Pendidikan IPA

Pendidikan IPA UNY (Raiya)

Pendidikan IPA UNY (Raiya)

Halo sobat intipers! Aku Raiyani Hidayah Ruida dari jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya, ya intipers.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang dipelajari di Jurusan Pendidikan IPA UNY?

Jurusan Pendidikan IPA di UNY berfokus mendidik mahasiswanya untuk menjadi guru IPA di jenjang SMP. Banyak orang yang mengira di jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) UNY hanya fokus mempelajari 3 mata pelajaran saja, yakni fisika, biologi, dan kimia. Padahal, selain ketiga mata kuliah tersebut, kita juga akan mempelajari berbagai macam ilmu sains, seperti astronomi, bioteknologi, ilmu lingkungan, biokimia, ilmu kebumian, dan masih banyak lagi. Selain ilmu-ilmu sains, kita juga mempelajari ilmu-ilmu kependidikan sebagai bekal mendidik, seperti adanya mata kuliah psikologi pendidikan, manajemen pendidikan, pendidikan sosial budaya, pengembangan media pembelajaran IPA, dan masih banyak lagi.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Di Jurusan Pendidikan IPA UNY, kita akan mendapat mata kuliah sains murni dan mata kuliah kependidikan. Biasanya mata kuliah sains murni akan dibagi menjadi 2, yakni mata kuliah teori dan praktikum. Contohnya, pada mata kuliah ilmu kebumian dibagi menjadi 2, yakni mata kuliah teori ilmu kebumian yang dilaksanakan di kelas dan praktikum ilmu kebumian yang dilaksanakan di laboratorium. Tugas yang khas dari jurusan Pendidikan IPA adalah laporan praktikum, yang mana setiap selesai melaksanakan praktikum, kita diberi tugas untuk membuat laporan praktikum, bisa secara individu maupun kelompok.

Selain beberapa mata kuliah yang telah disebutkan di paragraf pertama, di Jurusan Pendidikan IPA UNY juga terdapat mata kuliah English for Science Classroom, yang mana pada mata kuliah tersebut, mahasiswa diajarkan teknik dan cara mengajar IPA pada kelas Internasional. Pada Jurusan Pendidikan IPA UNY juga terdapat berbagai mata kuliah pilihan yang dapat diambil mahasiswa mulai semester 3. Mata kuliah pilihan yang dapat diambil mahasiswa pun beragam, jika kalian menyukai dunia kesehatan dapat mengambil mata kuliah pilihan ilmu kesehatan pada semester 5, ada pula mata kuliah pilihan keterampilan elektronika bagi kamu yang senang engineering, dan masih banyak lagi.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Jalur masuk di jurusan ini ada 3, yakni SNM, SBM, dan jalur seleksi mandiri untuk S1. Info mengenai jalur mandiri dapat dilihat di laman pmb.uny.ac.id.

Tips-tips untuk Maba di Jurusan Pendidikan IPA UNY

Tips umum untuk mahasiswa baru yang pertama adalah time management. Karena selain tugas individu, biasanya di jurusan Pendidikan IPA UNY juga akan ada tugas kelompok untuk penelitian atau observasi ke luar sehingga diperlukan kemampuan manajemen waktu yang baik dalam mengatur tugas juga kegiatan di luar akademik. Selain itu, tips kedua adalah disiplin waktu. Karena, dosen-dosen di Fakultas MIPA UNY cukup disiplin, mulai dari waktu pembelajaran juga pengumpulan tugas.

Tips selanjutnya adalah ikuti organisasi yang kamu senangi, agar selama kuliah prestasi non-akademik juga bisa diraih. Di UNY banyak organisasi yang dapat kamu ikuti, seperti Himpunan Mahasiswa Jurusan atau HIMA, BEM Fakultas, BEM Universitas, dll. Selain organisasi, di UNY juga terdapat banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat menjadi wadah para mahasiswa baru untuk mengasah atau mengembangkan skill, seperti UKM seni rupa, fotografi, pers, tari modern dan tradisional, penelitian, dll.

Tips lain yang khusus untuk mahasiswa baru Pendidikan IPA UNY adalah selama kuliah kamu juga bisa sekaligus menjadi tutor les/bimbel untuk mata pelajaran IPA. Kamu bisa mengambil waktu mengajar di weekend atau saat tidak banyak tugas. Dengan menjadi tutor atau pengajar les bisa melatih kamu dalam mengajar IPA pada peserta didik.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Selain menjadi guru IPA, prospek kerja di jurusan ini cukup banyak, seperti peneliti di bidang sains, bisa melanjutkan studi S2 untuk dapat menjadi dosen di program studi MIPA, desainer grafis media pembelajaran IPA, enterpreneurship, dll. Selain itu, alumni dari jurusan ini juga ada yang bekerja sebagai kepala sekolah. Lulusan dari jurusan Pendidikan IPA akan mendapat gelar S.Pd.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Setelah lulus dari jurusan ini, rencananya akan mengajar IPA di jenjang SMP. Setelah itu, jika ada kesempatan akan melanjutkan studi ke S2.

Kode Konten: X234

Komen dibawah! 11

  1. Aulia Rahmah

    Kakak aku masih kelas 2 SMA, pengin tips nya kk biar bs masuk kesitu dong

  2. Susinta w

    Kak mau tanya dong buat masuk pend. Ipa uny lewat snmptn minimal rata rata rapot nya brp ya?

  3. Ai Mawar Rahmawati Fitri

    Kak apakah dari prodi ipa belajar fisikanya lebih mendalam lagi kaya sma atau enggak?

  4. Mita azlina

    Kak mau tanya kira kira kalau masuk di pend ipa UNY melalui jalur snmptn rata rata nilai rapotnya berapa ? Terimakasi kk sebelumnya

  5. Hayundita

    Assalamualaikum kak, mau tanya kakak dulu waktu snmptn nilai rata rata raportnya berapa kak? agar bisa dijadikan tolak ukur, walaupun angkatan 2017 sudah berbeda dengan angkatan 2021, Terimakasih kak

  6. RAHMA YULINAR

    Kak, selama mata kuliah English for science classroom apa selalu menggunakan bahasa Inggris? Pengajaran dari dosennya, tanya-jawabnya pakai bahasa Inggris?

  7. Salsabila

    Untuk masuk ke pend IPA UNY rata” nya berapa ka?

  8. Meita dewi

    assalamualaikum kak, mau tanya, nilai rata2 rapot kaka waktu snmptn berapa kak?

  9. Fatma Ibrahim

    Assalamualaikum kak
    Saya mau nanya, rencananya saya tahun ini mau masuk snm p. IPA UNY. Kira2 rata2 rapotnya berapa? Terus kalau lampiran sertif kayak gimana
    Terimakasih šŸ™

  10. Anum Tri kusumawati

    Kak Kira” rata” nilai raport snmptn kakak berapa yaa? Dan Kalo Di Pendidikan IPA apakah belajar fisika nya lebih mendalam seperti SMP SMA?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *