Geografi, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Geografi UPI (Reza)

Pendidikan Geografi UPI (Reza)

Halo intipers. Perkenalkan aku Reza Rahmat Djunaedi J. dari mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi UPI (Universitas Pendidikan Indonesia).

[Versi video dari artikel, klik play]

pendidikan geografi upi

Slide5

Mitos jurusan yang selalu dilayangkan ke jurusan Pendidikan Geografi UPI

“Ah Geografi pasti bikin peta” sering banget denger selentingan begitu selama jadi mahasiswa jurusan Geografi. Faktanya, ya gak gitu aja sih temen-temen. Geografi itu gak selalu berhubungan dengan peta, tetapi itu hanya menjadi salah satu bagian dari ilmu Geografi itu sendiri hehe.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Geografi UPI

Kuliah di jurusan Pendidikan Geografi itu belajar tentang ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang ada di permukaan bumi, baik aspek fisik maupun sosialnya kemudian juga interaksi dan inter antar keduanya. Misalnya ya, kita sedang mempelajari tentang atmosfir, nah kita kaitkan juga atmosfir dengan kehidupan di bumi dan manfaatnya untuk manusia. Mata kuliah paling favorit buat aku itu Geografi Regional Dunia. Disana kita mempelajari secara detail mengenai dunia, harus hafal letak-letak negara beserta ibukota dan posisi lintangnya. Jadi gak terbatas mempelajari geografi Indonesia aja tapi juga secara keseluruhan di dunia.

Cerita sedikit ya, kuliah di Geografi itu asyik banget karena ilmu yang didapatkan di kelas akan langsung dipraktikkan ke lapangan. Setiap semester itu ada 3-5 kali praktikum setiap mata kuliah, dan itu jadi nambah pengalaman banget! Berkunjung ke tempat yang belum pernah saya kunjungi, misalnya belajar matkul oseanografi yan tentang laut berarti kita akan berangkat ke laut, bisa ke pantai utara atau pantai selatan karena di Bandung sendiri gak ada laut ya.

Konsentrasi di jurusan ini

Oh iya, di Geografi UPI ini ada konsentrasi dan kabar baiknya adalah ada tambahan 2 konsentrasi yang bisa dipilih temen-temen di semester 5 nanti. Sementara ini, konsetrasi bisa dipilih di semester 6, yaitu:

  1. Konsentrasi analisis penginderaan jauh dan SIG
  2. Analis kewilayahan

Tugas yang diberikan oleh dosen

Selain tugas praktikum langsung ke lapangan, ada juga tugas-tugas merangkum jurnal, membuat makalah dan laporan, tpai yang paling sering itu membuat tugas untuk menganalisis sesuai mata kuliahnya. Misalnya kalau mata kuliahnya berbau sosial seperti Geografi Ekonomi itu kita akan diminta menganalisis, sementara mata kuliah yang berbau dengan fisik setelah praktikum akan terbit laporan ya sesuai hasil observasi dan praktik yang kita lakukan di lapangan

Oh iya, di Geografi UPI juga ada yang namanya KKL atau Kuliah Kerja Lapangan dengan bobot 2 sks dan dilaksanakan 3 kali di setiap tingkatan. Di Tingkat pertama itu wajib dilaksanakan di Jawa Barat, tingkat kedua dilaksanakan di Pulau Jawa tapi tidak boleh di Jawa Barat dan tingkat tiga di luar Pulau Jawa. Waktu pelaksanaannya juga bervariasi dari 4 hingga 7 hari.

Prospek Kerja Pendidikan Geografi UPI

Ngomong-ngomong soal prospek kerja, karena jurusannya Pendidikan Geografi jadi kita dipersiapkan untuk menjadi seorang calon guru Geografi. Baru calon ya karena sebenernya kita wajib ikut pendidikan profesi guru. Selain belajar tentang geografi, tapi ada juga kependidikannya. Nah, karena adanya konsentrasi, peluang kerja kita jadi lebih luas. Kita bisa jadi analis penginderaan jauh, analis SIG atau analis kewilayahan, apalagi dengan adanya konsentrasi tambahannya nanti.

Tips untuk maba

Tipsnya nih ya buat temen-temen maba yang baru masuk di jurusan ini yaitu dinikmati aja guys. Hehehe meskipun  banyak pergi kesana-sini, laporannya tebel-tebel ya dinikmati. Tugas yang diberikan dosen itu juga untuk membuat kita lebih baik juga, menambah ilmu dan pengetahuan kita juga.

Rencana setelah lulus

Rencanaku setelah lulus nanti pengennya melanjutkan S2 di Perencanaan Wilayah Kota atau Magister Rancang Kota karena sebenernya kalau mau lanjut ke S2 pilihan jurusannya lebih banyak

Kode Konten: Y144

Komen dibawah! 2

  1. Rizky Fadhillah

    Kak, apakah jurusan pendidikan geografi bisa masuk ke BMKG? Jika tidak bisa, apa yang paling mendekati dengan meteorologi dan klimatologi? Tolong pencerahannya kak..

  2. wen

    hai, aku mo bantu jawab. biasanya kalo mau langsung lulus ke bmkg daftar di STMKG, STMKG tuh sekolah tinggi kedinasan tapi sayangnya taun ini ga buka pendaftaran. btw aku juga mau ke bmkg kalo lulus:(

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *