Kimia, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang (Allykha)

Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang (Allykha)

Halo sobat intipers! Aku Allykha Baharsyah dari jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang itu seperti apa?

Kalau secara garis besar jurusanku belajar kimia. Sebenernya di jurusan kimia itu gak selalu belajar perubahan suatu zat tuh enggak, enggak full belajar kimia, belajar juga matematika dasar, fisika dasar, sampai semester2, tapi materinya sih masih materi SMA diulang kembali tapi agak rumit dikit.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Di kampusku jurusan aku itu belajar manajemen juga, gatau kalau di Universitas lain.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang?

sebenernya aku waktu SMA bukan orang yang suka Kimia banget, aku lebih milih Biologi waktu SMA, cuman kan aku ikut UTBK ya, waktu itu aku lihat permata pelajarannya. Aku mikir kalau aku biologi doang, nilai UTBK aku gak akan selamet, akhirnya aku merelakan Fisika dan Biologi, makanya aku belajar Kimia.

Karena aku les private, terus aku nyambung mata pelajaran kimianya, jadi aku milih kimia, dan tiap malem aku latihan soal dan aku tersadar kalau kimia itu gak susah banget. Awalnya mindset aku kimia tuh susah banget, padahal sebenernya gak susah itu. Kemudian apa yang aku pelajarin tiap malem itu semuanya bener-bener keluar. Sebenernya kimia itu materinya itu-itu aja, cuman muter-muter disitu aja.

Mitos jurusan kamu?

Kalau mitos, mungkin banyak orang berpikir kalau kimia itu susah banget, dibanding biologi, fisika. Padahal aku sendiri semua jurusan itu punya kesulitan masing-masing. Kita gak bisa ngecap jurusan lain yang santai itu jurusannya gampang, padahal kan belum tentu, semua jurusan punya kesulitannya masing-masing.

Ada yang bilang kalau jurusan ini tuh prospek kerjanya cuman jadi guru, dosen, profesor, pengajar, sebenernya itu enggak. Soalnya sekarang kimia banyak dibutuhin di industri-industri.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Semester 1 dan 2 masih belajar matematika, fisika, kimia, biologi yang masih dasar kaya SMA, terus juga ada pelajaran kimia dasar 2. Kimia dasar 2 itu mempelajari materi kimia SMA, tapi lebih meluruskan kesalahan-kesalahan yang ada di SMA. Ada praktikum banyak, manajemen, dan banyak lainnya. Manajemen ekonomi, bagaimana kita menciptakan hal baru, kalau di pasaran laku gak produk tersebut.

Praktikum di jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang?

Kalau praktikum di universitas aku, dosennya ngelakuin praktikum dan dibikin video nanti dikasih ke mahasiswa dan kita meneliti sendiri, apa yang terjadi kalau cairan A dan B dicampur. Ada juga waktu semester kemarin praktikum kelompok menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, kan gak mungkin kalau kita beli cairan kimia, itukan berbahaya.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasinya itu ada, kalau di kimia sendiri itu ada kimia organik yaitu ilmu kimia yang mempelajari senyawa karbon, penerapannya tuh banyak kaya di alkohol, gula, tekstil, parfum. Kimia anorganik yaitu kimia yang mempelajari senyawa non karbon, kaya buat katalis, pigmen, komponen pertanian, dll.

kemudian kimia analitik itu kita mempelajari alat-alat baik tradisional atau modern, untuk menjadi komponen suatu senyawa. Kemudian kimia fisika itu campuran dari kimia dan juga fisika, cuman kayanya lebih dominan fisika. Kemudian kalau biokimia itu gabungan dari biologi dan kimia.

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau di kampusku semua jurusan sama jalur masuknya, ada SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Prestasi. Jalur mandirinya itu ada 2: nilai utbk dan tes, itu tahun aku. Aku masuk jalur masuk mandiri menggunakan nilai UTBK.

Ada tips buat mahasiswa baru Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang?

Pokoknya harus punya mindset punya kesulitannya masing-masing, kita gak bisa nilai orang lain dari yang kita lihatnya. Belum tentu orang yang kelihatannya santai itu jurusannya santai. Pokoknya semua itu bergantung dari bagaimana kamu mau survive, belajar, cari tahu. Kalau kamu udah ngelakuin itu semua, kamu gak akan bilang kimia sesusah itu.

Pokonya kalau di kuliah pinter-pinter cari temen. Kalau gak paham jangan sungkan buat tanya sama dosen, kakak tingkat, temen-temen yang paham, jangan malu dan gengsi. Aktif-aktifin kepanitiaan, organisasi, biar kalian banyak relasi. Biar kalian ketemu sama jurusan lain, kakak tingkat, nanti kalau kalian butuh sesuatu tuh gampang banyak orang yang bisa nolongin.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Sebenernya kalau sekarang antara pendidikan sama murni itu sama aja prospeknya, gak Cuman jadi pendidikan aja, luas banget prospek kerjanya bisa di laboratorium. Buat kalian yang suka sama skincare, makeup, parfum, kalian harus banget masuk jurusan kimia, karena di bidang yang pembuatan skincare, parfum, makeup, perlu banget tenaga kimianya, karena butuh bahan-bahan kimia, otomatis butuh orang-orang kimia. Selain itu, juga bisa kerra di QC atau research and development. Kimia ini merupakan ilmu dasar di setiap industri, jadi bisa di perusahaan minyak kaya di pertamina, chevron, dll. prospeknya gak itu-itu aja. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Aku harapannya pengen nentuin dulu passion di kimia organik, anorganik atau analitik. Aku itu pengen pergunain ilmu yang aku punya lebih bermanfaat, dan pengen memanfaatkan fasilitas kampus. Kaya gak mau menyia-nyiakan fasilitas aja.

 

Kode konten: C589

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *