Pendidikan IPA

Pendidikan IPA Universitas Tidar (Icha)

Pendidikan IPA Universitas Tidar (Icha)

Halo sobat intipers! Aku Icha Erliana dari Pendidikan IPA Universitas Tidar angkatan 2019 . Kali ini aku ingin sharing peng mbalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan IPA Universitas Tidar seperti apa?

Secara umum pendidikan IPA, kita mempelajari beberapa keilmuan dan keahlian tentang ilmu pengetahuan alam dan ilmu pendidikan. Berbagai ilmu pengetahuan alam yang mencakup biologi, fisika, dan kimia. Matematika juga ada. Istimewanya dari pendidikan IPA ini, selain diajarkan materi kuliah yang ada ilmu pendidikannya, kita juga disuguhi cara menjadi pendidik yang baik sesuai aturan serta cara memahami psikologis peserta didik kita nanti. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan IPA Universitas Tidar?

Alasannya karena saya melihat dari latar belakang di SMA. Saya dulu jurusannya IPA dan program studi ini diperuntukkan untuk siapa saja yang punya jiwa edukator. Memang saya punya cita-cita jadi guru. Jadi sesuai dengan cita-cita saya. Didukung juga oleh doa orang tua. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Pendidikan IPA punya mata kuliah kurikulum, media pembelajaran, sumber belajar, teori pembelajaran sama evaluasi pembelajaran. Khasnya itu praktikum dan mata kuliah kependidikan yang tadi saya sebutkan. Nah kalau praktikumnya itu mencakup praktikum IPA dasar, praktikum fisika dasar, praktikum kimia dasar, praktikum biodiversitas, praktikum kelistrikan dan kemagnetan, praktikum gelombang optik, dan lain-lain masih banyak lagi. Ilmu pendidikannya sendiri ada kajian kurikulum IPA, media dan alat peraga pembelajaran IPA, ilmu pengetahuan bumi dan antariksa. 

Karena saya angkatan 2019, jadi kuliah offline nya terhenti di tengah semester 2, jadi saya baru sekali praktikum di kampus. Waktu itu praktikum kimia dan fisika. Kalau yang online itu kita pakai web untuk mengukur gerak bandul, gerak melingkar berubah beraturan karena kan gak bisa secara langsung. 

schooters

Tugas-tugasnya itu banyak buat laporan praktikum dan makalah. Kita harus paham berpikir ilmiah, menyusun jurnal dan menyelesaikan soal dan kuis. Praktikumnya itu ada yang individual dan kelompok. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi atau peminatan itu belum ada, karena prodi Pendidikan IPA di Universitas Tidar masih tergolong baru. Prodi ini didirikan pada tahun 2017. Kurikulumnya itu kita sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi yang merujuk pada KKNI. 

Jalur masuknya ada apa aja?

Jalur masuk ada 3, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Keketatan dan rasionya itu masih terbilang cukup. Total daya tampung 2020 ada 160 dari seluruh jalur masuk. Peminat keseluruhan tahun 2020 itu ada 547 orang namun yang diterima 149. Rasio keketatannya ada 3,67%. Informasi tentang ujian mandiri bisa akses ke untidar.ac.id atau bisa ke instagram officialnya.  

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan IPA Universitas Tidar?

Tipsnya, pertama kita ikut organisasi. Setiap jurusan atau fakultas pasti punya organisasi. Dalam lingkup prodi ada himpunan. Nah kita manfaatin dulu untuk mengasah pola pikir, mendapatkan relasi dan berkontribusi lebih. Organisasi ini kan bervariasi, ada yang internal maupun eksternal. Ada juga yang tingkat universitas. Itu didukung oleh seberapa niat kita untuk bergabung di organisasi tersebut.

Tips kedua yaitu bangun target dan komitmen. Ini penting karena menurut aku ngeluh itu boleh karena kita di sini kan kuliah. Mungkin untuk temen-temen maba kaget sama tugas-tugas yang baru, tapi kita jangan mikir ke situnya karena kita udah punya tanggung jawab.

Ketiga, ikut banyak lomba. Itu bisa dimulai dari semester 1 dan 2. Itu melatih kita untuk bisa membagi waktu dan mengasah kemampuan. Kalau bisa sampai lulus nanti, mungkin salah satu dari lomba yang kita ikutin nanti bisa menang. 

Selain organisasi, kan suka ada kepanitiaan atau relawan untuk mengisi waktu kita dengan kegiatan yang positif. 

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kita didukung untuk siap menjadi tenaga pendidik di bidang pendidikan IPA, peneliti pendidikan IPA. Jika kita mau meneruskan S2 bisa menjadi dosen khususnya di bidang Pendidikan IPA atau sains. Bisa juga jadi seorang pengelola laboratorium IPA, pengelola pendidikan dan mendirikan les di bidang eksak. Utamanya kita bisa menjadi guru SMP, dan masih berkesempatan untuk menjadi guru SD. 

Kode konten: C569

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *