Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Makassar

Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar (Nurfadillah)

Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar (Nurfadillah)

Halo sobat intipers! Aku Nurfadillah dari Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar?

Secara garie besar, Pendidikan Fisika mempelajari proses pembelajaran Fisika disekolah mulai dari perencanaan atau RPP sampai proses evaluasinya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Pendidikan Fisika?

Alasan pribadi saya memilih jurusan ini karena pada saat SMA dulu ada sosok guru yang menginspirasi saya. Beliau membuat saya tertarik untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran yang asik. Saya juga tertarik dengan ilmu eksakta, ilmu alam yang dijelaskan dengan matematis. Ini membuat saya tertantang. Fisika ini mempelajari fenomena alam yang dijelaskan secara matematis sehingga menantang saya untuk mengambil jurusan ini.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Pendidikan Fisika?

Mengenai mata kuliah menurut saya yang khas adalah kajian fisika dalam Al-Qur’an. Kita dibimbing untuk membuat karya ilmiah tentang fenomena fisik lalu dikaitkan dengan Al-Qur’an. Kemudian selain itu ada juga fisika kuantum. Disini kita bisa mengenal banyak istilah baru yang membuat kita kenal dengan alam semesta seperti benda mati maupun radiasi benda hitam.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar?

Mengenai kelompok keahlian salah satunya adalah mempersiapkan seorang guru. Selain itu juga diajarkan keahlian mengelola laboratorium, berwirausaha juga. Ada mata kuliah yang menunjang kita untuk belajar berwirausaha, bukan hanya kita monoton dibidang pendidikan saja.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Kalian bisa mengikuti beberapa jalur. Ada jalur umum, jalur prestasi, jalur hafiz serta beberapa beasiswa baik beasiswa umum, beasiswa prestasi maupun beasiswa hafiz.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Mungkin yang terpenting untuk adik-adik yang pertama tetap semangat, carilah ilmu baru juga dengan mengikuti kegiatan sesuai minat kita contohnya organisasi atau komunitas apapun itu. Kita harus memperluas circle kita. Tidak masalah jika kita memiliki banyak beban, karena pelaut yang tangguh tidak lahir dari laut yang tenang.

Prospek kerja dan alumni jurusan Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar seperti apa?

Mengenai prospek kerja Pendidikan Fisika pastinya di sekolah maupun lembaga pendidikan. Bisa juga di kantor yang membuka pekerjaan umum lainnya. Tapi banyak juga yang melanjutkan kerja ke perbankan maupun membuka bisnis/berwirausaha sendiri. Jadi ga terpatok hanya dibidang pendidikan saja.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Rencana saya setelah lulus yang pastinya menjadi tenaga pendidik. Selain itu saya juga berharap untuk menjadi seorang pebisnis muda, jadi tidak hanya bergerak dibidang pendidikan saja. Alangkah baiknya jika kita sembari menjadi tenaga pendidik kita ada sampingan juga salah satunya menjadi pebisnis. Hal ini saya kira bisa dijalankan dalam waktu yang bersamaan.

QnA

  1. Kalau di Fisika murni kan laboratoriumnya kita akan ketemu langsung dengan alat dan bahan, kalau di Pendidikan Fisika sendiri laboratoriumnya seperti apay a?

Yang pastinya kita memiliki laboratorium alat-alat juga. Namun lebih ke eksperimen. Bukan berarti tidak ada bahan kimianya. Disini juga kurang lebih sama dengan laboratorium Fisika Murni, namun tujuannya adalah untuk pengajaran pada siswa nantinya.

Kode konten: C982

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.