Pendidikan Fisika UPI (Mira)

Hai Intipers! Aku Mira Santi, dari jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UPI. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Fisika UPI?

Menurutku Fisika itu menarik banget! Kalau kita SMA, Fisika dijejali dengan penerapan rumus pada suatu soal, padahal sebenernya Fisika itu gak hanya rumus loh, lebih luas dan lebih dalam dari sebuah rumus! Sebuah fenomena sederhana di kehidupan sehari-hari kita bahkan bisa dijawab dan dijelaskan oleh Fisika.

Secara garis besar kita belajar konsep dasar Fisika dan sub materi Fisika seperti ilmu mekanika, gelombang, fisika modern dsb secara mendalam, kalau dari segi pendidikan kita belajar tentang psikologi pendidikan, metode pembelajaran, teknik asesmen pelajaran di sekolah. Jadi selain melatih konsep fisika tapi juga melatih untuk menerapkan pembelajaran fisika

promo-web

Tugas kuliahnya kaya gimana di Pendidikan Fisika UPI?

Tugasnya macem-macem tergantung mata kuliah. Kadang membuat karya ilmiah, laporan eksperimen karena kita ada mata kuliah eksperimen, latihan soal untuk memperdalam penguasaan konsep, observasi dan wawancara tentang model pembelajaran dan asesmen pembelajaran di sekolah

Siapa dosen favorit aku?

Dosen favoritku itu Pak Purwanto yang merupakan dosen yang sangat humoris, bahkan kalau mood saya lagi jelek bisa langsung baik lagi kalau ada kelas dengan beliau. Satu lagi Pak Duden, dosen termodinamika yang kalau menjelaskan itu sangat detail dalam mengajarkan materi kepada mahasiswa.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Setiap semester ada tantangannya sendiri, tapi semester 6 ini menjadi yang paling menantang karena mata kuliah yang kompleks itu saya kontrak di semester ini. Tugas-tugas dari mata kuliah ini bener-bener menantang dan banyaknya tugas individual dibandingkan semester sebelumnya

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Lulusan Pendidikan Fisika banyak yang menjadi guru, baik di SMA maupun di SMP. Banyak alumni yang saya tahu mengajar selain di SMA. Menjadi guru di lembaga non formal juga ada. Selain juga ada yang menjadi peneliti di LIPI, atau menjadi seorang enterpreneur dengan membuka usaha, menjadi manager di lembaga bimbel.

Kode Konten: Y124

Komen dibawah! 2

  1. Umi Nur Aini

    Kak mira, gimana caranya biar fisika itu bisa bersahabat sama aku, bisa nempel nempel pel nempel diotakku, kebanyakan yang aku pelajari di fisika banyak yang langsung keluar dari otak, susah dalam berintuisi kak aku, susah menganalisis, feelingnya sering ga tepat, sedangkan fisika selalu berlogika, dan itu bagian yang tersulit..

  2. Selly Syafitri

    Assalamualaikum kak,, bagaimana caranya mata kuliah fisika semua masuk dan nempel di benak saya sementara saya anak IPS

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *