PKn, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum UNY (Putri)

Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum UNY (Putri)

Halo sobat intipers! Aku Putri Intiya Sari dari jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum UNY. Aku angkatan 2018, sekarang sedang di semester 5. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum UNY seperti apa?

Sebenernya sama dengan jurusan PKn di universitas lainnya. Kita belajar moral, politik, hukum, pendidikan seperti itu.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum UNY?

Sebenernya tanpa rencana dan gak nyangka juga bisa masuk ke jurusan PKnH UNY. Mungkin banyak juga stigma kalau PKn itu belajarnya membosankan, tapi sekarang sepertinya gak begitu ya karena di sini kita belajar untuk mengkreasikan lagi pelajaran PKn sehingga anak didik kita nanti gak merasa pelajaran PKn di sekolah itu membosankan.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum UNY?

Secara garis besar mata kuliahnya ada politik, hukum, moral dan pendidikan. Itu kemudian dibagi lagi. Kalau di politik kita belajar dasar ilmu politik, teori-teori politik. Di hukum kita belajar hukum pidana, hukum perdata, hukum internasional. Kita mempelajari juga dasar-dasar moral, moral agama dan masih banyak lagi.

Mata kuliah politik buat saya paling berkesan karena politik itu kan bahasan yang dekat dan hangat di keseharian kita. Apalagi kita sebagai anak muda yang rentan direcoki politik di luar sana, jadi kita harus tahu dan melek politik jadi kita ada gambaran dan pegangan. Maka dari itu kita gak akan mudah terprovokasi. Jadi kita harus uptodate dengan isu-isu yang terjadi karena itu akan dibahas dan masuk ke mata kuliah. Lalu pendidikan HAM juga menarik, di semester 1 kita belajar bekerja sama dan fokusnya pada action. Kita ngadain seminar nasional, pengabdian pada masyarakat dan puncaknya aksi damai pada tanggal  9 Desember untuk memperingati hari HAM sedunia.

Kalau tugas-tugasnya sendiri itu ada membuat makalah dan terjun ke lapangan. Kita biasa ke sekolah sama pengadilan. Kalau ke sekolah kita mewawancari guru PKn terkait tanggung jawab guru PKn di sekolah dan pembelajaran PKn itu sendiri. Pas di pengadilan sendiri itu mata kuliah Hukum Acara Pidana. Itu pertama kalinya kita liat langsung para narapidana di sidang dan melihat prosesnya gitu.

Apa saja konsentrasi atau peminatan untuk jurusan ini?

Kalau konsentrasi itu lebih fokus ke politik, hukum, moral dan pendidikan gitu, jadi nanti untuk skripsi boleh pilih mau fokusnya ke mana.

Nah adapun mata kuliah pilihan, kemarin saya mendapatkan mata kuliah Pendidikan Inklusif. Kita belajar mendampingi dan menghadapi siswa berkebutuhan khusus di sekolah nantinya.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Sama kaya di universitas lain, ada jalur SNMPTN, SBMPN, jalur mandiri. Kalau jalur mandiri ada jalur mandiri prestasi, tes dan skor SBMPTN. Dulu aku lewat jalur mandiri dan kebetulan tahun saya terakhir jalur mandiri tes tulis. Informasi lebih lanjut bisa diakses ig @unyofficial. Di sana pasti banyak informasi uptodate terkait penerimaan mahasiswa baru.

Kuota penerimaan mahasiswa baru untuk seangkatan itu biasanya 80 orang.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Tipsnya, karena saya bukan asli Jawa, saya merasa kalau pendatang butuh teman. Maka dari itu, perluas jaringan pertemanan. Kita juga sebagai mahasiswa dituntut untuk baca buku atau baca berita, atau kamu bisa diskusi untuk menambah pengetahuan dan insight baru.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kebanyakan dan udah jelas sih menjadi guru PKn atau menjadi seorang akademisi dengan lanjut pendidikan dulu. Kalau guru itu bisa mengajar di jenjang SMP dan SMA. Kalau mau jadi akademisi atau dosen harus lanjut S2 dulu.

Harapan dan rencana ke depannya?

Sebenernya aku pengen ikut program mengajar di tempat terpencil, tapi sayangnya sekarang udah gak ada. Maka nanti mau terjun ke sekolah, saya berasal dari Sumatera yang kulturnya berbeda dengan siswa-siswa di Jawa jadi merasa tertantang gitu.

Kode konten: C202

Komen dibawah! 4

  1. septiani

    keren banget cerita Kaka, sebenarnya apasih yang bikin Kaka yakin kuliah di uny? Apalagi Kaka dari Sumatera? Gimana izin ke orang tuanya kak?

    Saya pengen banget kuliah di uny, tapi saya gayakin sama ekonomi keluarga saya yang saat ini kena dampak pandemi kak:(

    • Putri Intiya Sari

      Hai Septiani salam kenal sebelumnya. Kalo ditanya apa yang buat yakin kuliah di UNY si awalnya aku sama sekali ga kepikiran buat kuliah di Jogja. Selain jauh juga udah insecure duluan karena ngerasa kaya kalah jauh aja sama anak yang dari daerah lain. Tapi waktu itu aku emng udah kekeh ga mau gap year. Capek ditolak mulu sama PTN, iseng-iseng nyari hiburan buka IG eh pas banget ada info klo UNY masih buka pendaftaran jalur SM. Akhirnya aku modal nekat aja dan kebetulan hari itu juga hari terakhir, pokoknya si berperang aja dulu, kalah atau menang itu urusan akhir dan tetep berdoa juga untuk dikasih yg trbaik dan udh nyiapin hati juga klo seandainya nnti ketolak lagi. Walaupun ga ikhlas tapi ya ttp hrus lapang dada krna ya belum rezekinya. Pas pengumuman eh ternyata lulus dan sempet ga nyangka si wkwk. Kalo untuk yakinin ortu ya smpet ada penolakan apalagi aku anak tunggal. Ketidakrelaan ortu melepas aku untuk pergi jauh ya pasti ada, cuma ya dikomunikasikan lagi karena aku pergi kan juga bukan untuk main-main, tpi untuk belajar selain itu juga kebetulan tanteku di Jogja jadinya diizinin walopun dgn berat hari hihihi.

      Untuk kamu, Tetap semangat ya, kamu bisa kok. Mungkin kamu bisa ngajuin KIP? Semoga apa yang kamu inginkan bisa terwujud ya, jangan lupa berdoa juga .. kita tidak tahu kan kedepannya bakal seperti apa? karena kekuatan sang Pencipta itu bisa mengubah yang ga mungkin jadi mungkin. Minta yang terbaik, dan kalo seandainya apa yang terjadi memang bukan sesuai harapan kamu, jangan pernah untuk berprasangka buruk sama Tuhan. Tuhan lebih tau yang terbaik buat hambanya :)).

  2. Septiani

    wahhh, baikk kakkk? terimakasih banyakk dari balesan Kaka aja udah bikin aku bahagia banget, aku bakal coba, berjuang, danbanyak berdoa jugaa kak, makasih banyakk. semoga Kaka sukses ngerantau nyaa, aamiinn.

  3. Arirahmadani

    Assalamualaikum kak kenalin nama aku Ari rahmadani dari Flores NTT sya sudah menonton dan membaca semua nya kak dan saya sangat tertarik untuk ambil jurusan PKNH jadi pertanyaan aku berpa di biaya persemester nya untuk jurusan PKNH untuk pertimbangan kak

    Tolong di jawab

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *