Pendidikan Fisika

Pendidikan Fisika Unkhair (Alda)

Pendidikan Fisika Unkhair (Alda)

Halo intipers. Perkenalkan saya Alda M Kapuangan, saya dari Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Khairun Ternate atau Pendidikan Fisika Unkhair Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  angkatan 2018. Nama panggilan saya Alda. saya sangat suka menulis, menurut saya menulis merupakan satu hal yang membuat kita akan dikenal banyak orang dan satu yang luar biasa adalah ketika tulisan kita bisa bermanfaat bagi banyak orang. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok,pastiin kalian baca sampe beres dulu artikel ini.

Apa Yang Dipelajari di Pendidikan Fisika Universitas Khairun Ternate?

Program studi Pendidikan Fisika Universitas Khairun Ternate adalah program studi fakultas keguruan yang menyiapkan calon-calon guru fisika. Jadi guru itu tidaklah mudah, apalagi jadi guru fisika. Di jurusan pendidikan fisika semester 1 dan 2 kita diajarkan mata kuliah umum dan dasar-dasar dari fisika. Kita juga diajarkan dasar sebagai calon guru dan apa yang harus betul-betul dipahami. Pada semester 3-4 kita diajarkan fisika secara khusus juga lebih banyak mata kuliah pendidikan. Kita juga sudah mulai diberi tugas mengajar seperti seorang guru fisika pada umumnya karna kita sudah membuat RPP, walaupun kita mengajar masih dengan teman-teman dalam kelas.

Mata kuliah yang paling menarik di Pendidikan Fisika Universitas Khairun Ternate ?

Mata kuliah yang menurut saya khas yaitu fisika kebencanaan. Di mata kuliah ini kita diajarkan apa hubungan fisika dan kebencanaan. Bagaimana cara fisika bisa diaplikasikan untuk kita memprediksi datangnya bencana alam. Ada praktikumnya juga, kita akan mendatangi BMKG di daerah untuk melihat langsung alat-alat apa saja yang dipakai dan cara kerjanya. Setelah itu kita akan membuat laporan tentang bagaimana fisika diaplikasikan dialat-alat tersebut.

Tips-tips untuk Maba jurusan pendidikan Unkhair 

Tipsnya pahami dasar-dasar fisika. Contohnya kalau kita tidak memahami satu bab jangan malu untuk turun ke bab paling dasar kalau perlu materi SMP dan SMA yang belum kita paham. Kita harus giat belajar giat mengulang karna itu sangat penting apalagi kita adalah calon guru yang akan mengajar siswa-siswi. Tantangan yang akan dilewati itu mata kuliah fisika yang akan lebih sulit. Juga bagaimana kita harus menjadi guru yang memahami situasi siswa-siswi dan mempersiapkan model pembelajaran yang sebaik mungkin karna kita bisa dibilang adalah calon guru yang mata pelajarannya sangat tidak disukai oleh beberapa murid.

Prospek kerjanya apa?

Dulu saya selalu berpikir pasti saya hanya bisa jadi guru. Setelah saya kuliah ternyata bukan hanya menjadi seorang guru. Dosen mata kuliah fisika kebencanaan saya adalah seorang peneliti yang sudah berkeliling hampir seluruh wilayah di indonesia untuk meneliti daerah-daerah rawan bencana dan sudah membuat cukup banyak alat untuk menunjang penelitiannya tersebut. Dosen saya juga menjelaskan bahwa kita bisa memilih sendiri akan apa yang mau kita ambil. Apakah kita fokus saja menjadi guru atau kita tertarik dibidang fisika kebencanaan dan mulai menekuni bidang itu dari sekarang maupun ketika sudah lulus nanti.

schooters

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Harapan saya setelah lulus saya ingin menjadi guru yang bermanfaat, guru yang betul-betul guru. Saya ingin semua siswa-siswi didaerah pelosok bisa jago fisika. Karna saya sekolah didaerah pelosok saya tidak punya guru fisika dan itu membuat saya kesulitan fisika ketika saya berada dibangku kuliah. Saya ingin pergi mengajar dimana hati saya mau, ditempat yang pastinya kekurangan tenaga pendidik.

Kode Konten: X132

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *