Pendidikan Khusus UPI (Muthia)

Halo sobat intipers! Aku Muthia Agustine dari Pendidikan Khusus UPI angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Pendidikan Khusus UPI itu seperti apa?

Pendidikan khusus itu merupakan layanan pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Tujuannya itu untuk mencetak calon pendidik atau guru untuk memberikan pendidikan dalam ranah kebutuhan khusus, baik itu formal maupun non formal. Mungkin ada beberapa temen yang belum tahu anak berkebutuhan khusus itu siapa aja, jadi anak berkebutuhan khusus itu mereka yang memiliki hambatan baik secara fisik, mental, emosi dan sosial yang membutuhkan pendidikan yang lebih khusus untuk mengembangkan potensinya.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Khusus UPI?

Awalnya gak kepikiran sama sekali, tapi tertarik karena melihat fenomena sekitar itu kalau ada anak yang mengalami disabilitas itu sering dipandang sebelah mata dan mereka kurang mendapatkan perhatian di dunia pendidikan. Itu sih jadi bikin aku termotivasi aja masuk jurusan ini.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Pendidikan Khusus UPI?

Mata kuliah yang khas itu banyak banget apalagi kalau nanti udah masuk ke konsentrasinya, misalnya matkul Intervensi Dini yang mana kita dilatih untuk membuat program supaya mengembangkan potensi anak berkebutuhan khusus, mulai dari identifikasi hambatan, kebutuhan dan potensi anak. Ada lagi matkul Anatomi, Fisiologi dan Genetika di semester awal yang membahas struktur organ tubuh, indera manusia, fungsi tubuh dan dihubungkan dengan pendidikan khusus.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, 5 konsentrasi, kita biasa bilangnya spesialisasi atau spes. Spes A itu hambatan penglihatan, spes B hambatan pendengaran, spes C hambatan kecerdasan, spes D fisik dan motorik, spes E hambatan sosial dan motorik. Aku sendiri pilih spes A, karena seperti yang kita rasakan kalau penglihatan itu vital banget fungsinya dalam kehidupan, makanya temen-temen yang mengalami hambatan penglihatan itu bener-bener membutuhkan bantuan, maka dari itu aku pengen bantu mereka setidaknya bisa jadi mata mereka.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3, SNMPTN, SBMPTN dan SM UPI. Angkatan 2020 itu lebih banyak kuotanya sampai 90 orang yang dibagi menjadi kelas. Info lebih lanjut bisa cek pmb.upi.edu

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Gak ada tips khusus sebenernya, siapin mental aja karena mental kalian bener-bener diuji. Kuliah itu gak semenyeramkan bayangan kalian tapi juga tidak seindah itu juga.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya utamanya menjadi calon guru, apalagi akhir-akhir ini udah marak pendidikan inklusif. Banyak alumni yang menjadi guru di SLB dan di sekolah umum juga banyak karena ada pendidikan inklusif. Kalau gak mau jadi guru juga bisa, ada alumni yang kerja di Kementrian Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Jadi, memang kembali pada pribadi masing-masing setelah lulus mau jadi apa dan banyak juga ranah yang bisa dimasuki kalau gak mau jadi guru.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Kebetulan UPI itu cuma di Bandung dan saya berasal dari daerah, jadi rencananya saya mau ngabdi ke daerah terutama di ranah pendidikannya. Harapannya semoga Pendidikan Khusus ini bisa lebih dipandang karena banyak banget yang memandang kalau lulusannya itu buntu cuma bisa jadi guru, padahal banyak banget yang kita pelajar dari pendidikan khusus gitu

Q&A

  1. Skor UTBK minimal berapa?

Skor UTBK itu UPI sendiri gak mengekspos, tapi banyak web yang secara gamblang menyatakan skor nya 500 sekian tapi hal tersebut gak menjadi patokan. Intinya jangan percaya sama web yang belum pasti atau kurang tepercaya, jangan sampai karena melihat info itu bikin kalian patah semangat.

  1. Apa aja yang dipelajari dan gimana prospek ke depannya?

Banyak banget yang dipelajari karena aku awalnya di SMK bukan SMA,apalagi di semester awal banyak banget yang baru aku dapet yang mungkin udah tergambarkan sama anak-anak yang dari SMA, tapi jangan berkecil hati karena kita sama-sama belajar. Salah satunya matkul yang aku suka itu Pengantar Perkembangan Anak, jadi kita belajar perkembangan anak dan mencari tahu apa yang miss atau hambatan anak. Kita membandingkan anak-anak yang lahir normal dengan anak yang mengalami hambatan atau kecatatan. Untuk saya pribadi sebagai perempuan ya ini bermanfaat banget karena nanti Insya allah jadi ibu juga.

Untuk prospek kerja tadi udah dijelaskan ya, pasti bagus banget karena sekarang itu kaum viabilitas udah mulai dilirik dan pemerintah udah mencanangkan pendidikan inklusif jadi menambah lapangan kerja untuk lulusan Pendidikan Khusus.

  1. Ada yang lintas jurusan gak di Pendidikan Khusus UPI? Ada penerimaan buat anak SMK gak?

Oh ya sebelumnya mau jelasin juga kalau Pendidikan Luar Biasa itu sama dengan Pendidikan Khusus, jadi ada perubahan nama aja. Untuk yang lintas jurusan ada di angkatan 2015 ada yang dari PGSD dan Pend. Bahasa Jerman ada yang lintas jurusan dengan syarat mereka sudah menyelesaikan mata kuliah umum.

Banyak banget ko temen-temen SMK yang masuk ke Pendidikan Khusus, termasuk aku. Malah, banyak juga temen-temen SMK yang lolos lewat SNMPTN. Pendidikan Khusus ini terbuka buat siapa aja kok.

  1. Diharuskan menguasai Bahasa Inggris ya buat masuk jurusan ini?

Engga, enggan banget kok kita gak harus pinter banget Bahasa Inggris, ada juga matkul Bahasa Inggris di semester 1 itu yang fokusnya pada istilah-istilah di dunia pendidikan khusus. Memang jurnal yang banyak digunakan itu berbahasa Inggris tapi gak perlu jago banget Bahasa Inggrisnya, itu bisa dipelajari dan disiasati.

 Kode Konten: Y225

Komen dibawah! 10

  1. isma adzila

    masuk jurusan pendidikan khusus tuh saintek apa soshum ka tes nya? oiya maksut dr mental bakal bener-bener di uji disini gimana ya ka?

  2. Riska Cahyana

    Hallo, kaka aku mau tanya materi materi nanti kuliah Pendidikan khusus apa boleh ka ?

  3. Lisna chandra chafifa zahra

    Kak ni aku rencana mau pengen kuliah ke UPI bandung nah mama nyuruh aku kerja jadi guru slb, klo kuliahnya kira” UPI jurusan apa ya kak klo gtu?

  4. Zahra

    Kak kalo masuk jalur snm kira kira nilai rata rata nya berapa ya

  5. ISHNA

    Hallo ka,ijin bertanya saya dari SMA dijurusan IPA pengennya masukk ke ke jurusan pendidikan khusus UPI tp aku belum mempersiapkan apa apa karna keingin untuk linjur baru baru ka ,menurt Kaka apa aja yang harus sayang pelajari sedangkan sudah sekitar h-50 menuju sbm? Terimakasih banyak Kaka sebelumnya,smoga Kaka sempat menjawabnya ya ka,soalnya org tua ku pengen sekali aku masukk juurusan ini:(

  6. Nahdiyafirqi

    Halo kak ??
    Aku mau nanya nih, bolehh kan?

    Keseharian belajar di jurusan pendidikan khusus menurut kakak gimana?
    Apa kakak pernah sedikit terlintas dipikiran atau hati kakak merasa salah masuk jurusan ?
    Mata kuliah apa yang membuat kakak pusing hingga merasa berat untuk masuk kelas?? Aku boleh tau mata kuliah apa yang ada d jurusan ini??
    Kakak ikut keorganisasian di kampus ? Kalo ikut keorganisasian bagaimana cara kakak membagi tugas kakak. Secara yang aku tau katanya tugas kuliah aja udah berat apalagi kalo harus ikut organisasi.

    Maaf banyak pertanyaannya, soal nya aku bener bener pengen tau kak ??
    Terimakasih kak 🙂
    Tolong jawab yaa kak:)

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *