Olahraga, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Kepelatihan Olahraga UPI (Faisal)

Pendidikan Kepelatihan Olahraga UPI (Faisal)

Halo intipers! Perkenalkan aku Faisal Helmi dari jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga UPI / PKO UPI. Jurusan yang berfokus pada segi ilmu kepelatihan ini harus memiliki kondisi fisik yang prima. Yuk, simak informasi lainnya yang akan aku sampaikan tentang jurusan ini.

[Versi Video dari artikel ini, klik play]

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga UPI?

Di jurusan ini, selain ilmu kepelatihan, juga diajarkan tentang kewirausahaan. Dan, banyak beberapa cabang olahraga yang ada di jurusan ini. Namun, tetap lebih ke ilmu kepelatihan itu sendiri.

Slide5

Adakah mitos atau stereotip di jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga UPI ?

Mitosnya katanya prodi ini keras, namun, keras di sini karena di jurusan ini dituntut belajar langsung di lapangan, nah, karena itu, mahasiswa PKO harus benar-benar serius belajar, karena jika ingin jadi atlit yang profesional, harus banyak latihan yang intensif.

Tugas kuliahnya kaya gimana?

Tugasnya beragam, banyaknya menulis resume setiap pertemuan di salah satu mata kuliah, observasi dan wawancara ke sekolah-sekolah, berlatih mengajar anak sekolah sebagai pendamping guru olahraga dan sebagai calon guru olahraga.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Dosen favorit aku sekaligus dosen pembimbing akdemik yaitu, Pak Yamin, karena beliau bisa mengajar dengan santai, enjoy, suka bercanda, juga materi yang beliau sampaikan bisa dimengerti. Sementara mata kuliah favoritku adalah psioterapi. Mata kuliah ini ada di kurikulum baru. Nah, di sana mempelajari tentang penanganan pertama pada atlit, seperti patah tulang, atau dislokasi.

Ada konsentrasi atau peminatan apa aja di jurusan ini?

Secara umunya kelompok konsentrasi ada yang namanya pencaboran. Ada empat cabang olahraga di jurusan ini yang bisa dipilih di semester 5, yaitu:

  • Bela diri, seperti taekwondo
  • Cabang olahraga permainan, seperti basket
  • Akuatik
  • Gymnastics, seperti senam

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangannya harus beradaptasi dengan lingkungan, harus dituntut kekeluargaan, tidak boleh apatis, melibatkan teman-teman. Untuk mata kuliah, karena banyak di lapangan, fisiknya harus kuat, juga pola makan yang harus di jaga.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Prospek kerja di jurusan ini ditunut sebagai pendidik atau pelatih, tetapi lebih ke pelatih.

Harapan aku setelah lulus

Ingin melanjutkan ke TNI sebagai pelatih jasmani, atau tetap akan memberikan dan mengamalkan ilmu pelatihan kepada adik-adik yang dilatih futsal oleh saya sendiri.

Tips untuk masuk ke jurusan ini

Pertama, untuk masuk ke FPOK, Intipers harus punya pengalaman dalam bidang prestasi, tentunya cabang olahraga. Juga harus mempunyai cabang olahraga yang harus digulati dari awal. Nah, teman-teman bisa mengeluarkan prestasi yang sudah diraih untuk tes di jurusan ini. Lalu, jangan lupa belajar, coba terus karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Kode Konten: Y148

Komen dibawah! 1

  1. Gibran Zaid Asyhab

    Ka, saya siswa kelas 12 di salahsatu madrasah aliyah negri. Saya ingin sekali masuk ke pko fpok upi. Tapi saya masih sangat buta dengan semua ini. Boleb minta sarannya untuk saya agar bisa masuk kesana. Oh iya saya dari kecil sangat senang cabang olahraga voli ka:)

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *