PGMI, Universitas Islam Negeri

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Malang (Iqbal)

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Malang (Iqbal)

Hallooo, Assalamulaikum teman-teman. Perkenalkan saya Muhamad Iqbal Maulana biasa di panggil Iqbal. Saya sudah lulus sebagai sarjana jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN MALANG Angkatan 2016 dan lulus dengan tepat waktu tahun 2020. Kemudian saya sekarang melanjutkan kuliah lagi pascasarjana Universitas Negeri Malang jurusan Manejemen Pendidikan angkatan 2020. Nah saya disini akan menceritakan berbagai pengalaman dalam dunia perkuliahan yang ada di Kota Malang. Khususnya adek-adek yang sedang dilema dalam mencari jurusan yang tepat dan cocok yang sesui keinginan dari adek-adek semua. Semoga cerita saya dapat membantu sebagai referensi dan boleh comment di bawah kalo semisal ada kebingungan. Yuk simak baik-baik dari tulisan saya.

Apa yang dipelajari di Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Malang?

Dalam jurusan ini, kita diajarkan bebagai macam mata kuliah yang komperhensif dalam bidang pendidikan yang tujuannya kita di tuntut untuk menjadi guru kelas di sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Dalam bidangnya di sini memang guru kelas harus bisa menguasai berbagai macam mata pelajaran yang ada di lembaga pendidikan dasar. Oleh karena itu kita di tuntut untuk serba bisa dan sabar dalam menghadapi berbagai macam siswa yang mempunyai karakter yang berbeda-beda. kuliah di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, maka kamu akan disiapkan untuk jadi Guru SD. Buat kamu yang suka sama anak-anak, jurusan ini cocok banget deh!

unisa

Kamu akan mempelajari hampir semua materi pelajaran, seperti Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PPKn, Seni juga Keterampilan. Kamu belajar mulai dari konsep dasar, pendidikan, sampai gimana melakukan pemgembangan pembelajaran setiap mata pelajaran. Selain itu, belajar gimana mengelola kelas, mengevaluasi kurikulum, menyusun bahan ajar,membuat rpp dan melakukan penilaian. Nah, selama kuliah, kamu nggak cuma belajar teori aja. Ada praktiknya juga lho, yaitu Program Pengalaman Lapangan (PPL). Saat PPL, kamu benar-benar akan merasakan jadi Guru betulan, karena terjun ke sekolah untuk mengajar dalam waktu tertentu.

Ditempa selama kurang lebih 4 tahun atau 8 semester di bangku perkuliahan, hari-harimu akan ketemu sama mata kuliah seperti Psikologi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Etika Pendidikan, Pendidikan psikologi perkembangan anak , Kurikulum Pembelajaran SD, Strategi Pembelajaran SD, Media Pembelajaran SD, Penilaian Pembelajaran SD, Perkembangan Peserta Didik, Bimbingan Konseling SD, Pengembangan Pembelajaran Tematik, Pendidikan Matematika Kelas Awal, Pendidikan Matematika Kelas Lanjut, Keterampilan Berbahasa dan Bersastra Indonesia SD, Konsep Dasar IPA SD, Pendidikan IPS SD, Pengembangan PPKn SD, dan lain-lain. Nantinya setelah lulus, Intipers bakalan menyandang gelar Sarjana Pendidikan atau Sarjana Pendidikan Sekolah Dasar (S.Pd.SD.). Kalau mau melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana juga bisa lho,. Ada sangat banyak pilihan kampus bergengsi yang bisa kamu jadikan referensi.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kenapa Harus Ikut Organisasi Intra Maupun Ekstra Kampus ?

Dalam dunia perkampusan sangatlah banyak organisasi yang ada karenan disitulah organisasi tersebut untuk menaungi bidang dan bakat minat kalian dalam mengisi waktu luang selain waktu perkuliahan Selain itu ada banyak kegiatan yang ditawarkan di universitas. Diantaranya mengikuti kegiatan himpunan mahasiswa jurusan (HMJ), BEM Fakultas, BEM Universitas, unik kegiatan mahasiswa (UKM), pergerakan mahasiswa islam Indonesia (PMII), HMI, IMM dll. Intinya ketika kalian mengikuti organisasi tersebut maka kalian pintar-pintar dalam membagi waktu antara organisasi dan perkuliahan tapi menurut saya pasti ada yang diprioritaskan yakni di perkuliahan. Ingat tujuan dan niat awal kita itu kuliah dan bisa lulus tepat waktu dan organisasi sebagai sampingan dalam mengembangkan bakat dan minat kita. OK

pmb2-min

Kenapa Harus Memilih Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Malang?

