW

Fisika adalah salah satu jurusan terberat di dunia, karena Ilmu Fisika membangun dasar untuk berbagai jurusan yang ada seperti teknik. Namun, Fisika sangat erat kaitannya dengan kehidupan kita setiap harinya. Fisika terlihat sulit dengan berbagai rumus dan persamaan matematis yang indah. Fisika akan terlihat lebih mudah apabila kita mengaitkan permasalahan, kasus di kehidupan sehari-hari dengan Fisika. Sebagai contoh, mungkin dari antara kita ada yang menggunakan kacamata sebagai alat untuk membantu penglihatan, nah kasus ini dapat dijelaskan dengan prinsip Fisika pada mata kuliah Optika Geometri, bagaimana cara kita memilih lensa, bagaimana cara membaca tingkat minus atau silindris pada cacat mata kita.

Tips lainnya adalah, sebagai anak Fisika kita tidak pernah terlepas dari yang namanya hitungan. Nah, rajin-rajinlah mencoba menurunkan rumus sendiri, mengasah skill matematika yang sangat terpakai. Karena di Fisika baik murni maupun pendidikan, menurunkan rumus, membuktikan rumus adalah suatu hal yang lazim alias makanan sehari-hari. Jangan malu untuk bertanya atau mengajak diskusi teman, kakak tingkat atau bahkan dosen yang dirasa memiliki ilmu yang lebih luas dari kamu. Di Fisika, kita juga akan diberikan banyak sekali praktikum setiap minggunya. Biasanya praktikum fisika ini tergantung pada mata kuliah. Sebagai contoh, mata kuliah listrik Magnet, berarti praktikum yang akan dilakukan seputaran mata kuliah tersebut. Soo, semangat ya praktikumnya. Seru lhoo!

Ikut Organisasi di Kampus yang kita bangeet!

Nah, belum adfol nih kalau belum ikut Organisasi di kampus. Di UKSW, Organisasi cukup banyak banget seperti Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang terdiri dari BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa) dan SM (Senat Mahasiswa) baik di tingkat Fakultas maupun Universitas. Ada juga himpunan Mahasiswa, Lembaga Pers Mahasiswa, Komunitas Debat UKSW, dan lainnya. Ikuti saja kegiatan-kegiatan yang akan mengasah softskill kamu dan hardskill kamu pastinya.

Keluar dari zona nyaman, cari pengalaman yang baru, unik, menantang. Cari relasi dan pertemanan sebanyak-banyaknya. Tetapi juga ingat batasan, jangan semua kamu ikutin sampai lupa tujuan utamamu berkuliah di UKSW yaa. Biasanya Maba punya pemikiran seperti ini “ahh aku mau ikut banyak kegiatan supaya terlihat sibuk” jangan sampai karena ingin terlihat sibuk karena gengsi kalian lupa akan kesehatan dan tujuan utama kalian yaa. Eits jangan salah, saat-saat Maba biasanya kamu akan diwajibkan untuk ikut LDKM (Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa) yang diselenggarakan Lembaga Kemahasiswaan Fakultas sebagai syarat kelulusan. Biasanya syarat untuk Lulus LDKM adalah mengikuti kepanitiaan ataupun kegiatan Fakultas.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja di mana?

Kebanyakan setelah lulus dari Pendidikan UKSW, kebanyakan menjadi seorang guru Fisika di SMP dan SMA. Namun ada juga yang bekerja sebagai tenaga pendidik di Universitas, bekerja di BATAN, LIPI. Atau bisa saja kamu membangun bimbingan belajarmu sendiri.

Harapan dan Rencana Setelah Lulus

Setelah lulus aku ingin menjadi seorang Guru Fisika di SMA atau SMP. Setelah 1-2 tahun bekerja, aku ingin melanjutkan studi S2 sambil mengembangkan kemampuan yang aku miliki, mengeksplor peluang-peluang yang ada. Karena lulusan Fisika sangat minoritas.

Kode Konten: X212

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *