Pendidikan Geografi, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang (Miranda)

Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang (Miranda)

Hallo intipers. Salam sejahtera untuk kita semua. Perkenalkan nama saya Miranda Islami biasa dipanggil Miranda. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang (UM) yang dulunya dikenal sebagai Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP Malang). Saya adalah mahasiswi jurusan Geografi angkatan 2019 dan sekarang sudah menempuh semester 3. Saya ingin berbagi pengalaman untuk para intipers bagaimana sih kuliah di jurusan Geografi itu? Apakah menyenangkan atau menegangkan? Yuk kita intip perjalanannya…

GEOGRAFI? Kalian tentunya sudah tidak asing lagi kan dengan jurusan Geografi. Jadi di Universitas Negeri Malang ini terdapat 2 (dua) program studi pada jenjang S1 diantaranya Pendidikan Geografi dan Ilmu Geografi. Saya mengambil program studi Pendidikan Geografi, karena menurut saya dunia pendidikan ini sangat penting dan berpengaruh dalam menciptakan generasi unggul. Pendidikan Geografi sendiri memiliki materi yang beragam dan memiliki tujuan untuk menjadikan seseorang berwawasan luas, berpikir kritis serta cinta terhadap lingkungan.

APA SAJA MATA KULIAH JURUSAN Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang?

Mata kuliah di jurusan Geografi ini sangat beragam yaa para intipers. Selain menempuh mata kuliah wajib, di program studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang juga menempuh mata kuliah umum seperti misalnya Pendidikan Agama, Pengantar Pendidikan, Perkembangan Peserta Didik, Pendidikan Pancasila dan lain sebagainya.

Slide5

Oh iya para intipers, ngomongin mata kuliah nih ada beberapa mata kuliah favorit aku seperti Geografi Desa Kota dan Pengantar Geografi. Kok bisa sih 2 (dua) mata kuliah ini jadi favorit? Karena Geografi Desa Kota sendiri mempelajari tentang ciri-ciri desa/kota, kehidupan di desa/kota, struktur desa/kota, mata pencaharian desa/kota, adat istiadat desa/kota dan masih banyak lagi. Sehingga kita bisa mengenali secara spesifik bagaimana perbedaan dan persamaan di desa/kota itu sendiri. Kita belajar bukan cuma di dalam kampus tapi kita melihat langsung bagaimana perbedaan pedesaan dan perkotaan di kota Malang. Kemudian kenapa Pengantar Geografi? Karena Pengantar Geografi sendiri mempelajari tentang dasar Geografi sebelum kita masuk ke materi yang lebih sulit lagi. Hal yang menyenangkan di jurusan Geografi ini tentunya sering belajar ke alam seperti pantai dan gunung. Seru bukan para intipers..?

BAGAIMANA TIPS UNTUK MAHASISWA BARU?

Sebagai mahasiswa baru tentunya kalian akan merasakan hal yang sama salah satunya memanage waktu antara perkuliahan dengan kegiatan di luar kampus. Untuk itu, saya akan membagikan sedikit tips yang semoga kedepannya bermanfaat untuk kalian mahasiswa baru. Kalian harus pandai membedakan antara prioritas dengan formalitas. Jadi, sebaiknya kalian kerjakan yang prioritas terlebih dahulu seperti mengerjakan tugas di waktu senggang supaya kalian mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah itu kalian bebas mau nongkrong, jalang-jalan atau yang lainnya. Apalagi biasanya mahasiswa baru itu punya ambisi pengen ikut organisasi yang banyak. Saran saya ikut organisasi boleh-boleh saja tapi harus pandai memilah karena membagi waktu antara kuliah dengan organisasi itu sangat susah. Carilah organisasi yang mampu mengasah skill kalian dan kalian mampu menyeimbangkan antara kuliah dengan organisasi. Baca juga artikel saya di intipkuliah yang berjudul Menggapai Mimpi Dengan Beasiswa, Klik Disini

PROSPEK KERJA ALUMNUS Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang

Kalau kalian ngambil jurusan pendidikan kedepannya tentu akan menjadi seorang tenaga pendidik seperti Guru, Dosen ataupun pengajar Bimbingan Belajar karena basic kuliah pendidikan sudah dibekali dengan bagaimana cara mengajar yang baik. Tapi bukan hanya itu saja peluang pekerjaan dari lulusan Geografi, adapula yang lainnya misalnya mengerjakan proyek peta, entrepreneur, menjadi narasumber di berbagai seminar karena banyak ilmu yang di dapat dari lulusan Geografi seperti mitigasi bencana, perkembangan keilmuan dan teknologi serta prospek dunia kerja di bidang informasi geospasial.

RENCANA DAN HARAPAN SETELAH LULUS?

Rencana setelah lulus di Universitas Negeri Malang saya akan melanjutkan kuliah S2 di Luar Negeri atau di Universitas Gadjah Mada melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) karena saya banyak termotivasi dari Dosen-Dosen saya yang sudah pernah menempuh pendidikan di Universitas ternama tersebut. Saya juga ingin mempelajari ilmu lebih dalam dan lebih detail lagi sehingga memiliki kemampuan yang lebih professional dalam mengajar. Harapannya saya ingin Indonesia memiliki tenaga pendidik yang berkualitas agar mampu menjadikan anak didik yang cerdas dan kompetitif. Seorang tenaga pendidik sangat diperlukan dalam kemajuan suatu bangsa. Saya dari Program Studi Pendidikan Geografi ingin menjadikan generasi penerus bangsa Indonesia yang lebih unggul dan saya ingin memberikan motivasi kepada semua orang bahwasanya pendidikan sangat penting di tanamkan sejak usia dini. Karena itu saya ingin menyongsong bonus demografi sebagai aksi nyata dan selalu menciptakan karya-karya melalui dunia pendidikan.

Terimakasih, Salam Sejahtera.

Selamat Berkarya dan Sukses Para Generasi Millenials 4.0

Kode konten: X316

Komen dibawah! 3

  1. ervinadama4

    Kak, kalo dari jurusan SMK akuntansi peluangnya besar tidak untuk masuk Pend. Geo lewat sbmptn?

    • Miranda Islami

      Menurut aku mencoba lebih baik daripada tidak sama sekali. Kalo ikut sbmptn kemungkinan masih berpeluang lolos di pendidikan geografi tapi untuk kuotanya kamu bisa cek di setiap universitas. Yang lebih penting usaha, berdoa dan tentunya juga minta doa restu sama orang tua yaa

  2. Sandy

    Aku mau kulia

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *