Pendidikan IPA, Universitas Negeri Malang

Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang (Nidya)

Halo intipers. Perkenalkan saya Nidya Nur, mahasiswa jurusan Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang (UM) angkatan 2019. Disini saya ingin membagikan pengalaman terkait perkulihan selama 4 semester ini. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Gambaran besar jurusan Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang

Sesuai dengan namanya pendidikan, maka basic yang diajarkan adalah pendidikan yang nantinya diharapkan bisa menjadi pendidik yang baik. Namun, terlepas dari itu tidak selalu mahasiswa Pendidikan IPA menjadi seorang pendidik. Kita bisa menjadi seorang laboran atau bahkan peneliti. Pendidikan IPA merupakan jurusan yang unik. Kita tidak hanya mempelajari satu ilmu spesifik sains saja, tetapi integrasi antara kimia, biologi, dan fisika. Sehingga, kita nantinya tidak memiliki kecondongan menguasai salah satu bidang sains, melainkan semuanya kita memahami basicnya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Matakuliah dan tugas khas jurusan Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang

Pendidikan IPA tidak hanya belajar tentang sains. Ada matakuliah yang khas yaitu ilmu kebumian. Pada matakuliah tersebut kita belajar tentang terbentuknya bumi, lempeng, samudra dan lainnya . Sehingga, meskipun jurusan IPA tetapi kita bisa merasakan bagaimana kuliah di jurusan Geografi atau Osenografi. Matakuliah ilmu kebumian juga ada praktikumnya loh, dan hal itu yang paling membuat terkejut dan mengherankan, tapi tenang aja praktikum ilmu kebumian kita akan diajak eksplor langsung ke alam. Kalau di UM, praktikum atau studi lapangannya ke kawah Ijen, Banyuwangi sehingga bisa sekalian resfress otak biar ndak jenuh dengan tugas yang banyak. Terlepas dari itu, praktikum di jurusan Pendidikan IPA lebih banyak, hampir 1 bulan akan melakukan praktikum sebanyak 6 kali dengan matakuliah yang berbeda-beda.

Tips untuk mahasiswa baru yang masuk jurusan Pendidikan IPA

Dengan jadwal perkuliahan yang padat ditambah lagi jadwal peraktikum yang banyak, itu terkadang memang membosankan. Tapi nikmati dan jalani prosesnya, mengeluh boleh tapi tetap semangat apapun yang terjadi. Awal aku maba, belum ada 1 bulan mahasiswa yang udah keluar hampir 10 orang dalam 3 oferring karena mereka merasa bosan, merasa sendirian, dan stres pada tugas-tugas yang banyak. Ingat bahwa kalian tidak sendiri, teman kalian juga mengalami hal yang sama karena kalian 1 angkatan. Jika teman kalian bisa, maka kalian juga bisa semua itu proses dan nggak ada hal yang instan kalau kalian ingin mencapai kesuksesan yang sejati. Pesan yang selalu aku ingat adalah

“hidup bukanlah siapa yang pintar, melainkan siapa yg mampu untuk terus bertahan dan berjuang. Dimana nantinya akan mencapai finish dengan usaha dan kerja keras”

Pada dasarnya semua jurusan itu sama dan nggak ada yang mudah, dan pastinya memiliki banyak tugas terlebih kalian ada di jurusan yang memiliki basic sains. Tetapi tenang, basic sains akan memiliki peluang lebih besar kedepannya karena dunia ini akan selalu berkembang, sehingga dibutuhkan orang-orang yang bisa berpikir kritis dan menganalisis apa yang sedang terjadi. Tidak ada orang yang salah jurusan, sehingga perspektif yang sering bilang “aku salah jurusan” adalah orang yang belum menemukan kenyamanan pada jurusan tersebut. Hidup ini pilihan, saat kita sudah dihadapkan pada pilihan tersebut, tidak ada kata mundur tetapi harus terus bertempur hingga kalian memenangkan peperangan tersebut.

Slide1

Ikut organisasi dan volunteer

Selain belajar kita juga harus bereksplorasi lebih terkait kegiatan-kegiatan yang dapat membuat diri kita trus berkembang. Awal maba saya mengikuti organisasi paduan suara, jadi setelah praktikum yang sedikit menjenuhkan diakhiri dengan menyanyi-menyanyi di organisasi. Jadi saran saya pilihlah organisasi yang bisa membuat kalian menghilangkan stres saat jadwal perkuliahan yang padat, karena itu akan sangat membantu sekali. Dan untuk volunteer itu sendiri, aku mulai mengikutinya semester 4 ini. Karena awal maba, bener-bener proses penyesuaian tugas, kehidupan, bahkan pola tidurpun harus menyesuiakan. Alasan itulah kenapa awal maba saya nggak hanya mengikuti satu organisasi saja. Volunteer yang saya ikuti berfokus pada pendidikan, sehingga bisa saling tukar ilmu, berbagi ilmu kepada sesama.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Prospek kerja jurusan Pendidikan IPA Universitas Negeri Malang

Pastinya kita memiliki peluang yang lebih untuk menjadi seorang pendidik, entah itu jadi dosen, atau guru. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kita nantinya bisa mnejadi seorang laboran atau peneliti. Kita di jurusan Pendidikan IPA diajarkan bagaimana bekerja di laboratorium, dan menjadi peneliti yang bisa berpikir kritis dan sistematis.  Mahasiswa yang kuliah di jurusan Pendidikan IPA juga bisa bekerja di staf menteri pendidikan juga loh, jadi tunggu apalagi yuk masuk jurusan Pendidikan IPA.

Rencana kedepannya setelah saya lulus dari pendidikan IPA, saya ingin menjadi pendidik terlebih dahulu untuk mengamalkan ilmu yang telah saya dapatkan di perkuliahan. Jika ada kesempatan beasiswa saya ingin berlanjut ke S2 dengan jurusan Matematika. Karena pada dasarnya saya menyukai matematika serta nalar-nalar dengan ilmu pasti. Semoga saya bisa mewujudkan cita-cita saya untuk menjadi pendidik yang baik dan lanjut S2 dengan jurusan yang saya inginkan.

Terkait penjelasan saya di jurusan Pendidikan IPA, semoga intipers berminat untuk masuk di jurusan ini karena jurusan ini adalah jurusan yang baru berdiri pada tahun 2013, dan termasuk jurusan muda. Peluang kalian lebih banyak dibandingkan dengan jurusan yang berdirinya lebih lama. “bermimpi setinggi2 nya, berdoa setulus2 nya, dan berusaha sekeras2 nya”

Kode Konten: C455

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Left Menu Icon
Instagram @intipkuliah