Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Kimia UNJ (Shulbab)

Pendidikan Kimia UNJ (Shulbab)

Halo sobat Intipers! Aku Istimrariyyah Shulbah dari Pendidikan Kimia UNJ angkatan 2019. Kali ini aku akan sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi intipers yang ingin bertanya ataupun diskusi, bisa tinggalkan komentarnya di bawah artikel iniya. Kalau sempat akan dibalas dan jawabannya akan otomatis masuk ke email kalian loh. Pastikan kalian baca dulu artikel ini sampai selesai sebelum bertanya ya.

Secara garis besar, jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Jakarta seperti apa?

Kalau dilihat dari definisi, jurusan ini terdiri dari dua kata yaitu pendidikan dan kimia. Dari segi pendidikan kita akan mempelajari bagaimana mendidik siwa dengan cara yang tepat. Nah di pendidikan kimia ini kita mempelajari ilmu pedagogik. Di jurusan Pendidikan Kimia ada mata kuliah MKDK (Mata Kuliah Dasar Kependidikan) di mata kuliah ini kita akan mempelajari teori pembelajaran, landasan pendidikan dan juga pancasila. Dari segi kimia, kita akan mempelajari tentang  ilmu yang mempelajari tentang struktur, sifat dan perubahan suatu materi nah kimia juga ada cabangnya yaitu kimia analitik, kimia organik, kimia fisikia, biokimia.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan informasi jurusan dan masuk perguruan tinggi follow instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih adri 60 jurusan per bulan. Klik disini

Jadi kalau kita gabungkan dua definisi tersebut, jurusan Pendidikan Kimia merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana mendidik peserta didik dengan cara yang tepat terkhususnya di mata pelajaran Kimia.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Pendidikan Kimia  Universitas Negeri Jakarta?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Dari SMA saya sudah menyukai mata pelajaran Kimia, dari semua mata pelajaran nilai yang paling bagus di rapor saya adalah mata pelajaran Kimia, selain itu saya merasa sangat mudah untuk memahami mata pelajaran Kimia. Jadi saya berfikiran untuk mengambil jurusan ini karena lebih mudah untuk dipahami.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Di UNJ semua jurusan ketika semester 1 akan mendapatkan mata kuliah dasar, nah di jurusan Pendidikan Kimia sendiri kita di semester 1 & semester 2dapet mata kuliah MKU (Mata Kuliah Umum) dan MKDK (Mata Kuliah Dasar Kependidikan). MKU terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, Kewarganegaraan, dan mata kuliah lainnya. Lalu pada mata kuliah MKDK kita akan mempelajari teori belajar pembelajaran. Nah kalau semester 3 ke atas akan lebih fokus pada kimianya, seperti termodinamika, ikatan kimia, dan berbagai mata kuliah yang berhubungan dengan kimia lainnya.

Jalur masuk yang ada di jurusan Pendidikan Kimia UNJ?

Nah kalau di jurusan Pendidikan Kimia UNJ ada 3 jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan PERMABA (Seleksi Mandiri).

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja daru alumni jurusan ini?

Ada tiga kemungkinan untuk Profesi Pendidikan Kimia salah satunya bisa menjadi seorang pendidik di SMA, SMK, dan SMP. Selain menjadi seorang pendidik, kita juga bisa menjadi pengelola pendidikan seperti Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Birokrat, dan lainnya. Kita juga bisa menjadi peneliti di Lemabaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Kedepannya saya mempunyai rencana untuk lanjut studi S2 dengan beasiswa atau dengan usaha diri saya sendiri dengan bekerja terlebih dahulu.

Konten : C787

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.