PGMI

Pendidikan Guru MI UIN Bandung (Yasmin)

Pendidikan Guru MI UIN Bandung (Yasmin)

Halo teman-teman. Perkenalkan, saya Yasmin Gehan Putri, biasa dipanggil Yasmin. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya selama kuliah di jurusan Pendidikan Guru MI UIN Bandung ini.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

unisa

Apa itu Jurusan Pendidikan Guru MI UIN Bandung?

Seperti jurusan pendidikan lainnya, kita diajari bagaimana cara mendidik dan mengajar yang baik. Mahasiswa PGMI diharapkan menjadi guru kelas pada suatu saat nanti. Jurusan PGMI berfokus pada seluruh mata pelajaran yang ada di Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD). Juga berfokus pada hal-hal seputar teknik, metode, juga cara belajar mengajar. Oleh karena itu, kami dididik dan diajari bagaimana caranya menjadi guru kelas yang baik lewat mata kuliah yang kami terima.

Mata kuliah yang dipelajari di sini cukup banyak dan beragam. Tentu ada mata kuliah seperti seni tari, drama, pendidikan jasmani, IPA, psikologi pendidikan, landasan pendidikan, pengembangan profesi guru, statistika pendidikan, dan masih banyak lagi. Terdengar seperti kembali lagi ke masa SD. Namun ternyata tidak. Di sini kita belajar cara mengajar, bagaimana agar dapat mengajari siswa dengan benar.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Tidak hanya mempelajari dan menghapal setiap konten mata kuliah, tetapi juga belajar bagaimana caranya mengajarkan materi-materi pelajaran kepada siswa. Contohnya mata kuliah pemecahan masalah matematika. Bukan hanya sekadar memecahkan rumus-rumus matematika dan menghapalnya. Namun kita juga diharapkan mampu memberikan solusi untuk suatu soal dengan rumus yang dibuat sendiri. Memang agak membingungkan, namun pada akhirnya terasa seru dan menyenangkan dapat meningkatkan rumus-rumus menjadi lebih mudah dan enak dipelajari.

pmb2-min

Mata Kuliah yang Berkesan

Tersedia mata kuliah yang cukup mengesankan dan sangat identik dengan jurusan pendidikan, yaitu micro teaching atau praktik mengajar. Kami diajari seluk beluk seputar cara mengajari siswa dengan berbagai macam metode yang efektif dan menyenangkan. Kami diminta untuk mengajar beberapa pembelajaran di MI, antara lain tematik dan matematika.

Dosen yang mengampu mata kuliah tersebut adalah Ibu Inne. Beliau memiliki metode yang menarik agar kami paham dan mengerti akan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar. Beliau juga salah satu dosen panutan saya, lho. Saya mendapatkan pengalaman yang menarik dan mengesankan saat mempelajari mata kuliah ini. Kami bergiliran menjadi guru, sementara itu teman-teman mahasiswa lainnya menjadi siswa. Kami melakukan kegiatan belajar mengajar sebagaimana yang dilakukan para guru di dalam kelas. Walaupun situasi dan kondisi saat itu tidak sepenuhnya menampakkan situasi kelas yang nyata, tetapi mata kuliah ini cukup memfasilitasi calon guru agar siap menghadapi kondisi kelas yang sebenarnya di lapangan suatu saat nanti.

Saat penelitian, mengajar di sekolah

Organisasi apa yang ada di Jurusan Pendidikan Guru MI UIN Bandung?

Organisasi yang saya ikuti sewaktu kuliah adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan PGMI atau biasa disingkat HMJ PGMI. Banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan selama tiga tahun mengikuti organisasi tersebut. Banyak event-event yang kami adakan. Seperti Gebyar PGMI, Ratijan, Acara Khotmul Qur’an, dan masoh banyak klagi. Saya diberi amanat untuk menjadi ketua bidang Pengembangan Pers Mahasiswa pada akhir periode kepengurusan saya. Idealisme, dedikasi, dan loyalitas yang saya dapatkan dan pelajari dari sana mulai terasa manfaatnya saat ini.

Apa Prospek Kerja di Jurusan ini dan bagaimana Praktik Kerja di Pendidikan Guru MI UIN Bandung?

Setiap mahasiswa pasti mengalami pembelajaran di lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL adalah wadah untuk mahasiswa mendapatkan pengalaman sebelum benar-benar “terjun” ke lapangan. Mahasiswa PGMI ditugasi melaksanakan PPL di MI tentunya. Kami belajar semua hal seputar belajar mengajar di MI selama kurang lebih dua bulan. Banyak sekali pengalaman mengesankan yang didapat dari PPL itu, baik suka maupun duka.  Kami menghadapi anak-anak yang masih senang bermain sehingga kurang fokus saat pembelajaran. Hal-hal yang kami temui saat PPL menunjukkan bahwa tidak mudah untuk menjadi guru. Guru benar-benar pekerjaan mulia dan hanya orang-orang terpilihlah yang dapat menekuninya dengan baik dan bijak.

Prospek kerja di Jurusan PGMI sudah pasti menjadi guru kelas. Selain itu, banyak juga alumni jurusan PGMI yang menjadi dosen. Biasanya, saat kami memasuki semester delapan beberapa sekolah mengirimkan surat rekrutmen untuk kami. Jadi, bukan kami yang melamar pekerjaan melainkan dilamar oleh pekerjaan-pekerjaan itu. Bahkan biasanya setelah pelaksanaan PPL, guru-guru di sekolah tempat kami PPL meminta kami menjadi guru tetap di sekolah tersebut.

Tips untuk Maba?

Untuk teman-teman yang berminat melanjutkan studi di jurusan PGMI, mulailah ambil jurusan ini dengan niat dan tujuan yang baik. Banyak orang bilang, menjadi guru adalah keterpanggilan dari dalam hati nurani. Masa depan anak bangsa ada di tangan kita, yaitu calon guru dan guru se-Indonesia. Niatkanlah mengajar untuk ibadah dan mengabdi kepada negeri. Belajarlah dengan giat agar dapat mencerdaskan anak bangsa di masa depan.

Kita sebagai calon guru, harus memiliki pribadi yang baik. Contohnya dalam perkuliahan yaitu belajar dengan ikhlas. Belajar itu, jangan sekadar diniatkan untuk IPK yang tinggi atau sekadar pujian dari dosen. Itu semua hanya goresan angka dan ucapan saja. Kalau niatnya hanya itu tentu kita hanya akan belajar saat memasuki masa-masa ujian atau giat belajar saat mendapat reward. Setelah itu menghalalkan segala cara untuk bisa mendapatkan nilai sempurna, menyontek contohnya. Jangan sampai kita lakukan hal-hal seperti itu. Masa depan bangsa ada di tangan kita. Berlakulah jujur dan baik mulai saat ini. Karena pengajaran akan lebih bermakna jika diiringi contoh teladan yang baik.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Rencana setelah lulus?

Alhamdulillah saya sudah lulus dan wisuda pada tanggal 9 Agustus 2020. Saat ini saya sedang membangun sebuah Lembaga Privat Pendidikan Al-Qur’an yaitu Hubbul Quran. Untuk saat ini saya ingin fokus mengembangkan lembaga tersebut. Mimpi saya, semoga bisa melanjutkan kuliah S2 dan mengajar kembali di jurusan Pendidikan dengan harapan, ilmu yang saya berikan untuk orang lain dapat bermanfaat dan menjadi amal jariyah.

Kode konten: X426

Komen dibawah! 2

  1. Siti Aisyah Zamilah

    Ka izin bertanya, mata kuliah apa saja sih yang di pelajari di jurusan pgsd uin bandunga?

  2. Kamilah

    Assalamu’alaikum kak, izin bertanya. Apakah jurusan PGMI UIN tidak terdaftar di SNMPTN? Kakak masuk jurusan ini lewat jalur apa ya kalo boleh tau. Terimakasih kak, maaf jika saya menganggu waktunya 🙂

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *