Ilmu Keluarga, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UPI (Silmi)

Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UPI (Silmi)

Hai Intipers! Perkenalkan aku Silmi Farah Fauziah dari jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UPI, FPTK UPI. Simak yuk intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Apa aja yang dipelajari di jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UPI?

Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UPI itu mempelajari tentang seluk beluk keluarga dan pelayanan sosial ke masyarakat. Mata kuliahnya antara lain komunikasi keluarga, pendidikan kesejahteraan keluarga, manajemen sumber daya manusia.

Tugas kuliahnya kaya gimana di jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UPI?

Bicara tentang tugas, sama aja kaya jurusan lain tapi di PKK ini gak berat ya karena kita lebih pada observasi, ada satu tugas yang agak susah harus memberikan dampak positif pada masyarakat dengan menitkberatkan pada pelayanan.

Ada 4 konsentrasi yang bisa dipilih di semester 4:

  1. Akomodasi perhotelan yang nantinya bisa jadi guru di bidang perhotelan atau bekerja di bidang tersebut
  2. Prakarya nantinya bisa jadi guru prakata atau membuka usaha
  3. Ilmu keluarga yang bener-bener mempelajari tentang keluarga
  4. Pekerjaan sosial yang lebih terjun ke masyarakat dan menangani permasalahan sosial

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku selama kuliah?

Mata kuliah favorit ku itu kesejahteraan sosial yang menekankan tentang pelayanan-pelayanan sosial ke masyarakat seperti ke panti jompo atau panti asuhan. Kita itu mempelajari psikis mereka dan hubungannya dengan pelayanan.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan ini menurutku?

Tantangannya ada di tugas observasi, contohnya observasi ke panti jompo itu ada nenek yang memiliki keterbelakangan mental tapi tetap harus bersosialisasi, nah kita belajar menjadi teman bagi nenek tersebut yang lambat laun nenek tersebut bisa bersosialisasi.

schooters

Prospek kerja / alumni Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UPI kerja dimana aja?

Masih banyak yang melihat jurusan ini enggak ada prospek kerjanya, setelah masuk jurusan ini banyak yang pasti jadi ibu rumah tangga karena belajarnya tentang keluarga. Sebenarnya enggak begitu, prospek kerjanya malah yang paling banyak di prodi kita karena bisa linier ke berbagai bidang.

Alumni sangat banyak yang bekerja di pemerintahan seperti dinas sosial, kementrian sosial, BNN, ada juga yang bekerja di sektor swasta misalnya di bank di bagian yang berhubungan dengan customer karena belajar komunikasi juga jadi bisa kalau ditempatkan di berbagai sektor.

Tips buat kamu yang mau masuk jurusan ini?

Tips dari aku buat camaba, fyi masuk ke jurusan ini itu mudah karena peminatnya jarang juga. Tetap ikhtiar dulu belajar. Kalau strategi dari aku tentang pemilihan jurusan itu untuk pilihan pertama itu untuk jurusan yang bener-bener diminati, pilihan selanjutnya jurusan yang sepi peminat tapi masih bisa berkesinambungan dengan jurusan yang pertama..

Kode Konten: Y113

Komen dibawah! 15

  1. Vel

    Belajar matematikanya seperti apa kak?

  2. Pengalaman Kuliah di Ilmu Keluarga & Konsumen (Ghina)

    […] Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UPI (Silmi) […]

    • Septiana Nur Aini

      Kak saya ingin bertanya,saya maba baru jurusan pkk dan kata kating saya
      1). pelajaran matematika dan bahasa inggris itu hanya ada di satu semester apa itu benar kak??
      2). Apa kuliah di jurusan pkk harus bisa bahasa inggris?
      Tolong di jawab kak terimakasih

  3. Adistirana Putty

    Kak aku insyaallah tahun depan, mau masuk upi jurusan sosiologi sebagai pilihan pertama dan pkk sebagai pilihan kedua. Apa jurusan ini menurut kakak berkesinambungan?. Makasih sebelumnya kak udh kasih info kepada saya, berguna banget buat saya.

  4. Yunita Audia

    Assalamualaikum kak, kak saya sma jurusan mipa, apakah jika saya ingin masuk ke pkk berkesinambungan kak?

  5. Septiana

    Assalamualikum kak,saya mau nanya kalau pilihan pertama itu tata busana dan yang ke dua itu pkk apa masih berkesinambungan?

  6. Endah

    ka kalo ipa bisa masuk pkk?

  7. Nindi

    Ka gelar akhir perogram studi pkk apa ya ?….terimakasih ka

  8. herty

    assalamualaikum kakak .
    pelajaran menghitung apa aja dalam pkk kak?

  9. jihan

    samaa .. apa bisa ya ? Soalnya PKK ini fakultas nya teknik

  10. Destaria

    Assalamualaikumm KK mau tanyaa jurusan klo kita mau menjahit apaa yaa kakk

  11. Najwa Humaira

    kak izin bertanya, matkul apa yah yg dipelajarin sampe semester akhir?? apakah ada mtk, fisika, kimia, biologi dan bhs.inggris?? menurut kaka, apa matkul yg paling susah?? terima kasih kak sebelumnya, semoga kaka menjawab pertanyaan saya yaa soalnya jawaban dan masukan kaka sangat berguna buat saya kedepannya😀🙏

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *