PGSD, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNS (Aghnia)

Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNS (Aghnia)

Halo sobat intipers! Aku Aghnia Haudli Firdaus dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNS  angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNS ?

Secara sederhananya, PGSD mungkin kita sudah paham bahwa ini adalah prodi yang khusus untuk teman-teman yang memiliki ketertarikan kepada dunia pendidikan SD. Bisa dibilang kita mempersiapkan seorang mahasiswa untuk menjadi guru SD dikemudian hari. Diharapkan lulusan PGSD nantinya emiliki kompetensi khusus untuk mengemban amanah sebagai guru SD. Bahkan kita mungkin beranggapan bahwa PGSD itu hanya fokus kepelajaran SD, tapi tidak demikian. Banyak hal baru, misalnya kita dituntut untuk memahami keterampilan seperti teater, drama dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar?

Di UNS itu ada prodi PGSD di 2 wilayah, di Surakarta dan Kebumen. Alasan saya memilih PGSD awalnya saya bukan memilih PGSD sebagai prioritas, saya memilih Psikologi dan Ilmu Politik namun belum lolos. Saya memilih PGSD berangkat dari guru saya terdahulu, saya masih memiliki komunikasi intens dengan guru-guru saya. Bagaimana dulu guru saya di SD memberikan contoh yang baik, pelajaran, yang akhirnya menjadi motivasi saya untuk memilih PGSD. Saya sebelum kuliah ini adalah siswa boarding school, dimana kemudian salah satu pengembangan yang ada adalah bagaimana saya bisa mendidik anak-anak dengan mengajar TPA. Ketika saya kelas 10 saya sudah biasa mengajar TPA. Itu juga menjadu motivasi saya dalam memiliki ketertarikan pada dunia anak, makanya saya memilih PGSD.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Pendidikan Guru Sekolah Dasar?

Mata kuliah kita terbagi menjadi 2, yaitu secara teoritis dan terjun kemasyarakat dengan mengajar di SD yang ada di semester 4,6, 7 dan 8. Bicara terkait mata kuliah, dulunya saya beranggapan materinya fokus ke pelajaran anak SD. Tapi kita akhirnya belajar materi yang juga kita dapatkan di SMP dan SMA. Misalnya mata kuliah IPA, saya tidak belajar IPA SD, namun saya belajar juga fisika, kimia dan biologi. Pun juga dengan IPS. Contoh, kita ngebedah ikan, belajar juga sistem katrol, reaksi kimia dan lain sebagainya. Lalu ada juga laporan praktikum yang 11/12 dengan anak-anak saintek. Selain itu ada beberapa hal lainnya dimana ada mata kuliah seperti strategi belajar mengajar, menelaah kurikulum apakah relevan dengan situasi saat ini, membuat Rancangan Persiapan Pembelajaran atau RPP. Ada tambahannya misalkan kita menuliskan bagaimana model kita menyampaikan materi, media apa yang digunakan. Kita juga ada Pramuka dimana ketika nantinya sebagai guru kita aka nada keterlibatan pramuka. Ada pelajaran mengenai keterampilan juga. Kita harus menguasai keterampilan yang ada, seperti misalnya membuat batik, hiasan ketupat, olahan dari singkong, belajar menari, musik, paduan suara juga dipelajari yang sangat unik sekali.

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNS ?

Kalau bicara konsentrasi, karena secara konteks Namanya sudah PGSD, konsentrasi kita cuma fokus ke satu hal yaitu menjadi guru PGSD. Namun ada konsentrasi mata kuliah seperti fokus pada pembelajaran dan pengembangan peserta didi, ada yang fokus ke bagaimana perencanaan dan pengelolaan sekolah. Namun secara garuis besar hanya fokus kepada satu konsentrasi saja.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuk yang ada di PGSD UNS sendiri ada SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri. Kebetulan kalau di UNS ada beberapa seleksi mandiri, yaitu seleksi ujian tulis, ujian tahfidz minimal 15 juz, ujian jalur kepemimpinan seperti ketua OSIS atau lembaga lainnya, ada juga jalur khusus disabilitas dan jalur internasional (namun di PGSD belum tersedia untuk jalur internasional). Ada juga jalur kerjasama perusahaan yang ada ujian tes tulisnya.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Tips untuk teman-teman yang pertama adalah persiapkan niat. Meskipun entah niatnya menjadikan PGSD sebagai opsi utama atau bukan, tetap persiapkan saja. Kita kuliah harus dengan niat yang baik. PGSD ini sebenarnya jurusan yang have fun namun mumet juga ya. Ketika kemudian kalian sudah memilih, aka nada fase dimana kita merasa yang kita pilih ini salah, kita salah jurusan dan lain sebagainya.  Itu bukan sebuah analogi yang bisa diiyakan. Meskipun kita pindah prodi akan ada siklus yang sama. Silakan setelah kalian memilih, niatkan untuk belajar meskipun bukan passion. Kita perlu menyukai hal yang ga kita sukai. Kalian akan tetap naik semester, lulus dan wisuda. Ketika teman-teman menghadapi proses kuliah ini, nikmatilah prosesnya. Tetap semangat, apapun yang kalian pilih, wajar untuk merasa capek, Namun ketika kalian udah niat dengan baik, akan ada motivasi tersendiri untuk menjadi guru yang baik dan dapat dicontoh murid-muridnya.

Prospek kerja dan alumni jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNS  seperti apa?

Prospek kerja alumni akan terfokus sebagai guru SD, namun ada beberapa yang lain misal kepala sekolah, pihak administrasi, tata usaha dan stakeholder lainnya. Ada opsi lain, ruang lain seperti Dinas Pendidikan, Kemendikbud bahkan wirausaha. Kita juga dipersiapkan untuk berwirausaha. Guru secara tanggungan dan lain sebagainya mungkin kurang memenuhi kesejahteraannya, maka kita dituntut untuk mandiri salah satunya dengan cara berwirausaha. Kita juga bisa menjadi guru di bimbel atau les privat. Kita juga bisa ambil fokus di magister atau studi lanjut S2 sehingga nantinya bisa menjadi dosen. Secara relevansi masih masuk kedunia pendidikan. Pekerja kantoran juga banyak, tidak menutup kemungkinan  alumni PGSD bisa diterima dimana-mana.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Setelah lulus nanti saya punya beberapa plan dimana plan pertama adalah mengajar. Plan terbesar saya sejujurnya adalah saya pengen banget untuk bisa ikut sebagai volunteer di daerah 3T, karena itu salah satu motivasi saya mengapa saya memilih PGSD. Saya ingin menjadi tenaga yang membantu pihak-pihak yang membutuhkan. Namun karena membutuhkan income juga, mungkin saya akan mencoba berwirausaha dengan menggerakkan usaha-usaha makanan atau sejenisnya.

Kode konten: C959

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.