Tentunya sangatlah banyak keuntungan dalam bidang ilmu pendidikan  dan pengalamanya dalam jurusan ini

  1. Lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar nantinya akan jadi jembatan menuju kesuksesan loh Ya, kamu bakal jadi sosok pahlawan tanpa tanda jasa.
  2. Selain mengajar di sekolah, kamu bisa jadi Guru di bimbingan belajar online ataupun offline. Dengan menjadi Guru, kamu bisa terus meng-upgrade kemampuan dalam bidang akademik.
  3. Dalam hal lain Kamu bisa juga gabung dengan Indonesia Mengajar, program yang mirip dengan SM3T tapi pengelolaannya oleh swasta. Indonesia Mengajar mengirim anak-anak muda terbaik ke pelosok negeri untuk menjadi Guru dan hidup bersama masyarakat setempat untuk mengajarkan ilmu pengetahuan dan menebarkan insprasi positif.
  4. Sekarang ini ada juga program pemerintah yang merekrut Sarjana Pendidikan terbaik untuk jadi Guru Garis Terdepan. Program apalagi kalau bukan SM3T ? Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal. Jadi kamu akan disiapkan jadi Guru untuk membantu supaya kualitas pendidikan di Indonesia merata.
  5. Ketika sudah menjadi seorang sarjana kemudian memperoleh Akta IV jadi seorang Sarjana Pendidikan juga bisa jadi Konsultan dan mengajar dalam lembaga pendidikan. Nantinya, kamu akan mendampingi sekolah untuk mendesain visi dan misi, melakukan pengembangan kurikulum, mengevaluasi kinerja guru, memberikan pelatihan mengajar kreatif, dan sebagainya. Seru deh.

Prospek Kerja Dalam Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Malang

Dalam dunia pekerjaan sesuai dengan nama jurusannya, nantinya kamu mempunyai prospek bekerja yang jelas yakni menjadi guru sekolah dasar. Saat ini, ketersediaan guru SD masih sedikit dan belum memenuhi kebutuhan, terutama di daerah-daerah pedalaman. Jika kamu memilih kuliah di jurusan ini, kamu bisa berkarya di daerah pedalaman yang membutuhkan tenagamu sebagai guru. Selain guru SD, kamu juga bisa menjadi pengajar di bimbingan belajar. Selain itu lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar memang dicetak jadi Guru.

Enggak menutup kemungkinan kamu bisa mencoba profesi lain di bidang pendidikan. Misalnya nih, kamu bisa jadi seorang pakar yang memberikan pelatihan mengajar kreatif kepada guru-guru SD di berbagai wilayah di Indonesia. Bisa juga jadi konsultan dalam mengembangkan sekolah. Atau kamu yang suka menulis? Bisa menyusun buku ajar, jadi editor buku ajar juga buku latihan soal. Jadi, untuk berkontribusi pada pemerataan kualitas pendidikan bisa dengan berbagai cara ya. Pokoknya bekal ilmu dan keterampilan yang kamu dapatkan di bangku kuliah bakal jadi nilai jual yang patut kalian banggakan. Apalagi kalau punya Sertifikasi Kompetensi Guru pasti gaji atau bayarannya pasti di tambah.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Harapan Dan Rencana Setelah Lulus Kuliah.

Alhamdullilah saya sudah lulus dengan tepat waktu yakni 3 tahun 10 bulan dengan 8 semester. Saya sekrang juga sudah mengajar sebagai guru kelas di pendidikan dasar yang ada di Kota Malang selain tugas mengajar sebagai guru kelas saya juga melanjutkan pendidikan lagi Pascasarjana S2 di Universitas Negeri Malang dengan konsentrasi jurusan Manejemen Pendidikan. Oleh karena itu kenapa saya mengambil pendidikan lagi di S2 karena saya memang masih merasa kurang dalam wawasan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan. Jadi saya melanjutkan S2 tersebut karena tujuannya untuk syarat sebagai kepala sekolah dan juga bisa jadi dosen di Universitas yang kalian inginkan.

Kode konten: X448

Komen dibawah! 1

  1. Wahyu Kurniawan

    Assalamu’alaikum Kak mau nanya Semisal Mau jadi guru yg fokus pada 1 mata pelajaran aja gimana itu ya kak apakah jururaan ini cocok untuk di ambil misal kayak jadi Guru Sma/Smp Bukan SD yg semua mata pelajaran , trimakasih

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *